Rick Wakeman Bagi Saya (11 of 38)

Gatot Widayanto

Kaset Rekaman Perina Aquarius
The Myths and Legends of King Arthur

image

Sebenarnya tret ini bisa masuk ke 40 Year of ProgGraphy dekade I karena kejadiannya pada tahun sekitar 1976. Tapi gak masalah saya ulas di sini. Ada dua hal menarik dari segi nuansamatikness dari tret ini. Pertama, album King Arthur sendiri yang bagi saya sangat dahzyat karena saya suka dariz awal sampai akhir album sampai saat itu bikin kelompok vocal group membawakan lagu “King Arthur”. Kedua adalah kaset rekaman Perina Aquarius hitam putih seperti yg terlihat di foto. Karena saya pernah cerita di blog gemblung ini terkait hal yang pertama, kali ini saya bahas yang kedua.
image

Sebenarnya kaset milik saya bukan yang rekaman Perina Aquarius namun rekaman Perina Kings warna kuning, tapi bukan Billboard. Saya belinya di toko kaset Jl. Bogowonto, Madiun. Saya kagum sekali dengan album ini karena diawali dengan narasi suara berat melantunkan kalimat megah sekali:

Who so pulled out this sword from this stone and anvil, is the true-born King of all Britain .. JRENG!

Thet thet thet thet ….jreng jreng jreng ….wuihhhh …orkestranya megah pol!

Langsunglah kaset ini saya suka pol-polan ketika saya kelas 1 SMA, ya sekitar 1976. Bisa jadi saya belinya 1975 sesuai release date nya. Namun saya tergila-gila sejak SMA kelas 1 terutama lagu King Arthur. Namun ternyata saya suka semua lagunya termasuk Merlin The Magician, Sir Lancelot …bahkan yang syahdu Guinever juga asik pol.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya sekitar 1981 ketika ibu saya pindah ke Jakarta, tepatnya di Tebet; kakak saya mas Jokky (adiknya mas Henky) tinggal bersama ibu di rumah Tebet. Kalau pas saya liburan dari Bandung, saya suka denger mas Jokky sarapan paginya ya nyetel kaset Rick wakeman 3 keluaran Aquarius ini. Biyuh! Kalau nyetel kuwenceng pol seperti gak punya tetangga! Masing inget saya, di kamarnya dia pake stereo setnya Ampli NAD 3060, Equalizer Soundcraftsmen, Tape Deck Fisher dan spekernya AR 28S digantung di dinding kamar. JEGLER JEGLER pokoknya. Lha karena saya dasarnya juga suka album ini, saya ikut tereak-tereak juga mengikuti musiknya album ini. Enak ya kalau satu keluarga semuanya ngeprog … ha ha ha ha ….

Kalau pas mas Jokky kerja, saya pakai kamarnya dan saya setel kaset ini sak dobole sampek budek. Apalagi soundsystemnya keren banget. Namun justru yang enak kalau malam hari mau tidur sekitar jam 11 malam, saya di ruang tamu dan mas Jokky di dalam kamarnya, dia nyetel kaset ini volume sedeng sayup2 …whoooaaaaa…terasa nikmat. menikmati musik kesukaan tapi disetel orang lain itu juga kenikmatan lho … Asik tenan.

Makanya …kaset ini bagi saya nuansamatik pol. Penuh kenangan ….

Salam hujan dari Jakarta!

 

9 Responses to “Rick Wakeman Bagi Saya (11 of 38)”

  1. santo Says:

    sama mas …saya juga punya kaset itu dulu, belinya di taman puring th 88, sblmnya pernah denger rw yg no earthly connection … pas denger king arthur koq agak beda tp tetep suka.. sy pernah baca di artikel koran ktnya sih ada part king arthur yg dipake buat pembukaan dunia dlm berita tvri bener ga sih mas … yg mananya ya…soalnya sy waktu itu kan masih kecil jd ga tau ..hehehe…

  2. andria Says:

    saya belum sering mendengar kaset ini pak gatot, soalnya utk Rick Wagiman saya suka karyanya yg instrumental doang (Six Wives & Criminal Records contohnya).
    Ini cerita lain, saat saya dinas di Mojokerto tahun 1999-2002 pernah beli makan di rumah makan ukuran sedang, yg membuat saya tambah lapar karena ada poster iklan konser Rick Wakeman yg dibingkai di ruang makannya. Mungkin pak Edi pernah ke sana atau jangan2 itu malah punya pak Edi😀

    • Gatot Widayanto Says:

      Tahun 2002 memang Rick main di Jakarta dan saya nonton paling depan dan ikut sorak sorak dan nyanyi kayak wong edan! Ha ha ha ha … Nanti saya cari foto2nya ya …. HA ha ha …

    • Edi Apple Santoso Says:

      poster iku iklane rick wakeman & the english rock ensemble pas main ndhik plenary hall, jakarta convention center, suhu GW koyoke mirsani. tekan warung makan lestari njenengan mlaku ae wis tekan omahku dab andria …..

      • andria Says:

        sepertinya mmg warung Lestari pak, tapi itu di Mojokerto kan pak Edi? Apa pak Edi punya rumah di Mojokerto juga?

      • Edi Apple Santoso Says:

        warung makan lestari jombang dab andria, bukan mojokerto ….. engko nek sampeyan nang njombang tak ajak mrono, poster rick wakeman jik durung dicopot, pdhl wis 10th lebih. kapan iko arep tak tempil poster iku, tp gak oleh karo sing nduwe …….

      • andria Says:

        mungkin pas saya main ke Jombang saat itu pak, sdh 13 tahun sih wajar lupa🙂 kl dia mau diijoli poster iklannya Dream Theater live pertama kali di Indonesia saya diberitahu ya pak😀

  3. hippienov Says:

    Duh album ini sangat memorable buatku, karena musiknya tentu saja dan karena aku dapetin kasetnya penuh perjuangan tawar menawar di lapak Lap. Urip Jatinegara. Seingetku waktu itu gak ada niatan untuk nyari album ini tapi karena dari awal aku sudah pegang-pegang kaset prog akhrinya si Abang penjual ambil kantong kresek yang dia simpan khusus dan mengeluarkan kaset impor super duper muluz berjudul Rick Wakeman “The Myths & Legends of King Arthur”. Samber gledek langsung aku pegang dan gak dilepas lagi.. Kalo gak salah waktu itu harga dibuka Rp 60 ribu (tahun itu sudah sangat mahal) tapi aku sudah nekat kaset ini harus nangkring di lemariku hari itu juga so mulailah tawar menawar yang sangat alot dan lama. Akhirnya harga mentok di Rp 40 ribu dan walaupun berat aku bungkus juga… Niatnya bisa membungkus beberapa kaset jadul, gara-gara Rick Wakeman akupun pulang hanya bawa 1 kaset thok.. Tapi hati ini puas… dan sampai sekarang kaset ini masih aku rawat dengan baik.
    Belakangan ada niat untuk beli cd nya tapi belum kesampaian karena agak langka dan kalopun ada harganya bikin dengkul gemetar, hahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: