Boney M Golden Hits dari Pasar Sayur Magetan

Andria Sonhedi

     Rasanya kl nggak terlaksana melihat kaset2 seken itu, merujuk lagu Cita Citata, sakitnya tuh di sini (silakan tunjuk yg dirasa sakit pas mbaca ini). Dua kali berturut-turut di Yogya tak ketemu lapak pak Priyo, di Lokananta minggu lalu juga tak ada kaset-kaset bagus & murah (penekanan di murah-nya🙂 ). Yang terakhir kamis malam kemarin saya tak jadi mampir di RM Padang jaya Semarang, padahal malamnya sudah sampai sana. gara2 saya cuma nunut mobil maka pupuslah harapan menyelamatkan kaset2 dari invasi pak eddy irawan😀
     Hari Sabtu kemarin, tgl 13 Desember, akhirnya saya tekadkan hati mengunjungi pasar sayur Magetan untuk beraudisi di bilik mas Slamet satu-satunya penjual kaset seken di Magetan. Pasar sayur Magetan masih benar-benar tradisionil, kalah dengan pasar besarnya pak gatot di madiun. lantainya masih tanah shg wl sdh keras tetap aja becek. Bilik mas Slamet ada di belakang pasar barengan dengan alat2 kebun dan sandal, keuntungannya tdk becek. Namun demikian di meja kaset ada beberapa kotoran tikus, yg ini mungkin bukan piaraan dia, sehinga baunya cukup menyengat. Untunglah kaset2 yg saya cari diletakkan khusus di rak sederhana di bagian dalam shg terjauh dari kotoran kecuali debu. Sesungguhnya tak ada perkembangan dari kaset2 yg sekarang dengan beberapa bulan lalu, atau mungkin kaset2 yg tak saya sukai ada yg baru. Akhirnya setelah melalui  proses seleksi saya dapat juga 6 kaset normal + 1 kaset singel. Kaset Favorite Piano Pieces itu hanya terbawa pas di mobil aja, belinya sdh agak lama🙂
Yang akan saya ulas sedikit justru kaset disko Boney M😀
Boney M. adalah vokal grup yg berasal dari Jerman bentukan Frank Farian (yg juga melejitkan Milli Vanilli). Para penampilnya memang dicari yg bisa menari yaitu Liz Mitchell, Maizie Williams, Marcia Barrett, dan Bobby Farrell (yg ini ternyata tak ikut nyanyi. Sound Boney M. adalah 2 suara wanita aja : Liz & Marcia.

image

image


Ternyata musik disko 70/80-an gaya Boney M. bukan seperti house music atau remix, walau tetap ada ‘jedag-jedug’-nya. Musik mereka mirip lagu pop dan bisa mudah dijadikan dangdut atau rock sekalian. Contohnya lagu Belfast dicover oleh grup Spanyol: Mago de Oz sedang lagu rasputin dicover oleh grup viking metal Finlandia Turisas (ada videoclipnya yg lucu, bagi saya)
jaman saya SD lagu2 mereka yang paling populer adalah “River of Babylon” yang ada lagu dalam bahasa Indonesianya, lalu “Hooray it’s Holi Holiday”. Sayangnya kaset ini tak ada lagu-lagu tadi, cuma ada medleynya di lagu pertama side A. Lagu Children of Paradise malah synthesizernya unik, sedikit mengingatkan ke space music yang pernah saya dapat kasetnya. Ada lagi lagu Malalaika yg pas saya dengarkan kemarin langsung ingat lagu “Api Unggun” di kaset si Unyil teman saya dulu😀 Musiknya sama tapi diganti lirik Indonesia doang.
     Pitanya Maxell makanya tanpa saya bersihkan awalnya langsung terdengar jernih di tape mobil. Perekamnya adalah Top’s Dynamic dengan stiker rumah kaset bergaris hijau cerah. Kasetnya saya potret di teras rumah sambil melihat the lambs yang kurang kerjaan wira-wiri di muka rumah saya .


evil has no boundaries

15 Responses to “Boney M Golden Hits dari Pasar Sayur Magetan”

  1. andria Says:

    Terima kasih pak sdh dimuat. Ternyata pak Eddy tak jadi menginvasi Semarang juga, jadi saya msh bisa punya kesempatan mencari kaset di Padang Jaya.

  2. hippienov Says:

    Wuih keren Mas Andria, Boney M nya keren, walau aku gak ngikutin album-albumnya tapi siapa yang gak kenal lagu “river of babylon” yang disko 70an itu? Beberapa lagu Boney M lainnya aku juga suka seperti ma baker, hooray, no woman no cry (yang ternyata enak juga dibikin disco), rasputin.

    Mas, Soul Asylum, Robby Valentine, Eagles, Carpenters, Silverchair aku juga suka. Kayaknya ada kaset “house of pain” ya?
    Top markotop mas… Suwun

  3. Gatot Widayanto Says:

    Dulu jamannya disko ada lagu buat polonize (?) kalau gak salah judulnya Rasputin ya? Ha ha ha ha …. Jaman ajojing gilak …wakakakakakakak …. Jadi inget lampu STROBO …ha ha ha ha … Merindhink Disco …
    Disco jaman dulu beda banget sama sekarang ya …

    • hippienov Says:

      Aku masih terlalu kecil untuk bisa inget gimana disco jaman 70an, tapi yang masih aku inget almarhum Om ku ada suka sekali ajojing dan kalo pergi pasti dengan kemeja yang fit di badan, celana oanjang cutbray, sepatu berhak tinggi ala KISS dan rambut gondrong nya… Dulu nama tempat “Tanamur” kalo gak salah sering disebut-sebut oleh mendiang Om ku ini.

  4. andria Says:

    iya pak gatot, album disco dulu mmg lain. Boney M ini menurut saya mirip grup regge jerman UB 40 yg juga saya suka, mengcover lagu orang dan dibuat sesuai corak musik mereka.
    itu bener House of Pain, teman saya yg suka hip hop merekomendasikan itu mas Hippie , ya udah saya saut sekalian pumpung murah🙂 Cypress Hill, Public Enemy saya juga punya, dulu pas murah juga harganya😀

    • hippienov Says:

      Uedyan, Mas Andria ternyata penikmat hip-hop juga… House of Pain kalo gak salah beraliran hardcore hip-hop sama seperti Cypress Hill yang tadinya aku kira band metal, hehehe…
      Public Emeny juga asik mas, Run DMC, MC Hammer juga okay.
      Aku suka kolaborasi Public Enemy dengan Anthrax di lagu “bring the noise”, mantep tenan lagu itu, sangar, metal tapi nge-rap.

  5. Hendrik Worotikan Says:

    Hihih…baca tret nya bikin senyum nih, Boney M dari pasar sayur Magetan. Toooppp !
    Gimana nggak top, dulu jaman msh sekolah menengah pertama sampai atas, lagu Boney M acapkali sering sy dengar, baik lewat radio, tv atau pun kalo pas lagi lewat lapak yg jual kaset 1000 perak dpt 3 kaset. Wahh…kenangan banget jaman segitu.
    Jadi ingat nih sama lagu Daddy Cool, Rivers My Babylon/Brown Girl In The Ring juga Ma Baker. Tengkyu Mas Andria yg sdh mengingatkan akan Boney M, yg aslinya from West Indies ini.

    • Gatot Widayanto Says:

      Brown girl in the ring … TRA LA LA LA LA ….

      Hua ha ha ha ha …nguwakak pol saya … Ma kasih mas Hendrik … Jadi inget masa muda … ha ha ha … Progger juga manusia …

  6. andria Says:

    mungkin hampir tiap pasar yg agak gede dan tradisionil di Nusantara ini ada satu atau 2 orang yg masih jualan kaset bekas pak Hendrik. Walau mungkin jualannya juga tak tiap hari.

  7. herman Says:

    Mas Andria, ternyata saya punya satu kaset Boney M (Kings Record) yang ada lagu Bahama mama….setelah saya buka …eh tinggal kotaknya….hihihi….anehnya beberapa kaset yang banyak penggemarnya begini pada tinggal kotaknya……..

    • andria Says:

      Saya juga ada 1yg tinggal kotaknya, Peter Cetera -Solitude Solitaire. mungkin karena ada lagu yg dulu terkenal: Glory of Love + lagu2 tambahan dari Chicago. kl yg total sekotaknya hilang juga ada🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: