The Romantique

Andria Sonhedi

image

Saat kaset non royalty berjaya di salah satu sudut toko kaset Kota Mas Yogya ada etalase khusus untuk display kaset klasik. Jadi kl di toko kaset Popeye ada etalase khusus untuk kaset rekaman Yess maka yang mendominasi etalse di KotaMas adalah perekam Romantique. Biasanya saya menghindari etalse ini karena kesannya muram. Sampul kaset didominasi warna kuning dan hijau pucat. Kaset klasik lama kalau tak salah model tempel foto seperti Contessa, Yess dan sebangsanya. Namun setelah kemajuan dibidang cetak mencetak maka kemudian sampul terbitan romantique menjadi putih dgn gambar tercetak di tengah, mirip kaset2 barat konvensional kala itu.
Contoh sampul kasetnya bisa dilihat di tulisan pak cosmic  https://gwmusic.wordpress.com/2013/10/24/nicolo-paganini-concerto-for-violin-and-orchestra-no-6-in-e-minor-by-romantique-golden-classic/
Untuk rumah kaset juga khas, biasanya ada 3 segilima entah artinya apa dan tulisan Romantique dalam plakat kuning di kiri atas dgn stiker dasar warna hijau telur asin. Saya sendiri baru beli kaset klasik saat kaset non royalty mulai seret muncul di lapak seken. Saat itu kaset2 bermutu belum muncul maka saya berdifersifikasi kaset dengan mencoba beli kaset the best of Handel di lapak alm. Pak Budi seberang pasar Bringharjo. Berbeda dengan kaset2 barat lain kok beberapa kaset klasik yg saya beli sering mleot suaranya atau ada yg putus. Mungkin pemilik2 lamanya sangat sering memutar. Di Yogya harganya pun tetap sama dengan kaset barat lainnya walau sdh kuno, padahal peminatnya juga sedikit.
Untuk saya sendiri menikmati musik klasik memang agak lain dgn kaset barat, harus didengarkan khusus tak bisa disambi. Kl di sambi kerja sepertinya tak ada bekasnya di pendengaran saya. Makanya hanya saat2 tertentu saya nyetel kaset2 tadi. Mungkin karena saya sudah terbiasa mendengarkan lagu-lagu Queen, saat itu ada yg menuliskan genre klasik rock, maka lebih mudah saya terima. Berbeda dengan genre jazz yang sulit saya terima karena tak bisa diprediksi alurnya dgn beberapa nada sumbang yang mmg disengaja.
Untunglah di luar para penguasa lapak kaset seken Bringharjo masih ada lapak2 amatir🙂 yang menghargai kaset klasik dengan harga lebih murah. Biasanya memang kaset kompilasi dengan sampul pemandangan atau model cantik. Kaset2 model romantique yang memang berisi satu LP tampaknya jarang dibeli orang. Kadang2 saya spekulasi beli kaset yang  tanpa ada sampulnya & tak bisa dicoba di lapak barang bekas. Yang penting kelihatan kalau itu terbitan Romantique. Yang ada di foto ini contohnya, yang ini kaset kompilasi Beethoven karena kebetulan saya kenal lagu Fur Ellise dan Song of Joy dari Symphonie ke-9.


evil has no boundaries

6 Responses to “The Romantique”

  1. andria Says:

    terima kasih pak gatot sdh dimuat, saya br tahu pak Cosmic dulu juga menguasai beberapa kaset klasik terbitan romantique

  2. hippienov Says:

    Dari liat wujud kasetnya tanpa belum baca isinya aku menebak pasti ini kaset musik klasik dan ternyata betul. Walau koleksi kaset klasik yang aku punya tidak banyak tapi keluhan Mas Andria tentang pita kaset yang sering “mleot” juga aku alami. Dugaanku malah kaset-kaset klasik memang sengaja menggunakan pita yang kurang tahan banting karena peminatnya sedikit dan kalopun dibeli gak sering disetel makanya pake pita ‘KW” bisa tetep awet.

    Musik jazz nya boleh dicoba juga mas, mungkin bisa dimulai dari kompilasi Michael Franks buatanku, hehehe… Atau Mahavishnu Orchestra “bird of fire” yang kental dengan rock nya itu.
    Suwun…

  3. andria Says:

    kl Mahavishnu sdh pernah nyoba sih, cuma lupa seperti apa😀

  4. hippienov Says:

    Betul, betul, betul… (dengan logatnya “upin & ipin”, hehehe)
    Dijamin MAs Andria akan langsung tersengat dengan “bird of fire” atau album-album Mahavishnu lainnya, sama seperti aku waktu pertama kali denger band ini, langsung ke-entup, hehehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: