Dahzyatnya The Flower Kings (11 of 15)

Herwinto

Back In The World Of Adventures….Kuliah Strata-4 ala Raja-Raja Bunga

back

Dari sekian banyak penganut paham prog rock utamanya simphony rock ternyata banyak juga yang berpaham ekstrim fundamentalis. Saya katakan ekstrim fundamentalis karena golongan ini beranggapan bahwa musik prog rock hanyalah sampai tahun 1977, setelahnya adalah bentuk pengulangan, meniru bahkan hanya main main belaka. Ini bukanlah sebuah bualan semata, namun sungguh benar benar ada faktanya di sekitar kita, golongan ini sangatlah fanatik dan tidak mau mengakui eksistensi dari musik prog setelah era 1977, mereka menganggap Neo Prog yang dipelopori Marillion dan kebangkitan gelombang ketiga yang dipelopori TFK hanyalah main main belaka, golongan ini sangat susah untuk menerima kehadiran musik mereka.

Kuliah Strata-4 bagi kaum Fundamentalis
Bagi para penganut haluan keras ini saya memiliki saran cobalah untuk menyimak barang sejenak album TFK bertajuk Back In The World Of Adventures…mendengarkan album ini dahulu saya (mantan fundamentalis yang sudah bertobat) merasakan adanya sebuah pencerahan, menyimak album ini secara utuh adalah sebuah perkuliahan yang sungguh menyenangkan, Roine Stolt sang guru besar prog rock telah membeberkan dan menguak fakta yang sungguh mencengangkan bahwa prog rock tak berhenti di tahun 1977, namun mampu menembus ruang dan waktu tanpa batas batas usia dan generasi.

Album ini bagi saya merupakan sebuah rendezvous dari solo album Stolt bertajuk The Flower King yang meletakkan dasar dasar atau pondasi bagi perjalanan musik TFK dimasa datang. Tak pelak lagi album ini sungguh karya yang luar biasa, dengarkanlah mulai dari track pembuka World Of Adventures yang akan membuat pengagum Yes, Genesis serta ELP berdecak kagum sambil menelan ludah, bagaimana tidak, sebab TFK mampu menciptakan sound jauh melampaui seniornya ini tanpa ada unsur ‘membebek’ atau menjiplak. Inilah lagu yang membuka fikiran saya akan kesadaran baru tentang musik prog. Atomic Prince-Kaleidoscope jelas membuktikan bahwa TFK adalah pengusung simphony prog yang handal, Go West Judas…wow… semakin menunjukkan kecakapan TFK dalam meramu unsur unsur prog rock dalam kemasan yang modern, Train To Nowhere, Oblivion Road adalah mata kuliah dahzyat tentang olahan bergizi musik prog oleh TFK. Theme For Hero, My Cosmic Lover track yang sangat indah untuk dinikmati sambil kerja….uughhhh….kereeeen!!! diantara keduanya ada jeda Temple Of The Snakes yang berkesan sakral. The Wonder Wheel instrumental yang merupakan perpaduan ciamik gitar dan kibor yang berkesan megah. Big Puzzle… wow….ini track yang sangat menyenangkan…kaya, bergizi, menu prog rock yang lengkap sekali.

Mengikuti perkuliahan ala Raja-Raja Bunga melalui Back In The World Of Adventures….adalah suatu…. Keniscayaan!!

12 Responses to “Dahzyatnya The Flower Kings (11 of 15)”

  1. Koh Win Says:

    Trimakasih mas G sudah diposting……

    • Gatot Widayanto Says:

      Sama2 Koh Win. Lucunya saya sudah lupa album ini saking sdh lama gak denger. Malahan saya lagi nyetel Desolation Rose (lagu) yang saya suka banget. Komposisinya sederhana namun mantab jaya ….manja …. Apalagi nyambung ke lagu lucu White Tuxedos …whoooaaaaa ….menggeleparrrr ….tergeletak mengerikan …!

    • Gatot Widayanto Says:

      Tadi siang saat gowes saya pasang album ini memang muwanteb jaya pol …. Gowes jadi gak terasa blas ….huwenaaak pol

  2. hippienov Says:

    Koh Win kembali beraksi dengan “Raja-Raja Bunga”…ciamik tenan… Tapi lagi-lagi sayang aku belum pernah dengar album ini, malah ndak punya sepertinya, hehehe…

  3. Edi Apple Santoso Says:

    big puzzle memang sajian lengkap, salah satu lagu wajib untuk yang ngakunya menyukai symphonic prog ….
    every day is a prog day ….

  4. Budi Putra Says:

    Kalo sdh di strata 4, beratlah mas Koh Win……hehehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: