Guru Guru “UFO”

Hippienov

 

Halo Mas G dan rekan-rekan semua, apa kabar? Cukup lama aku gak nimbrung di blog, tapi hari ini the prodical son is back…
Selama menghilang aku berhasil mendapatkan beberapa album rock klasik hasil buruan ke seorang teman dan salah satunya album “UFO” dari Guru Guru. Tadinya aku kira ini album UFO tapi rasanya UFO gak punya album yang judulnya “guru guru”, lah dalah ternyata terbalik. Setelah nyontek di Google aku baru tahu Guru Guru adalah nama band Krautrock dari Jerman yang terbentuk tahun 1968 dan “ufo” adalah debut album mereka di tahun 1970.
guru guru
guru guru-back
Wah asik nih, keren pikirku… Temanku sempat “memperingatkan” kalo musik Guru Guru di album ini agak beda, jangan kaget pas denger nanti…begitu kata dia, dan ternyata benar.
Buat seorang yang selama ini ngaku bisa menikmati musik Gentle Giant yang kriting tralala atau Sonic Youth yang juga aneh itu, album Guru Guru ini sangat sulit aku nikmati, bahkan setelah beberapa kali didengarkan masih terasa aneh, janggal di telinga ini dan aku masih tetap gak ngerti musiknya.
Di Wikipedia musik Guru Guru dikatakan terpengaruh musik psikedelik seperti Pink Floyd (awal), Jimi Hendrix, Arthur Brown, Frank Zappa, bahkan Rolling Stones, dan mereka memainkan elemen musik yang disebut sebagai “free jazz”. Namun buatku Guru Guru lebih pas disebut satu konsep dengan Popol Vuh, bermain musik instrumental rock dengan gitar sebagai pemeran utama ditambah bass dan drums tanpa kibor. Musik mereka seperti alunan distorsi gitar yang panjang tanpa permainan solo gitar melodi, beda dengan Jimi Hendrix yang rajin bersolo gitar.
Meski aneh dan gak enak menurutku namun tetap ini sebuah koleksi yang menurutku antik dan layak disimpan walau aku gak jamin akan sering-sering aku spin, hehehe… Pengalaman selama ini aku cuma kuat bertahan setengah album terus aku ganti sama cd yang lain, pusing dengernya. Sangat lebih pusing dibanding mendengarkan Napalm Death atau Terrorizer, hehehe.
Buat rekan-rekan yang penasaran mungkin bisa coba di YouTube, atau kalo ada rekan-rekan yang pernah dengar Guru Guru dan menyukai musiknya, mungkin bisa menambahkan ulasanku ini.
Matursuwun Mas G untuk waktu dan kesempatan yang diberikan.
Untuk rekan-rekan yang sudi mampir membaca tulisan ini, terima kasih semuanya.
a boy who dreams music,
hippienov

 

5 Responses to “Guru Guru “UFO””

  1. hippienov Says:

    Matursuwun Mas G sudah tampil tulisanku, semoga berkenan…

  2. Edi Apple Santoso Says:

    ngemplok panadol mas hippie biar gak pusing, sing jelas marcus liliequist di instant delivery ( the flower kings, pd waktu itu dia masih berusia 26 th ) nganggo kaos guru. mbuh ono hubungane ambek guru guru opo gak. …..

  3. hippienov Says:

    Hahaha… Alo Mas, piye kabare? Panadol masih gak mempan Mas, Bodrex yo podho wae, hahaha…
    Bisa jadi ada hubungannya antara kaos Om Marcus Flower Kings dengan Guru Guru.

  4. Edi Apple Santoso Says:

    yang ini kelihatan menarik mas Hippie https://www.youtube.com/watch?v=aPwmKwW6Csg

  5. muldi12 Says:

    lucu juga ketika mendengarkan musik guru guru ini, tp msh bisa diterima oleh otak saya🙂
    walapaun basic saya musik disco,semua aliran disko,
    saya tidak menutup wawasan musik saya untuk explore musik lain,
    apalagi klo ada ulasannya seperti ini.
    progrock dari pakistan dan polandia jg bagus2, walaupun kasetnya ga nyampe disini, saya dengernya jg dr media internet.

Leave a Reply

