A Night at The RM Padang Jaya – Semarang

Andria Sonhedi

     Akhirnya ada juga kesempatan nginep di Semarang lagi. Artinya saya bisa berkesempatan ke RM Padang Jaya dan kl bisa juga mampir ke pasar Johar untuk cari kaset. Acara saya Rabu 21 Januari 2015 jam 8-17.10 dan berlanjut Kamis setengah hari. Untunglah saya juga dapat penginapan di Hotel Metro yang juga berdekatan sekali dengan Pasar Johar maupun tempat saya punya acara sehingga pagi-pagi Kamisnya nggak perlu tergesa-gesa berangkat.
     Sehabis magrib segera saya ke RM Padang Jaya, maklum kl di sana bisa lama apalagi teman saya (pak Eko dari Batang) juga ngajak makan malam shg saya harus bergerak cepat. Si Om kacamata sdh mengenali saya begitu masuk. Karena akan makan malam di tempat lain maka saya pesen minum aja.
     Di RM Padang Jaya ini lumayan sulit untuk memulai. Maklum sangking berjejalnya kaset yang ditata, beraturan tapi tak mengenal genre, saya jadi bingung mau mulai dari mana supaya efisien. Mau saya sih tak banyak yang harus saya bongkar tapi hasilnya maksimal🙂 sayangnya sampai jam 8 malam saya cuma nemu kaset-kaset lama yang pop doang sampai-sampai janji makan malam dengan teman saya saya batalkan. Di sini pun selain sulit untuk memilih yang akan mulai dibongkar sekaligus juga sulit untuk menghentikannya😀 Ada beberapa kaset heavy metal tapi sudah kusam & covernya diselotipe, sayang sih kl dibeli dengan harga mahal. Nemu juga beberapa kaset seri lama seperti Soft & Beautiful dari Hins Collection atau StarsOn 45 dari Kings. Ada juga kaset Michael Frank yang jadi pesanan mas Hippienov. Sayangnya kaset MF III terbitan Aquarius itu pitannya sdh putus shg batal saya ambil.
     Akhirnya setelah benar-benar menghentikan perburuan saya, dengan sangat berat, ada 8 kaset saja yang saya ambil. Dari 8  kaset hanya satu yang kaset lama terbitan Cash Box, itu saja grup techno pop A-Ha. Sisanya keluaran masa royalty.

image

image

image

1. grup A-Ha wl tak secemerlang Duran Duran di Indonesia namun saya bisa nerima musiknya. Beberapa tahun lalu di Euro Vision Song Contest di Finlandia ada grup metal Northern Kings yang mengcover lagu Take on Me dari A-Ha.
2. Perekam Trax/Sabotage adalah perekam Indonesia di awal2 munculnya kaset2 lisensi. saya dulu pernah tahu ada kaset grup metal Necronomicon, Diamond Head, Venom & Tyrant. Sayangnya saya cuma nemu kaset2 kompilasi yg tak ketahuan artisnya wl untung dapat kaset Tobruk (ini bukan minuman) grup hard rock Inggris serta White Sister juga hard rock dari Amerika. Beruntunglah saya karena kawan kita Hardi Dokken pernah mesen nyarikan mp3-nya shg saya jadi tahu kl ini grup rock bukan girls band.
3. Enya adalah salah satu penyanyi wanita idola saya🙂 Kebetulan kaset the Celts saya yg produksi Thailand dihilangkan adik saya maka saya bersyukur bisa nemu lagi.
4.UB 40 dan Bob Marley adalah musisi Reggeae yang bisa saya ikuti makanya wl isi kasetnya ya itu2 juga, UB40 the best sedang Bob yang live, tetap saya beli
5. Slaughter adalah grup hair metal yang cukup populer di Amerika di era 90-an namun nggak pernah saya beli🙂 semenjak saya mulai pelan-pelan mengumpulkan grup hair metal maka Slaugter pun saya beli juga
6.Sebenarnya kaset George Michael ini EP saja, cuma 5 lagu makanya judulnya Five Live. 3 lagu adalah covernya Queen makanya kaset ini saya ambil.
      Jam setengah 10 akhirnya saya tiba di hotel, lumayan juga lelahnya. Tapi perburuan belum usai. masih ada satu hari lagi untuk menemukan penjual kaset di Pasar Johar. Cerita kali ini memang bersambung🙂

-Andria Sonhedi-

10 Responses to “A Night at The RM Padang Jaya – Semarang”

  1. andria Says:

    terima kasih banyak pak gatot, bisa dimuat 2 ceritanya🙂

  2. kukuh tawanggono Says:

    Mas Andria sedulurku lanang

    Ha ha ha ha ha saya ngakak waktu mirsani kaset yg njenengan pajang ini.Teringat sama sms njenengan kemarin.Buruan yg mbois ilakes(keren sekali)mas.Ngomong-ngomong kaset Bob Marley njenengan itu adik njenengan di Malang njih gadah (ya punya)mas.
    Mas Andria memang Metal habis deh.

  3. hippienov Says:

    Di latar belakang kaset Michael Franks III yang pitanya putus itu, ssayang sekali, sepertinya kaset group girlband “Expose”. Musik mereka pop standar dengan sentuhan synthesized arrangement terutama pada drum nya yang pake MIDI. Papaku suatu hari membelikan aku cd album band ini “exposure”. Kayaknya masih aku simpan tapi dimana gerangan ya? Sudah lama sekali aku gak sentuh, coba nanti aku cari lagi… Thanks Mas Andria for bringing back some old memories through this review.

  4. andria Says:

    mas Kukuh, saya kadang2 masih tdk ikhlas dgn harganya😀 jaman dulu malah lebih murah tp nggak sempat beli kaset2 itu.
    Kl yg kaset Expose malah tadinya saya kira mengganggu, untung tdk jadi saya crop🙂 semoga CD Expose-nya ketemu. Tanggal 10 Februari akan ke Semarang lagi, tapi mungkin tak akan ke sana.

    • kukuh tawanggono Says:

      Harga kaset sekarang bikin sakit jantung mas Andria,terutama kaset-kaset metal.Semacam Morbid Angel,Vital Remains,Phobia,Master,dll.Beberapa saat yg lalu saya melihat di FB kaset Morbid Angel(kalo ndak salah album Altars of Madness)dihargai 60.000.Saya melihat itu cuma bisa geleng-geleng kepala…ha ha ha

  5. hippienov Says:

    Hahaha…sama sekali tidak mengganggu Mas, malah bikin aku inget sama cd ku. Yah memang musiknya biasanya aja, ngepop synthesizer gitu, gak nge-rock apalagi nge-prog. Tapi apapun musiknya tapi tetep kaset, itu yang bikin nuansamatik, hehehe…
    Mampir ke kost ku dulu Mas di Jl. Jeruk Raya No. 3 daerah Peterongan. Wah aku jadi pengin nostalgia ke Semarang lagi…

  6. hippienov Says:

    Btw, koleksi “soft & beautiful” nya itu ajib tenan Mas. Instrumental kalo aku gak salah inget, bener gak Mas?

  7. andria Says:

    benar mas hippie

  8. hippienov Says:

    aku jadi inget sama teman SMP dulu Mas, Johan namanya. Alm. ayahnya punya koleksi kaset soft & beautiful cukup komplit dan aku yang paling rajin minjem.

  9. andria Says:

    Hins Collection mmg hobinya mbuat seri kompilasi sprti itu. itu kl murah aja saya ambil😀 sayangnya mahal. mulus2 kasetnya

Leave a Reply

