Happy 41st Anniversary Tales From Topographic Oceans

Herwinto

Photo0055

Genap sudah 41 tahun album spektakuler tapi juga kontroversial ini. Tales From Topographic Oceans dirilis 14 Desember 1973 dengan hanya berisi 4 buah lagu yang diilhami dari kitab Autobiography of a Yogi karangan Paramahansa Yogananda.  Album ini memiliki sejarah penting dalam hidup saya karena merupakan gerbang pembuka bagi saya mengenal progrock. Tepatnya tahun 2001 saya pertama kali mendengar lagu The Revealing Science of God (Dance of the Dawn) dan langsung jatuh terkapar saking indahnya…..4 lagu dengan durasi 81.15 menit cukup kenyang juga…..

 

12 Responses to “Happy 41st Anniversary Tales From Topographic Oceans”

  1. Koh Win Says:

    Trimakasih mas Gatot..sugeng nglampahi jejibahan…

  2. Hendrik Worotikan Says:

    Setahun setelah ‘Tales From Topographic Oceans’ dirilis, Yes dinobatkan sebagai pemenang utama – Top Group oleh NME (New Musical Express), disamping David Bowie (Top Male) dan Diana Ross (Top Female).
    Album ini juga merupakan album pertama kali Yes yang meraih puncak popularitasnya dideretan UK Chart.

    Btw… ada acara tiup lilin nya nggak nih Koh Win ?

    Salam.

    • Gatot Widayanto Says:

      Terima kasih infonya, mas Hendrik. Hebat juga album yg menurut saya terbaik dari Yes. Saya gak nyangka album ini punya prestasi karena gak seperti biasanya musik Yes. Namun bagibsaya secarabkeseluruhan 4 lagunya mantab semua. Pertama kali nyanthol justru dengan The Revealing Science of God. Mantab tenan nih album.

  3. Budi Putra Says:

    Ulasan khas mas Koh Win…enak dibaca dan berkelas….jgn2 ini dia mas Cosmic nya….hehehe. Ditambah tampilan kaset Yess nya yg mulusss klumusss…jd ngiler.

    • hippienov Says:

      Setuju Mas Budi, terbukti sudah aku sama sekali bukan “tokoh” Mas Cosmic yang flamboyan itu tapi ada kemungkinan beliau adalah Koh Win, hehehe…

  4. Koh Win Says:

    Trimakasih mas Hendrik tambahan infonya….album keren nan berkelas, meski tidak sedikit juga yang menghujat dan mencaci maki….ha ha ha….album ini 100% karya duet maut Anderson-Howe, mungkin setara dengan Lennon-Mc Cartney sehingga bikin Wakeman misuh misuh dan pilih keluar setelahnya….

    • hippienov Says:

      Album ini buatku adalah album Yes yang paling alot dicerna, sampai sekarang pun agak sulit buatku bertahan dengerin full 1 album, hehehe…
      Wakeman bilang album ini terlalu mengada-ada komposisinya, terlalu berlebihan dipanjang-panjangkan. Menurutnya ada bagian di album itu dimana ia (Wakeman) hanya memainkan/menekan 1 tuts organnya saja untuk waktu yang cukup lama.
      Tapi menurutku Wakeman merasa kurang mendapat “porsi” di album ini sehingga mutung dan cabut. Mungkin dalam benaknya Wakeman berkata “nge-prog gak berarti harus bikin lagu yang panjang kok, contohnya seperti di solo album Wakeman ‘the six wives of Henry VIII'”. Sehingga ia memutuskan untuk berpisah dari Yes.

  5. herman Says:

    Kaset saya Yes TFTO rekaman Pop Doscotic saya beli di Kediri tgl. 15 Juni 1974, berarti kira kira 6 bulan setelah album ini di-release.sudah beredar sampai Kediri kaset bajakannya….hahaha….bahkan waktu belipu saya belum tau bahwa itu album terbaru Yes……terima kasih mas Herwinto….

  6. herman Says:

    Iya Mas GW, nuansamatik pol…..mana saya dapet kaset ini di toko kaset kecil di jalan Sultan Agug ( kalo nggak salah) yang menuju Klenteng ….tokonya seperti rumahan…..padahal toko kaset kebanyakan di Jalan Dhoho……

  7. Gatot Widayanto Says:

    Jon Anderson dan Transatlantic:

    Transatlantic and Jon Anderson “Revealing Science…: http://youtu.be/KXaR2RknAFg

  8. Gatot Widayanto Says:

    Ternyata review saya cukup panjang buat album kesukaan saya ini:

    http://www.progarchives.com/Review.asp?id=13166

Leave a Reply

