Pertolongan Doraemon di Pasar Yaik Semarang

Andria Sonhedi

     Seperti saya kisahkan sebelumnya bahwa tanggal 21-22 Januari lalu saya ke Semarang. Hari pertama berhasil mengunjungi RM Padang Jaya dengan hasil yang tak maksimal. Hari ke-2 ini sudah saya rencanakan mencari kaset di Pasar Johar. Kebetulan acara berakhir jam 12.00 siang sehingga ada waktu untuk menjelajahi Pasar Johar.
     Sayangnya pas saya nanya lewat SMS ke Pak Gatot & KohWin tak ada yang merasa pernah ke Pasar Johar cari kaset. Lha lalu pasar apa yang mereka tulis di blog legendaris kita ini? Untunglah saya bawa laptop & modem sehingga malam hari sehabis ke RP Padang jaya saya cari tulisan lama beliau ini (the jakarta Invasion). Ternyata memang pak Gatot beli kaset di mas Akhmad di Pasar Yaik di dekat Hotel Metro yg saya tempati ini. Setelah lihat di google ternyata Pasar Johar dan Pasar Yaik itu satu kompleks. Belakangan saya baru tahu kalau Pasar Yaik ada di utara kompleks Pasar Johar.
     Sayangnya lagi ancer2 pak Gatot tdk lengkap setelah saya tanya ke beliau sh lupa dan saya disarankan nanya ke para pedagang pasar aja pasti tahu. Ternyata optimisme pak Gatot tak terlalu benar. Saya sampai nyasar ke Selatan lalu muteri pasar Johar tak ada yg tahu tempat jual kaset seken. Akhirnya saya nemu kios kecil yang jual DVD dengan penjual seorang bapak agak tua, pura-puranya beli DVD dulu. Kebetulan ada DVD bajakan Doraemon the Movie yang baru yg blm pernah ditonton anak2 saya. Sehabis nyoba saya nanya apa dia tahu ada yg jual kaset pita di Johar. Awalnya dia bilang kl sdh tak ada & yang terakhir sudah tutup di dekat situ. Saya agak kecewa juga namun tiba2 bapak tadi bilang mungkin di dekat toserba Trend masih jual kaset seken. Segera saja saya keluar pasar lalu menuju utara  (atau manalah saya tak tahu arah). Barulah saya paham ternyata sisi sebelah utara Pasar Johar ada tulisan Pasar Yaik di gapuranya. Semangat saya langsung bergelora.
     Sebagai catatan Toserba Trend ada di seberang pasar Yaik. Cara cepat untuk menemukan para pedagang kaset adalah pertama cari simpang 5 hotel Metro. Bila anda dari arah H Agus salim (RM Padang Jaya) tinggal lurus bila sampai lampu traffic light Pasar johar tinggal belok kiri.  Bila anda dari arah Jl. Pemuda apabila sampai simpang lima beloklah ke kanan bukan ke arah hotel Metro. Kl dari arah Kantor Pos bisa belok kiri tapi lewat traffic light. Anda juga bisa sholat dulu di masjid di barat pasar Yaik kl perlu tapi harap sandal diawasi krn saya pernah kehilangan sandal baru saya saat shalay subuh di situ.
     Kembali ke Pasar Yaik, saya pertama-tama ke lapak mas Akhmad, soalnya wajahnya mirip yg di foto artikel pak Gatot. lapaknya juga 2, yg dia tongkrongi dan ada tape-nya adalah lapak kaset2 Indonesia sedang di kiri dia adalah laoak berisi kaset2 barat, baru maupun kuno. Setidaknya setelah melihat koleksi RM Padang Jaya maka dagangan mas Akhmad lebih berkualitas. Sengaja tidak saya ambili semua😀 soalnya banyak yg sudah punya. Termasuk the very best of Def Leppard keluaran Aquarius yg C-90 yg saya sdh punya tapi blm pernah saya lihat dijual di lapak seken. Akhirnya dapatlah 13 kaset yang dapatnya berangsur-angsur. Sebenarnya lagu-lagunya sudah punya semua, beberapa kaset pernah kena lembab bahkan ada yg bekas digunting tapi secara umum kaset2nya bersih. Berbeda dengan kaset2 di RM Padang Jaya yang berdebu shg membuat tangan risi. Semua kaset dihargai 12.500 baik C-90 atau C-60, lama maupun baru. Untung saya masih ingat utk mencoba kasetnya, walau mas
 Akhmad bilang sdh dia coba dan tak akan tertukar tapi kecolongan juga satu kaset Raven-Architect of Fear” dengan kaset Mr. Big. Ada kabar baik untuk mas Hippie, saya berhasil mendapat kaset the best of Michael Frank yg C-90! Nantikanlah kedatangannya di rumah🙂 Di sana kaset Michael Frank banyak cuma yg C-90 cuma itu. Mas akhmad juga langsung sumringah ketika saya bilang tahu namanya dari “pelanggan” yg sdh lama datang ke situ.
     Saya meninjau lapak di sebelah kiri, yg cuma ada satu. Menggabungkan kaset Indonesia & Barat. Karena saya tak fanatik dengan jenis kaset maka yang saya belum punya nbaik baru atau lama ya saya ambil saja.  Dapatnya 11 kaset, termasuk Genesis live yang cuma kaset 2 aja. Untunglah tak ada mas DananG karena ada kaset Queen-Magic Live terbitan Team Record, jelas saya ambil juga. harganya juga sama, 12.500-an.

image

image

image

image

    Apakah perburuan saya usai? Belum. Sebelum saya keluar lewat arah masuk tadi saya mampir ke penjual terakhir yang ukuran lapaknya segerobak aja. Awalnya sih seperti tak ada yang saya minati, wl akhirnya dapat juga 4 kaset yg saya anggap layak beli. Kaset Queen terbitan Team itu selama ini cuma saya lihat di iklan majalah Hai akhir tahun 80-an akhirnya bisa megang dan kebeli juga. Akhirnya pas mau saya bayar lalu saya tambah kaset Green Day yg sampul bagian judul lagu sdh nempel kotak kasetnya. Jatuhnya 55.000🙂 Kali ini saya puas walau semalam saya dapat kaset2 yg harganya mahalan dikit. Perjalanan nyopiri sendiri ke Blora selama 3,5 jam jadi agak ringan karena sdh pengin nyetel kasetnya. Untunglha saya tadi ketemu Doraemon🙂

-Andria Sonhedi-

8 Responses to “Pertolongan Doraemon di Pasar Yaik Semarang”

  1. hippienov Says:

    Mas Andria, sueneng pool loat kaset Michael Franks nya… Entah mengapa sekarang aku jadi “fanatik” Michael Franks padahal dulu saat pertama kali tau dan denger lagu-lagunya aku bisa dibilang gak suka. Tapi sekarang malah jatuh cinta berat, hahaha…
    Matursuwun sanget mas…

  2. hippienov Says:

    Rupanya selera musik Mas Andria bisa dibilang sama dengan seleraku, karena nyaris semua kaset yang diborong beliau kali ini “nyantol” atau paling gak aku tau. Y&T nya keren mas… Aku tau band ini sudah sangat lama tapi gak pernah punya kaset/cd nya, hehehe…
    Kaset the best of Europe (Team) mengingatkanku pada kaset serupa punya temen SMP ku yang dulu sering banget aku pinjem. Pernah aku coba nego untuk aku beli tapi selalu ditolak, hehehe… Lagu pembukanya Seven Doors Hotel injih mas?

    • Rizki Says:

      Y&T sy jg setuju keren Mas Hippie.
      Album lain dari koleksi diatas yg sy suka – Bank Statement dan Van Halen

      • hippienov Says:

        Alo Mas Rizki, apa kabar? Kalo gak salah Y&T itu band 70an juga ya Mas? Entah kenapa aku gak pernah beli kasetnya padahal dulu mudah dijumpai di Duta Suara/Aquarius.

      • Rizki Says:

        Hallo Mas Hippie,
        Benar band 70an. Yg sy tahu/suka cuma 2 lagu: mean streak dan midnight in tokyo.

  3. andria Says:

    pak rizki, baik Y&T-Ten dan Bank Statement jaman saya di yogya dulu tahun 90-an ndak laku-laku di lapak seken Bringharjo🙂 Y7T yg itu pernah beli tapi saat uang utk beli kaset menipis maka saya tukar tambahkan dengan kaset lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: