The Moon & The Rush: Songs by Mr. Big

Hippienov

image

Halo rekan-rekan apa kabar? Cukup lama absent kirim tulisan ke blog dan baru kali ini aku kembali menulis. Tapi pas mau mulai menulis malah bingung topik apa yang akan aku sharing ya? Akhirnya aku putuskan untuk sharing tentang kompilasi lagu-lagu Mr. Big yang aku buat sekitar setahun lalu. Yah, hanya sekedar tulisan ringan untuk mencoba menghibur rekan-rekan blog semua. Semoga berkenan dan mohon dimaafkan jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

Perkenalanku dengan band rock yang bisa dibilang legendaris dan pernah meramaikan blantika musik rock era 90an ini dimulai saat aku duduk di bangku SMP/SMA. Adalah teman main satu komplek, Agus namanya, yang ngotot mempromosikan band ini kepadaku. Waktu itu aku belum tahu Mr. Big karena masih asik dengan band-band metal semisal Anthrax dan Helloween. Temanku ini cukup jeli karena yang dijadikan bahan promosi adalah lagu “addicted to that rush” serta “daddy, brother, lover, little boy” yang nge-rock banget bernuansa metal dan dijamin aku akan duduk manis menyimak. Tak lupa “to be with you” juga ditambahkan ke daftar lagu promosi temanku ini.
Dari sini aku mulai kenal dengan Mr. Big namun aku tidak benar-benar mengikuti dan malah gak pernah beli albumnya karena jaman SMA musik thrash metal, grindcore, death metal, speed metal dan berbagai genre metal lainnya lebih menarik buatku. Baru saat album “Bump Ahead” dirilis tahun 1993/1994 aku mencoba membeli dan ini adalah album Mr. Big pertama yang aku punya. Kenapa aku beli? Saat itu aku sudah kuliah dan dinasti  thrash metal mulai mengalami kemunduran inmy musical life, aku pun mulai pindah ke jalur grunge/alternative bahkan mulai melirik kembali musik classic rock era 60-70an setelah sempat ditinggalkan. Tapi aku belum nge-prog, masih satu tahu lagi (1995) aku baru mengenal prog-rock.

Singkat cerita, sekitar 1 tahun yang lalu aku ketemu cd mp3 Mr. Big di sebuah lapak mp3/dvd/cd bajakan dan dari awal aku memang sudah niatkan untuk membuat sebuah kompilasi lagu-lagu Mr. Big yang sumbernya cd mp3 bajakan itu. Sampai saat ini aku sudah membuat 3 cd kompilasi Mr. Big: 1 cd berisi lagu-lagu “balada” Mr. Big lalu 1 cd yang lain berisi lagu-lagu “rock” Mr. Big dan kompilasi yang terakhir adalah kompilasi yang aku sedang tulis sekarang.

Konsep kompilasi “The Moon & The Rush: Songs by Mr. Big” adalah sebuah kompilasi yang berisi 50% lagu-lagu balada dan 50% lagu-lagu rock dari Mr. Big, dan setelah proses seleksi aku dapatkan 9 lagu balada (track 1-9) serta 9 lagu rock (track 10-18) namun ternyata masih ada space untuk 1 lagu lagi dan akhirnya lagu “green (tinted sixties mind)” aku masukkan sebagai bonus.
Aku karang judul “the moon & the rush” untuk menggambarkan bahwa kompilasi ini tentang “balada & rock”. The moon adalah penggalan dari lagu Mr. Big “promise her the moon” yang syahdu sedangkan The rush diambil dari “addicted to that rush” yang edan itu.

Here’s the tracks list:
THE MOON:
1. Take cover.
2. Ain’t seen love like that.
3. My new religion.
4. Just take my heart.
5. To be with you.
6. Goin’ where the wind blows.
7. Nothing but love.
8. If that’s what it takes.
9. Promise her the moon.

THE RUSH:
10. Addicted to that rush.
11. Daddy, brother, lover, little boy.
12. Colorado bulldog.
13. How can you what you do.
14. Temperamental.
15. Jane Doe.
16. Mama D.
17. What’s it gonna be.
18. Trapped in toyland.

BONUS:
19. Green (tinted sixties mind)

Namun kompilasi ini tidaklah sempurna dan punya banyak kekurangan terutama dari pemilihan lagunya karena pasti ada banyak lagu-lagu apik Mr. Big yang malah terlewatkan dan tidak masuk kompilasi. 

Matursuwun Mas G atas waktu dan kesempatan yang diberikan, serta untuk rekan-rekan semua yang sudi mampir membaca tulisan ini.

A boy who dreams music,
hippienov. 

8 Responses to “The Moon & The Rush: Songs by Mr. Big”

  1. apec Says:

    Mas Hippie, yok opo kabare…hamba pun demikian, sama nasib kita.. baru tahu Tuan Besar ini sejak album Bump Ahead yang bergambar kepala melongok dari lubang jalanan sepertinya..Dikarenakan lagu Wild Word ( yang aslinya milik Cat Steven alias Yusuf islam) berulang kali nongol di layar tipi swasta, bisa di acara Barometer Musik atau pada jeda 5 menit antar pergantian acara. Juga Nothing But love..

  2. hippienov Says:

    Alo Pak Dokter, album Bump Ahead kuwi lumayan keren, aku suka colorado bulldog yang ada suara guguk gonggong nya. Wild world memang keren mas dan sayang terpaksa gak masuk kompilasi ini.
    Bener banget mas, jaman dulu suka ada video klip musik, aku inget Metallica “enter sandman” bolak-balik muncul di tv.

  3. Rizki Says:

    Take Cover mmg lagu pembukaan yg asik …

  4. andria Says:

    saya mencoba Mr.Big saat kaset Lean into It, yg bergambar kereta api jatuh, dijual di lapak alm. Pak Budi di seberang pasar Bringharjo. Mr Big album pertama sdh sering saya lihat dan tak pernah saya beli (baru 2 tahun lalu saya beli) karena katanya cuma bagus lagu Addicted to that Rush aja. Mungkin bagi saya ini karya terbaik Mr Big karena baik lagu cepat, yang sedang dan slow ada di album ini dan bagus. Peringkat berikutnya baru Bump Ahead. Saat saya beli kaset itu lagu To Be With You belum banyak dikenal dan diputar di radio.

  5. hippienov Says:

    Alo Mas Andria, “I’ll be your daddy, your brother, your lover and your little boy… Yeah!….” Keren banget lagu itu mas dari album lean into it…
    Kalo bump ahead semua lagu aku suka,termasuk cover lagu nya Free “mr. big” judulnya.

  6. kukuh tawanggono Says:

    Mas Hippie sedulurku lanang

    Bener-bener tulisan yg mengaduk-aduk emosi saya(terutama kenangan indah yg yg pernah saya lalui).Jaman saya SMP band ini menjadi favorit anak-anak cewek di sekolah saya.Dikarenakan saya penasaran(kok mereka semua jatuh cinta pada band ini)saya pinjam pada teman saya yg bernama Viki Junaedi.Sesampai dirumah saya putar keras-keras sampai alm ibu menjewer telinga saya….ha ha ha.
    Kalo ingat masa-masa itu hati saya kok bener-bener bahagia.Walo hidup didalam kekurangan akan tetapi penuh dengan cinta.
    Seribu jempol untuk mas Hippie seorang………

    • hippienov Says:

      Alo mas Kukuh, memang dulu band ini cukup digemari terutama karena lagu-lagu baladanya. Aku dulu mati-matian coba gitaran lagu “to be with you” hanya sekedar ada cewek cem-ceman di sekolah yang suka lagu ini. Namun apa daya, gitarannya gak pernah sukses dan sang cewek ternyata juga emoh karo aku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: