Rare Earth “In Concert”

Hendrik Worotikan

rareearth

re

Keinginan saya untuk mendengarkan kembali grup musik Rare Earth akhirnya terpenuhi juga. Berawal dari postingannya Mas Eddy beberapa hari lalu yang sukses mengakuisisi salah satu kaset hitam putih ‘Rare Earth In Concert’, dan tiba tiba saja rasa kangen saya dengan band RE pun menyeruak muncul.
Terlebih lagi album RE yang saya miliki dalam format vinyl dengan desain cover yang menarik. Cover albumnya dikemas menyerupai bentuk tas.
Terdapat 2 keping plat di’tas’ ini, dengan memuat 8 lagu yang kesemuanya direkam secara live saat concert.
Rekaman versi live ini dilakukan di tempat yang berbeda-beda. Seperti Jacksonville, Florida (Civic Coliseum)- Miami, Florida (Marine Stadium)- IT Haca, New York (Cornell University) dan ada juga yang hanya didalam studio Motown.

Band Rare Earth di era 70-an lumayan sukses mendapat tempat di hati penggemar musik. Tidak saja di Detroit, Amerika, tempat dimana band ini dilahirkan, melainkan juga dibelahan benua lainnya.
Ini dibuktikan dengan lagu mereka yang mendapat simpati dari para pengagumnya, sebut saja ‘I Just Want To Celebrate’, ‘Get Ready’, ‘(I Know) I’m loosing You’, dll.
Oleh karenanya tidak heran kalo di rekaman versi live concert ini lagu-lagu tersebut menjadi wajib untuk diikutsertakan.

Kepingan plat pertama pada side 1 diawali dengan kalimat “Do You Want To Celebrate…”? Sapaan dari sang vokalis yang menyapa penggemar mereka yang kemudian disambut dengan penuh antusias. Lantas berkumandanglah ‘I Just Want To Celebrate'(4:50) yang berirama funky.

Selanjutnya adalah ‘Hey, Big Brother’ (7:24. Lagu dengan beat yang menghentak ini juga menjadi salah satu single dari RE yang pernah menjadi hit. Lagu ini rasanya cocok untuk memberi dorongan semangat kala beraktifitas.

Sebagai lagu terakhir di side 1, RE menampilkan ‘Born To Wander’ (4:24). Ada yang menjadi perhatian saya tatkala mendengar komposisi ini. Dimana pada interlude suara flute terdengar dengan begitu indahnya. Hal inilah yang terasa lain dengan 2 lagu sebelumnya.

Dengan durasi lagu yang sangat panjang, yakni 23 menit 38 detik, mau nggak mau ‘Get Ready’ membabat habis sisi plat pada side 2 ini.
Pada intro lagunya kita dibuat seakan-akan terbang melayang dengan tiupan saxophone yang asyik. Barulah kemudian tempo lagu dipercepat dengan hentakan rock n’ roll yang kental. Setelahnya petikan gitar bass beradu dengan gebukan drum yang seru,yang kemudian disusul dengan bunyi suara hammond yang merdu. Wah…edan pokoknya. Semua alat musik tampil seakan sedang beradu untuk memikat penonton, masing-masing pemain ingin menunjukan kebolehan mereka dalam bermain musik. Dan tentu saja ini menjadi sebuah jam session yang menarik.
Boleh dibilang komposisi musiknya 90% dan sisa 10% nya cuma diisi suara vokalisnya.

Berikutnya adalah ‘What’d I Say’ (6:31) lagu yang berada di plat 2 di side 3.
Kocokan gitar yang terasa garang memberikan nuansa musik yang gegap gempita. Hingar bingar dalam balutan rock dan funky.

Dari hingar bingarnya ‘What’d I Say’, kali ini RE sedikit menurunkan tensi musiknya. Melalui komposisi instrumentalia ‘Thoughts’ (10:53) musik yang dimainkan pun serasa mengajak kita untuk sedikit bergoyang. Unsur musik rock, jazz, funk menyeruak menjadi satu dalam balutan yang asyik.
Apalagi di part akhir mereka menyelipkan juga sentuhan musik blues yang sedap.

Yeah, akhirnya sampai juga pada side 4 dari plat ‘Rare Earth In Concert’ ini.
Inilah salah satu lagu andalan dari RE yakni ‘(I Know) I’m Loosing You’ (14:09).
Pada rekaman versi live ini permainan perkusi, congo, drum diberikan peran lebih untuk berimprovisasi.

Satu-satunya lagu yang direkam hanya didalam studio Motown adalah ‘Nice To Be With You’ (2:15).
Dengan sentuhan pop rock lagu ini menjadi penutup ‘Rare Earth In Concert’, sebuah album yang dirilis tahun 1971, puluhan tahun yang lalu.

RARE EARTH :
Pete Rivera-drums-lead vocal & percussion
Gil Bridges-woodwinds-vocal-percussion & flute
John Persh-bass & vocal
Ray Monette-guitars & vocal
Mark Olson-keyboards & vocal
Ed Guzman-congo & percussion

13 Responses to “Rare Earth “In Concert””

  1. Rizki Says:

    Mas Hendrik,
    Packaging album ini menarik sekali …. Selain itu saya suka sekali nama “Rare Earth”.

    Get ready (karangan Smokey Roninson) mungkin satu2nya lagu yg sy paling kenal krn sering dibawakan berbagai band, salah satunya Wishbone Ash (album “Number the brave”).

    • Hendrik Worotikan Says:

      100% correct Mas Rizki, kalo Get Ready merupakan karangan dari Smokey Robinson yg secara kebetulan juga Rare Earth & Robinson berasal dari kota yang sama, yakni Detroit.
      Bahkan jauh sebelum Get Ready berhasil masuk chart di Amerika dan menjadi terkenal (sekitar thn 1970), lagu dgn judul yang sama ini sdh lebih dulu direkam oleh grup soul yg bernama The Temptations (juga dari Detroit). Banyak memang ciptaan Robinson yang sering kali dibawakan oleh penyanyi ataupun grup band yg sekaligus di produserinya. Terutama, tentunya artis-artis dari Motown Records.
      Tengkyu untuk sharingnya. Salam.

  2. asepcashball Says:

    Itu vinyl? keren ya bungkusnya, Saya kira awalnya itu tas?

    • Hendrik Worotikan Says:

      Mas Asep salam kenal. Betul Mas seperti foto diatas itu adalah vinyl dari cover album band Rare Earth yg menyerupai tas.
      Barangkali, memang salah satu daya tarik untuk mengoleksi vinyl, selain musiknya juga art work nya yang sedap utk dipandang mata.

  3. Gatot Widayanto Says:

    Bagi saya, band ini nuansamatik sekali karena di 70an saya kenal band ini dari lagu lucu bertajuk Smiling Faces Sometimes yang pernah saya posting di tret ProgGraphy. Wah edan lagu tersebut telah mewarnai kehidupan remaja saya saat itu.
    Ketika SMA ada lagunya yang ngedisko abis bertajuk Warm Ride. Wah …enak tenan lagu ini … Dijamin goyang dah. Gak rock yo ben!

    • Hendrik Worotikan Says:

      Mas G, baru saja sy dengar Warm Ride nya. Hahaha…nuansa disco nya seventies abis, ya. Mungkin di era 70-an akhir Rare Earth sdh berubah dalam memainkan misi musiknya. Juga terjadi pergantian personil didalam band tsb dan rasanya band ini termasuk band yg sering berganti formasinya.
      Lagu yg satu lagi itu yg lucu belum sempat sy dengarkan.
      Salam.

      • Gatot Widayanto Says:

        Silakan mas Hendrik …dijamin ikut nguwakak pol ….!

      • Eddy Irawan Says:

        Mas Hendrik, terimakasih udh ngebahas raRe earth. Sy suka musiknya yg funky dan ruang. Sy punya bbrapa album rare earth tp yg paling sy suka ya album ‘ma’ rilisan monalisa.

      • Hendrik Worotikan Says:

        Gara gara postingan Mas Eddy juga sih jadi ngomongin band jadul suradul Rare Earth.
        Tengkyu jg Mas sdh mengingatkan sy kalo sy punya jg Rare Earth.

  4. hippienov Says:

    Sewaktu aku kerja di perusahaan distributor cerutu Cuba dulu, seorang pelanggan asal negeri Om Sam yang lumayan akrab denganku pernah bercerita tentang Rare Earth dan menyarankan supaya aku mendengarkan lagu-lagunya, tapi sampai hari ini belum satupun kaset/cd Rare Eath yang aku punya dan aku belum pernah dengar lagu-lagu mereka.

    • Hendrik Worotikan Says:

      Mas Hippie dilapak kaset masih sering sy jumpai beberapa album RE lama, seperti ‘Willie Remembers’ dan ‘Ma’.
      Semoga saran dari teman Mas Hippie tsb segera terlaksana.Wkwkwk…

  5. hippienov Says:

    Yang bener Mas Hendrik? Di Blok M Square ada Rare Earth? Aku harus segera hunting kalo gitu. Trims informasinya Mas…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: