Sonic Youth “Confusion is Sex plus Kill Yr. Idols” – EP

Hippienov

Halo Mas G dan rekan-rekan semua, semoga akhir pekan ini cerah dan indah. Rasanya bikin galau kalo pas weekend hujan turun, repot kalo mau jalan-jalan dan males cuci motor yang kotor, hehehe…

image

image

Kali ini aku kembali dengan tulisan pendek dan ringan tentang album perdana dari band alternative rock Sonic Youth yang bertajuk “Confusion Is Sex” (judulnya cukup provokatif). Album ini resminya dirilis tahun 1983/1984 namun baru tahun 1995 kaset lisensinya (BMG-Musica) dirilis di Indonesia. Album ini diriilis dalam 2 versi yaitu versi full album dan saat dirilis di Indonesia album ini disisipkan pula mini album “Kill Yr. Idols” di dalamnya.
Saat beli kasetnya aku sama sekali gak tahu apa itu Sonic Youth dan bagaimana musiknya. Tapi aku tertarik (kalo gak mau dibilang terprovokasi) dengan judul album serta cover depannya yang hanya berupa sketch minimalis gak karuan berwarna hitam (aku suka sekali warna hitam) dan baru beberapa bulan lalu aku beli cd kopiannya (sekalian album Sonic Youth lainnya berjudul “Evol”) dari rekan-rekan di Metal Bleeding Corp. – Medan, buat jaga-jaga semisal kasetku rusak sudah ada back-up nya. Dan hari ini aku coba sharing di blog untuk menghibur rekan-rekan.

Saat album ini dirilis, Sonic Youth beranggotakan:
* Kim Gordon-bass/vocals
* Thurston Moore-guitar/vocals
* Lee Ronaldo-guitar
* Jim Sclavunos-drums
* Bob Bert-drums (hanya pada 2 lagu)
dan sampai mereka “bubar” sekitar tahun 2011 anggotanya relatif awet, hanya drummer nya yang ganti.

Bagaimana musik Sonic Youth di album “Confusion Is Sex”? Jujur aku sampai sekarang gak bisa mendefinisikan jenis musik apa yang mereka mainkan. Aku gambarkan musiknya penuh dengan chaos, disharmoni, out of tune, kemarahan, putus asa, sama sekali gak rapi mirip sekumpulan anak muda yang lagi jamming belajar ngeband. Kalo boleh dibandingkan dengan Napalm Death “Scum” atau John Zorn dengan Naked City nya, kedua band ini bisa dibilang lebih rapi musiknya dan lebih enak didengar, hehehe…
Sound guitar Sonic Youth di beberapa lagu seperti suara bel dan detik jam dinding, jreng-jreng-jreng-jreng yang kadang sangat bikin kuping iritasi.
Tugas vokal dibagi antara Kim dan Thurston (belakangan mereka menikah dan beberapa tahun lalu bercerai dan perceraian mereka iilah yang menyebabkan Sonic Youth bubar) dimana Kim & Thurston bernyanyi seperti seorang anak kecil yang kesal dan marah, kadang sedikit berteriak dan kadang bersuara parau serta out of tune.

Pertama kali dengar album ini aku gak ngerti blas dan pusing padahal waktu itu aku sedang belajar menikmati musik prog yang rumit, namun disuguhi musik Sonic Youth aku jadi lebih pusing. Cukup lama aku harus sabar mencoba mendengarkan album ini secara utuh sampai akhirnya (mungkin karena terbiasa) aku baru ngerti bahwa dalam kekacauan musik merekalah terletak kenikmatan album tersebut. 
Akhirnya aku coba beli cd nya sekalian walau hanya cd kopian.

Namun sampai sekarang aku gak berani mendengarkan album ini kalo istri lagi di rumah, karena pernah sekali aku spin cd nya dan dia “komplain berat”, ternyata album ini memang bikin pusing berat orang, mungkin malah vertigo, hehehe…

Demikian sekilas pengalamanku dengan album Sonic Youth “Confusion Is Sex”, album ini menurutku unik karena pada album berikutnya dan album-album selanjutnya Sonic Youth tidak pernah lagi memainkan musik “berantakan” seperti di Confusion Is Sex, mereka kerap bereksplorasi namun tidak pernah kembali seperti era Confusion Is Sex.
Semoga ada rekan-rekan yang punya pengalaman mendengarkan album ini juga dan bisa turut sharing secara lebih detail dan teknis. Mohon maaf atas kekurangan yang ada dalam penulisanku ini dan seperti biasa matursuwun Mas G atas waktu dan kesempatan yang diberikan, juga untuk rekan-rekan yang sudah mampir membaca.

A boy who dreams music,
hippienov  

13 Responses to “Sonic Youth “Confusion is Sex plus Kill Yr. Idols” – EP”

  1. Edi Apple Santoso Says:

    saya belum pernah menyimak sonic youth, september 2013 john zorn sama thurston moore berkolaborasi di album “@” tzadik records …….

    • Gatot Widayanto Says:

      Saya juga BLAS gak pernah dengar musiknya … he he he…

    • hippienov Says:

      Alo Mas Edi, aku malah belum pernah denger kolaborasi John Zorn dan Moore. Dijamin aneh gak karuan musiknya, hehehe…
      Monggo dicoba Sonic Youth Mas, ini band alternative yang cukup beda dengan yang lainnya. Mungkin mirip dengan Radiohead.

  2. andria Says:

    saya punya kaset SY 2 buah . yang pertama judulnya Washing Machine dgn gambar 2 orang pakai kaos bergambar mesin cuci. saya beli saat musik alternative sdg berjaya, Tentu saja saya tak paham musiknya🙂 dan bisa dibilang inilah jenis musik alternative sesungguhnya, alternative bagi org yg pengin dengar suara2 yg tak merdu😀 Di buku Big Noise saya dua pentolan gitaris SY ini ditampilkan juga krn dianggap mewakili gitaris generasi 90. Thurstone Moore punya album solo juga, saya beli di jaman saya msh di jakarta dulu, dapatnya jelas di Jl. Surabaya. Sayangnya sampai sekarang jarang saya dengarkan.

    • hippienov Says:

      Alo Mas Andria, aku gak punya album “washing machine” tapi meskipun musik Sonic Youth secara keseluruhan terbilang aneh, namun kalo mau tahu yang paling “rusak” dan sangat raw aku sarankan “confusion is sex”. Album ini musiknya bisa dibilang gila dan bikin “scum” nya Napalm Death terasa nikmat di kuping, hahaha…

  3. Hendrik Worotikan Says:

    Hi Mas Hippie, sy cukup akrab dengan nama Sonic Youth ini. Tapi jujur belum kesampaian utk dengar musik mereka. Jadi boleh dibilang ‘blank’ sama sekali dgn musiknya.
    Sy mau dengar musik Sonic Youth tadinya, cuma sdh keburu puyeng duluan. Nggak kebayangkan kalo main musiknya sdh out of tune, jreng jreng nggak jelas, disharmoni seperti yg Mas Hippie tulis.
    Bisa bisa vertigo sy kambuh lg nih. Hihihi…

    • hippienov Says:

      Hahaha…bisa aja Mas Hendrik, monggo dicoba Sonic Youth mas, mungkin bisa dimulai dengan album “evol” (album setelah “confusion is sex”). Musiknya sudah lebih “terkoordinasi dan teroganisir” gak acak kadut seperti “confusion is sex”. Malah di “evol” Sonic Youth mulai ber-explore dengan synthesizer dan drum machine.

  4. Edi Apple Santoso Says:

    mencoba menyimak washing machine, ketemu the diamond sea, psychedelic rock yang cukup menawan …
    tengkiu mas hippie, thurston moore pancen ciamik …..

    • Gatot Widayanto Says:

      Aku lagi nyetel sekarang .. Wah edan …ngambang melayang musiknya …seperti Radiohead ya … he he he …

      • hippienov Says:

        Alo Mas G, njenengan bener Sonic Youth ada mirip-mirip Radiohead. Kalo Radiohead lebih “aristokrat” sedang Sonic Youth lebih “proletar” mirip Betales dan Rolling Stones ya Mas, hehehe…

    • hippienov Says:

      Nah Mas Edi mulai terpikat dengan Sonic Youth, monggo diteruskan mas, dicoba pula “confusion is sex” nya, hehehe…

  5. andria Says:

    nha, yg disetel pak Eddy itu yg kasetnya saya punya. kemarin di Lokananta ada 4 buah kaset Sonic Youth, termasuk Washing Machine dan Nurse yg saya punya.

  6. hippienov Says:

    Wah keren mas Andria punya “nurse” juga. beberapa waktu bersilam aku sempat liat album ini di toko kaset tapi agak ragu buat beli. Takut bikin pusing berat lagi seperti di “confusion”, hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: