Hasil Hunting 4 Jam di Surabaya

Eddy Irawan

Belum puwas rasanya kalo belum pernah nyambangi kediaman Cak Sunari, yg dlm beberapa minggu ini sering disebut dlm perdagangan kaset online. Walaupun cuma dapat beberapa kaset, tp saya senang sudah sempat silaturahim di kediaman beliau.

Juga di ‘gudang’ kaset bang Joker yg ternyata juga vokalis di grup metal lokal di Surabaya, saya dapat sejumlah kaset dgn ‘label’ rekaman yg unik. Baru tau kalo ternyata di Surabaya pernah ada perekam Voodoo, Holywood, Horizon.

image

image

image

image

image

Mas Danang perlu ke ‘gudang’ bang Joker ini krn koleksian Queen dan Rush nya, sangat melimpah ruah. Saya sekedarnya aja ambil beberapa kaset Queen dan rekaman Yess dari kardus2 yg berserakan. Saran saya, kl berkunjung ke bang Joker, jgn malam hari krn ‘gudang’ kaset nya gak ada lampu. Sukurlah malam itu saya terbantu pencahayaan dari ‘Flash Gordon’. Heheheheh (e)

27 Responses to “Hasil Hunting 4 Jam di Surabaya”

  1. Eddy Irawan Says:

    Thanks mas G. Tadi malam begitu nyampe jkt, langsung nyetel kaset2 hasil hunting di jkt. Suaranya sangat bening. Trimakasih Mas Apec, trimakasih mas Soni. Semoga kali lain bs diajak lagi ke kolektor2 lain di surabaya

  2. danangsuryono2112 Says:

    wah mantab mas Eddy ini. insyaa Allah suatu saat bisa mampir kesana

  3. hippienov Says:

    Semua hasil “jarahan” Mas Eddy bikin kepalaku pusing…rasanya pengin segera “long march” ke rumah Bang Joker juga sekedar beli 1-2 kaset, hehehe…

    • Eddy Irawan Says:

      Mas Hippie. Uniknya, Bang Joker ini juga menjual isi kasetnya aja ato cover kaset aja.

      • hippienov Says:

        Wuih ini baru luarbiasa…bisa beli cover atau isi kasetnya aja… Sayang nun jauh di tanah Mas Apec, apa beliau ada niat buka cabang di BMS gak ya?… Mas kalo njenengan ada waktu ke Suroboyo dan mampir ke tempat Bang Joker, aku titip isi kaset A-Ha album “stay on these roads” rilisan Aquarius ya, aku dapet cover nya mulus banget tapi isinya beda… Suwun…

      • andria Says:

        mas Hippie lagu yg hits di album Stay on these Roads apa?

  4. Sim Salabim Says:

    Ramai juga omong-omong musik kaset di sini. Terus terang dulu saya pemburu kaset Yess karena menurut saya sangat beda dengan produksi kaset lain. Umumnya para produser kaset waktu itu produksinya hampir sama. Di Yess ada beberapa musisi yang tidak ada terdapat di produksi kaset lain, misalnya Ursa Major (Ingat lagunya Back to the land dan Liberty and justice for all?) dan Ellis (Masih ingat dengan El Doomo?) atau Blackwell.
    Setahu saya Ursa Major hanya mengeluarkan satu album saja, terus Ellis 2 album, dan Blackwell juga 1 album. Sangat langka!
    Saya punya Ursa Major full 1 Album dalam bentuk MP3 (192 KB), Ellis 2 Album, dan Blackwell 1 Album.
    Lagu Ursa Major yang tidak masuk dalam Yess kompilasi Heavy Slow memang tidak ada yang “enak”. Demikian juga dengan Ellis, ternyata di kuping saya cuma El Doomo yang “enak”, selebihnya hambar. Lain halnya dengan Blackwell, 99 persen enak.
    Bagi yang penasaran album tersebut saya akan berikan Link (ini Kalau Mas Gatot menyetujui).
    Yang merasa seleranya mengikuti zaman dengarkan saja musik di http://guitar-expose.blogspot.com/
    Salam prog buat semuanya!

  5. andria Says:

    beberapa kaset tapi butuh 5 foto berisi 6-8 kaset😀 pk Eddy, itu mborong namanya

  6. bentar lukman Says:

    Setahun yg lalu, sambil nunggu jadwal kereta berangkat di stasiun Gubeng saya pernah terdampar di pasar Kapasan (lupa lagi nama pasarnya, kalo ga salah sih bener itu :D). Nanya2 ke warga setempat, kata mereka deket Gubeng ada pasar loak, sekali naik angkot.. Lumayan nemu beberapa kaset di sana, dari 2 lapak.. Harganya murah meriah dari yg sepuluh ewu telu sampai yg paling mahal 5ribuan..rata2 pop oldies, jazz2 lawas, dan jazz rilisan Jazz Corner. Uniknya yg harga sepeluh ewu telu cuma dipajang sebagian, sisanya masih dikarungin, dan kita bebas mau ngacak2 isi karungnya.. sedap pokoknya😀 Belum sempet keliling, kata yg dagang sih masih ada beberapa lapak lagi.. Waktunya mepet, keburu balik Bandung lagi.. Kangen juga berkunjung ke tempat2 seperti itu.. surga dunia hehe

    • apec Says:

