Legenda Genesis (5/7)

Herwinto

Selling England by The Pound….Mengukir Sejarah dengan Tinta Emas

image

Membicarakan Genesis rasanya tidak afdhol jika tak menyebut Firth of Fifth, ini sudah seperti sisi mata uang, Genesis = Firth of Fifth. Lagu ini memang maha karya Genesis paling monumental, indah dan brilian, tak heran album Selling England ini menjadi album terbaik Genesis sepanjang masa. Bila kita tengok album album prog terbaik sepanjang masa akan kita dapati deretan 4 besar terbaiknya sering diduduki album Close to The Edge (Yes), Selling England by The Pound (Genesis), In The Court of The Crimson King (King Crimson), Thick as A Brick (Jethro Tull) dengan posisi selalu berganti ganti urutan, album ini memang telah menobatkan Genesis sebagai salah satu pengibar prog rock terbaik yang pernah ada.

Dancing With The Moonlight Knight sebuah pembukaan album yang luar biasa…coba cermati, ciri musik Genesis awal nampak sekali yaitu vokal masuk lebih dulu daripada musik seperti pada Looking For Someone…musik khas Genesis pun meluncur dengan nikmat, denting gitar akustik berpadu dengan kibor yang memberi kesan indah, sejuk dan teduh sebelum kemudian musik berubah menjadi enerjik dan rumit….wahh ini lagu benar benar penuh tikungan dimana mana, sepanjang lagu benar benar gak ada cacatnya apalagi di menit 03.49 musik menjadi sangat dramatis dengan bunyi latar yang menggema….mendengar lagu ini kita akan orgasme berkali kali yang berujung lempoh di akhir lagu…..disusul I Know What I Like yang menjadi single hit album ini, lagu yang unik namun enak didengar…sampai era Phil Collins lagu ini masih sering dibawakan dalam konser.

Track ketiga adalah Firth of Fifth, lagu super duper keren ini di buka dengan intro grand piano yang gagah dan megah sekali, hanya sayang Tony Banks malas membawakan dalam konser bagian ini, mungkin ribet ya…untunglah Cockpit kalau bawain lagu ini mempertahankan bagian ini sehingga bisa menghibur kerinduan fans akan keindahan intro ini. Menit demi menit bahkan detik demi detik dari lagu ini benar benar luar biasa dahzyat, bagian melotron, flute, hingga sayatan gitar Hacket yang menohok ulu hati mengaduk emosi benar benar melemparkan kita ke puncak multi orgasme yang paripurna….More Fool Me adalah jeda sejenak untuk istirahat sebelum masuk tret yang juga dahzyat The Battle  of Epping Forest…wah wah ini tret ngguwajak benar, megah dan gagah lagunya..melodinya juga nunjek….kibornya bikin gulung koming….

After The Ordeal instrumental yang sungguh indah, lagu berdurasi 04.16 ini benar benar menghanyutkan, perpaduan gitar dan kibor yang saling mengisi dengan rapat menghasilkan untaian melodi yang benar benar membunuh….padahal kita masih akan memasuki track yang lebih kurang ajar lagi yaitu The Cinema Show…ohhhh man!!! I like it!!! album ini memang kurang ajar betul…mosok dari awal kita dibikin multi orgasme terus….lempoh!!!  Saya juga suka yang versi The Flower Kings….sungguh komposisi musik yang sempurna….kaya dan penuh gizi…dari pembukaan gitar yang lembut, hingga tiupan flute di fase sunyi hingga ngamuknya Tony Bank dengan kibornya semuanya menyenangkan…Aisle of Plenty menyempurnakan keindahan album ini di bagian penutup yang menyejukkan…..Salam..

13 Responses to “Legenda Genesis (5/7)”

  1. Koh Win Says:

    Trimakasih mas G sudah muncul tulisan ini…..sugeng nglampahi jejibahan…..

    • Gatot Widayanto Says:

      Sama sama Koh Win … Memang ini album fenomenal. Sayangnya saya kenalnya telat yakni saat saya dijemput kakak saya, Jokky, di stasiun Gambir sekitar th 74 atau 75, di mobil VW kodoknya ada satu kaset Genesis SEBtP rekaman Yess dan gak ada kaset lainnya. Sepanjang jalan ia hanya nyetel kaset ini. Hebat ya jaman dulu banyak orang yg kenal musik progrock lebih mudah ketimbang sekarang bersaing dg radio FM yang banyak dan lagu2nya alay alay semua ….gak ada prog nya blas …ha ha ha … Hidup jaman normal!

      • andria Says:

        iya pak gatot, padahal dgn format mp3 yg mudah didonlot di internet harusnya anak2 muda bisa menyerap berbagai aliran musik. sayangnya msh banyak yg cuma mau dengar lagu2 yg monoton & disetel selera pasar aja

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Andria … Sebenernya karena tak ada yang mengedukasi aja. Karena musik prog memng harus ada yang edukasi (baca: “ngeracuni”).

  2. herman Says:

    Mas Herwinto,….terima kasih…tulisannnya penuh gizi……semua ciri2 musik genesis sudah digambarkan dengan pas….bagi saya album ini memang top markotopnya Geneisis…

  3. herman Says:

    hahaha….maaf sekali maaf ….dan terima kasih mas GW…..

  4. andria Says:

    Firth of Fifth pernah saya pakai utk ringtone, tapi ternyata ada yg nganggap itu msh terlalu “keras” 😀

  5. hippienov Says:

    Ini dia album Genesis yang paling aku suka setelah “trespass” dan album ini merupakan pintu gerbang aku serius mengenal musik prog bersama dengan alum Yes “tales”. Kalo dulu Oka (temen kampusku) gak ngotot nyuruh aku dengerin album ini malah sampei rela meminjamkan kaset Yess nya padaku, mungkin aku belum jeuh kecemplung dunia prog rock, hehehe…
    Album yang memorable banget dengan lagu firth of fifth, the cinema show dan yang lainnya. Tuobz…

    • Gatot Widayanto Says:

      Senang sekali mas Hippie berkomentar setelah sempat menghilang. Saya baru nyetel album ini versi asli (kaset Yess) krena itulah pertama kali saya dengar album ini full. Versi CD dan lainnya bagi saya BUKAN ASLI. Yang asli ya versi Yess lha wong lagu pembukaannya aja Firth of Fifth kok! Pow ra nggajak tenan Yess kuwi!

  6. apec Says:

    FoF merupakan gerbang bagi saya untuk mengetahui lagu-lagu genesis lainnya..ya saya kenal dari kaset Yess juga..kenalnya baru pada tahun 99-2000..Telat banget ya…tahunya dari pedagang kaset bekas malahan.. intro lagu tersebut mengingatkan pada intro Dirimu milik Gank Pegangsaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: