Bunyi “DHUNG DHUNG Cèz cèz” Nan Mantab ala Voombox

Gatot Widayanto

Uji Audio Divoom Voombox Travel bluetooth speaker

Rasanya sudah beberapa minggu ini pangsit saya dihibur dengan suara dari speaker cilik methisil tapi kalo ngentub bener2 nunjek sampe ulu ati paling dalam tipe Divoom Voombox Travel yang merupakan pengalaman pertama saya menggunakan speaker nir kabel namun sayang nya tidak nir biaya alias kudu beli. Ha ha ha …. Pada saat pertama kali speaker ini dulu saya setel , saya nggumun kok barang kecil bisa menghasilkan bunyi DHUNG DHUNG suara bass yang manteb sampe speakernya terasa ENDHUT ENDHUT karena nendhank bass nya. Biyuh!

Sebenarnya speaker cilik ini sudah saya bahas di tret sebelumnya namun malam inisaya tertegun kembali saat memasang The Flower Kings yang audio qualitynya memang bagus kok rasanya perlu diulas lagi ….Semoga gak bosen ya … he he he . Ini juga gara2 tadi pas lagi di kamar mandi si Voombox ini saya cangking ikut menemani saya sambil bersiul nyetel The Flower Kings “Desolation Road”. Whooooaaaa… nikmat sekali suara dan musiknya .. Apalagi pas masuk lagu Desolation Road dan kemudian White Tuxedos yang musiknya lucu (kata Koh Win kayak lagu jawa “Dolanan Dakon” …). Memang pas di bagian akhir Desolation Road album ini selesai saya terima SMS dari Koh Win yang ternyata beliau sedang nyetel TFK juga meski albumnya beda yakni “Unfold The Future”. Setelah itu saya disarankan menikmati Judas Kiss dan saya turuti juga, namun yang versi Alive on Planet Earth. Wah edan …. mantab tenan. Ini ulasan saya terhadap uji audio Voombox ini:

  • Pada saat Judas Kiss mengalun memang semua detil suara keluar. Trebel nya jangan ditanya dah, kelur ‘tekeces tekeces tekeces’ solid dan transparan serta tak sakit di pangsit saya sama sekali, baik volume kenceng sekalipun. Yang saya kagum justru di bass solo nya Michael Stolt terasa bulet banget dan pulen seperti nasi gitu …. Bunyinya dhung dhang dhung tapi tidak mebengung (bergema lain) alias cepat hilang setelah bunyi DHUNG nya muncul sehingga suara bass yang sepertinya pake Rickenbaker terasa mantap keluar dari suara speaker meski ukuran speaker ini cilik.
  • Kemudian saya pindah ke Scanning The Greenhouse yang merupakan kompilasi TFK namun saya tahu CD nya rekamannya bagus dan bassnya bener2 terasa gemuruh membahana bila disetel di stereo set rumah. Saya penasaran bagaimana di Voombox. Wah …ternyata memuaskan sekali. Saya mulai dari track terakhir “Cinema Show” terasa banget suara bassnya menggelora dan musiknya mengalir enak ENDHUT ENDHUT ENDHUT kayak lagi naik kuda sambil menikmati pemandangan alam. Wah …enak tenan rek! Apalagi di bagian interlude dan solo kibornya ngamuk. Puas dah!
  • Baru saya setel mulai dari track pembuka In The Eyes of The World. Waduh. Menteb tenan …semua detil suara keluar bahkan suara ecek ecek pun keluar termasuk sound effects yang jelas banget kemrincingnya. Pas track The Flower King juga indah sekali. Saya pun kemudian iseng speaker tersebut saya taruh di atas tumbler buat ngopi dan ….bleng bleng …bass nya makin ganas, trebel terasa banget kemrecesnya ….

image

image

Memang bass nya gak berlebihan sih, namun cukup bagi saya karena buat dinikmati sambil kerja speaker ini memang pilihan yang tepat dibandingkan kalau pake headset yang saya hanya tahan satu jam saja. Lagian kalau kerja di kafe sambil ngopi, anggep aja pendidikan bagi pengunjung lainnya terkait musik prog … ha ha ha ha ha …

Nanti saya akan coba speaker ini konek ke Walkman ya …. Sementara pake iPod dulu atau kadang pake laptop. Mantab pernah saya coba “Pigs: nya Pink Floyd dari laptop nyambung ke Voombox.

JRENG!

25 Responses to “Bunyi “DHUNG DHUNG Cèz cèz” Nan Mantab ala Voombox”

  1. khalil logomotif Says:

    Wah menarik nh! Klw dr ipad bisa langsung ke spiker ngga mas…klw bisa..wah klw saya presentasi, bisa jadi lbih menarik. Boleh pinkem ngga mas…
    Heheheheh

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Khalil, asalkan ada bluetooth di iPad nya, ya bisa mas. Kalau mau bassnya lebih nendhank lagi playernya Black Berry tipe Bellagio. Wah …edan tuh …sound nya nendhank abis. Saya pernah nyetel “Someone Loan Me a Dime” dari Boz Scag bener2 terlena saking empuk dan pulen bunyi bass nya … Kok bisa ya? Barang kecil kok ngebass? Opo tumon?

      Silakan kalo mau pinjem mas …. he he he …

  2. Gatot Widayanto Says:

    Sekarang lagi nyetel Beautiful Country nya Illusion pake BlackBerry . Wah bassnya makin menggila, terebel masih kemreces …tek eces tek eces tek eces …..

    Ntar mau setel Saga in Transit …pasti keren abis!

    • Gatot Widayanto Says:

      Dan sekarang mau tidur nyetel Blue Jean Blues nya ZZ Top. Whoaaaaaaaaaa…… Muabtab jèk bass nya njumbuk endhutbendhut huwenak tenaaaan …sampe plafon rumah ikut bergetar ….. If i ever get back my blue jeans ….teung teung teng teng …. Whoooaaaaa …..semaput pol!

      • khalil logomotif Says:

        Whooadooohh…blue jean blues! Mantaaaap bergizi!
        Jadi inget mas cosmic nh…dulu prnah bahas ini panjang lebar…malem malem…sampe subuh.

        Enaknya setelah zizi, disambung dubeltrubel eric clapton

      • Gatot Widayanto Says:

        Betul mas …memang Double Trouble nya justru setelah ZZ Top. Versi live yang panjang …..dengan solo gitar eric nan mantab … Biyuh! Trus sebelum tidur ditutup And Lonely nya Climax Chicago …..whoaaaa … What a sleep!!!

      • khalil logomotif Says:

        Kalau boleh..trus dilanjutin dgn G benson, give me the night! Disusul selena jones, fate playing! Disusul D sahuleka, dont sleep away! Trus Deodata, night cruser! Dan W murphy mostly mozart!

      • Gatot Widayanto Says:

        Ha ha …semua yg mas Khalil sebut di atas, saya gak punya mas …ha ha … Mendingan Big in Japan nya Alphavile …ha ha ha … Hidup musik pop!

      • Budi Putra Says:

        hahaha bisa aja mas Gatot….mmg dahsyat speakernya mas

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Budi, barusan Divoom saya diuji banding dengan speaker kakak saya merek BIJELA (namanya aneh banget ya?) … Dan lebih unggul Divoom karena trebel nya gak pecah. bassnya nendhank …

  3. Koni Says:

    Wah mas Gatot di endorse sama Voombox rupanya hahaha…

    • Gatot Widayanto Says:

      Halo mas Koni …! Piye kabare? Ditunggu laporan konser DT nya. He he he ….

      Gak sih. Mestinya setelah baca ini Divoom bayar aku ya. Ha ha ha …. Tapi ini lebih karena aku ndesit aja baru pertama kali pake bluetooth speaker. Masih banyak nggumun nya . Ntar kalau ada tandingan lainnya biar juga direview . Siapa tahu ada yg lebih bagus?

  4. Koni Says:

    Apikan kuwi kok, tak bandingkan sama herman/kasdun yg onyx masih nyamlengan divoom… Suwun reviunya..

    • Gatot Widayanto Says:

      Syukurlah mas. Aku nate arep tuku Harman/Kardon sing mblebek koyok piring …gede banget. Halah! Suaranya cebleh! Giyah! Emoh! Ora doyan! Udah mahal (1 juta kalau diskon, 4 juta kalau gak diskon) tapi elek. Jadi, memang harus ati2 kalau beli speaker.

  5. Koni Says:

    Iki ngrungokke ‘oh beautiful!’ Joe Bonamassa nanggo divoom … aseeek tenan

    • Gatot Widayanto Says:

      Lho ..njenengan iki mundhut Divoom sebelumnya aa gara2 racun edhan saya? Kalau iya karena saya, syukurlah kalau puas … he he he ….
      Memang jozz gandhoz speker cilik methisil iki!

      Oh ya gemblungers,

      Mas Koni ini temen saya ngeprog sejak tahun 80an. Beliau ini kera ngalaM seperti mas Kukuh. Lihatlah betapa banyak lintasan sejarah saya dengan kota ngalaM …he he he … Saya pernah nginep di rumahnya mas Koni jama 80an itu, sambil ngeprog di malam hari menikmati Van der Graaf Generator dan Pink Floyd pake tape deck yang ada di kamar tidurnya. Memang asik ya jaman itu bisa menikmati musik bareng sampek nginep … ha ha ha … Bahkan saya pernah direkamin kaset kompilasi dan sampek sekarang masih ada kaset itu. Top tenan yo? Ha ha ha ha ….

      The brotherhood of prog ! Sing penting guyub …!!!

      Pssssttt …jangan bilang2 ya …Mas Koni ini Pejabat Teras Satu lho …. Tapi saya salut, sangat ngeprog dan humble. Bahkan konser DT di Lapangan D pun beliau nonton. Top tenan to?

      Monggo mas Koni … Divoom direpiu … Dari tadi saya panteng terus ini Divoom sekalian ngecek batere nya tahan berapa jam … Sekarang nyetel Breaking The Fourth Wall nya DT …. Ini sampek Trial of Fear … Manteb. Meski live set ini rekamannya jelek, tetep aja dengan Divoom keluar semua detil suaranya …

      • khalil logomotif Says:

        Ngomong ngomong, brp harganya dan dimana belinya mas?

      • Gatot Widayanto Says:

        Belinya online via lazada.co.id , harga 520 ribu termasuk ongkir. Semoga ke Aceh juga bebas ongkir mas. Klik hari ini, esok harinya udah nyenuk di meja kerja saya di rumah … Enaknya jaman sekarang … Serba klak klik kluk ….

        Ini sedang mnikmati Pseudo Silk Kimono sampe diulang tiga kali lantaran nikmat sekali vokal Fish keluar begitu bersih seolah lidah dan ababnya ada di telinga saya … Tris bunyi bass Trewavas begitu pulen dang deng dung mengikuti alunan vokal Fish … Wah nikmat banget bisa menikmati musik dimana aja …termasuk di kamar mandi seperti saat ini … Biyuh biyuh …. Sekarang masuk Kayleigh …

  6. Gatot Widayanto Says:

    Setuju gak bahwa Fugazi adalah album Marillion yang kualitas audionya terbaik dari semua lbum lainnya? Kalau setuju, silakan baca komen di bawah.

    Tadi malam sebelum tidur saya nyetel lbum Fugazi meski gak dari awal namun dari She Chameleon. Sengaja saya pilih yang mendayu ndayu dan banyak vokal dan kibor diuji coba di Voombox.
    Suara kibor Kelly yang nusuk kalbu itu nikmat banget menerawang masuk kuping dengan suara yang super duper klaper taart buersih pol. Ibarat kapas putih yang baru dibuka plastiknya itu … Pokoke resik tenan. Terus pas Fish mulai menyuarakan “Sheltering her ego ….” ….biyuh! Suaranya begitu gagah dan jelas kekuar dari Voombox hingga ababnya yang kotak-kotak itu keluar dengan mantab meski volume saya setel pada level pelan. Kebayang gak sih ….di keheningan malam ada suara musik mendayu pelan menghembuskan kejernihan suara zonder kemresek blas dan menghunjam pangsit kita? Kalau gak kebayang ya digambar aja pake spidol atau crayon ….wakakakakak ….

    Maaf juga …pada saat Fish melantunkan “So was is just the f*** …..” Suaranya begitu nendhank nyaman di telinga ….biyuh biyuh …..!!! Lupakan makna yang diucapkan Fish karena dia memang bocah ndhugal …ha ha ha ….

    Bagaimana Incubus? Nikmat choy!!!! Juga Fugazi sebagai track pamungkas …. “Drowning in a liqui sea of picadilily line rat race!” Whooooaaaaaaaa muwanteb njeglerrrrr …..

    Semuanya dengan setting volume plan dan lampu tidur temaram ….nikmat pol rek!

  7. andria Says:

    sebenarnya saya cocok dgn Divoom itu pak, soalnya kl di kantor saya cenderung nyetel mp3 tak terlalu keras. sayangnya harganya itu…😀

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Andria,
      Divoom cocok buat abrakan, dibawa kemana-mana, di toilet, di bawa gowes, dipake jalan2 dicantolkan di ikat pinggang dsb. Juga water proof.
      Nah … Kalau di kantor, saran saya ya pake aja merek SIMBADA. Menurut saya itu speaker bagus dan murah. Temen saya sekantor pake Simbada active speaker seharga 150 ribu, suara mantab ….

      • andria Says:

        saya mmg pakai yang macam itu pak di kantor & di rumah. pakai itu saja sdh cukup berkumandang. ini isteri saya baru nyetel cd Wali😀

      • Gatot Widayanto Says:

        Siip mas Andria. Ini malah saya baru selesai review album Fates Warning terbaru pake Divoom menyimak musiknya. Udah posted di ProgArchives.

        Sekarang malah santai menikmati ELP “Tarkus” …wah …bass nya nendhank abis … Uwediyaaaannn …puwas pol jek!

        *Gatot Widayanto*

        *”* *The high destiny of the individual is to serve rather than to rule.” * *Albert Einstein*

        On Sat, Nov 1, 2014 at 9:13 PM, Music for Life wrote:

        >

      • Gatot Widayanto Says:

        Siip mas Andria. Ini malah saya baru selesai review album Fates Warning terbaru pake Divoom menyimak musiknya. Udah posted di ProgArchives.

        Sekarang malah santai menikmati ELP “Tarkus” …wah …bass nya nendhank abis … Uwediyaaaannn …puwas pol jek!

  8. Gatot Widayanto Says:

    Pagi ini nyetel The Elements of King Crimson dari Disc 1 sampe’ Disc 2. Secara umum memang album ini bass nya kurang kecuali di Disc 2 yang era Adrian Belew, Bahkan di era Jakko (lagu terakhir dari Disc 2) yang musiknya jazzy, bassnya keren dan rekamannya jernih banget.
    Mantab jek!

Leave a Reply