      Itu namanya pasar loak Gembong mas..cuma berjarak 4km sekali naik angkot…dulu banyak lapak,sekarang hanya tinggal bbrp

      • bentar lukman Says:

        Betul mas Apec, ga terlalu jauh & cuma sekali angkot dari st.Gubeng Lama (berhenti di mall elektronik terus jalan kaki dikit). Takjub sama harganya, di lapak2 Bandung sdh punah spesies kaset kinclong dgn harga segitu🙂

      • apec Says:

        Iya mas,di surabaya saat ini bahkan msh ada yg jual 5 ribuan per kaset..tp ya gitu,kudu sabar bongkar2 dus

      • bentar lukman Says:

        Hehe iya mas.. mesti nyantai, jgn diburu2 kalo mau hunting kaset.. 2 jam ga cukup ternyata😀

  7. doddysolo Says:

    Wah ganas bgt huntingnya mas eddy. Sip sip…. Zeppelin yessnya bs dibarter mas he he.. Dulu sy kenal santoso dr sby sering ke solo bawa yess monalisa byk..apa ada yg kenal jg ya.. keep on prog!

    • apec Says:

      Mas doddy ,ada dua nama santoso kalo gak salah..salah satunya saya kenal,dia punya akun FB bernama Segi dialektika rawon…lalu katanya ada satu lg yg saya juga belum tahu

  8. andria Says:

    pak Apec, mohon kaset Rush di tempat mas Joker dijauhkan dari mas DananG, beliau sdh punya lengkap sdg saya berlum😀

  9. doddy solo Says:

    Mas apec ssntoso ini yg bikin heboh perkasetan solo orgnya tinggi kurus srg pake topi. rata2 kt kt dpt kst bgs dr dia . Dl dia prnah bawa yes monalisa ratusan.. dgr2 skr dia mlh di jkt.

  10. yudistira Says:

    permisi nanya, dsni ada beberapa vinyl & kaset rekaman kaset classic dari ayah (zeppelin, hendrix, beatles, genesis, black sabbath dll), masalahnya cuma ga ada pemutarnya😦
    pingin banget ngerasain lagi sound yang vintage🙂

    tolong saran teman2 info set perangkat yang kualitas baik dengan harga sesuai

    makasih🙂

  11. hippienov Says:

    Wah manteb tenan koleksi Mas Yudistira. Seandainya yang kaset hendak dilepas, bolehlah aku ikut serta menawar, hehehe…
    Saat ini agak sulit menemukan perangkat stereo untuk memutar kaset. Setauku Polytron dan Panasonic masih memproduksi stereo/compo yang untuk memutar kaset Mas. Punyaku di rumah juga compo Polytron. Output atau sound nya cukup lumayan Mas, harga produk Polytron juga sangat bersahabat.. Suwun Mas, semoga info ini bisa sedikit membantu.

  12. yudistira Says:

    terima kasih respon🙂
    benda bersejarah ga tega lepas mas hiks…
    dulu stel itu di player aiwa, tapi udah rusak & cari muter2 ga ada part😦
    tape polytron pernah tes tapi mekaniknya bikin baret & trauma
    boleh tau rekomendasi tempat penjual perangkat gitu mas? denger2 di jakarta sekitaran kota? persisnya dimana ya?
    beneran sindrom opa nih hehe… ga bisa terobati suara dari media digital, old skoo ftw haha…l

  13. herman Says:

    Mas Yudistira, salam kenal….kalau masalah player, saya ada pengalaman, kira2 2 tahun yang lalu, gara gara kenal Blog ini saya cari cassette player deck…dapet masih “baru” bekas barang display toko….kondisi mulus…untuk ampli saya beli seken dari browsing di internet, kondisi fisik 70% tapi suara masih ok…terus untuk hematnya saya connect saja ke speaker yang ada eks compo Sony….untuk ukuran saya suaranya sudah lumayan,…kata temen suara lumayan bila dibanding denger speaker aktiv multimedia dan juga masih lebih bagus daripada compo sony saya dulu…..memang kalau bicara kualitas suara dan selera itu relatif sekali….menurut saya barang seken juga banyak yang ok meskipun penampilan tidak 100% mulus…..

  14. yockisur Says:

    halo mas-mas e semua, salam kenal…
    niatnya googling “jual tape deck” ga jadi ketemu lapak, eh malah ketemu sama wordpress ini. bersyukur bgt ada wadah buat menambah wawasan n hobi pribadi tentang musik. bisa dibilang saya termasuk newbie dibidang tape..saya mulai menggandrungi tape sejak smp berawal kenal sama lapak jual kaset secong di pasar minggu dekat rumah.awalnya kaset saya diputer di polytron compo n philips compo milik ortu. tapi seiring berjalannya waktu kebiasaan “ngaset” ini mulai hilang. baru akhir2 ini nampaknya mulai ramai lagi seiring dengan adanya record store day. jadi kebiasaan beli kaset saya jadi muncul lagi.
    yang saya ingin tanya ke mas-mas nya semua, dimana ya cari tape deck yang masih sip di sekitaran jawa timur ini?
    terima kasih semuanya.
    salam musik analog

  15. yockisur Says:

    terima kasih mas apec atas tanggapannya, saya bisa disekitaran sby-sda-mlg mas hehe. kalo di surabaya dimana ya mas?

Leave a Reply

