“Sweet Rock 1” by Perina Saturn

Hendrik Worotikan

image

image

Sontak seketika setelah komen di tret ‘The Greatest Prambors Slow Rock’ yg diposting oleh Mas Andria, keinginan untuk mendengarkan lagu lagu dengan nuansa melodi rock yang manis pun muncul.

Rekaman kaset Perina ‘Sweet Rock 1’ yang covernya sudah mulai memudar menjadi santapan saya siang ini sambil menikmati mie Banyumas.

Kapan dan dimana saya mendapatkan kaset nuansamatik ini ? Sayangnya… saya sudah lupa. Kemungkinan besar saya dapati di Jatinegara, seputaran Jl. Urip Sumoharjo, yang dulunya menjadi salah satu tempat belanja kaset bekas.

Lagu dan sederet nama band/penyanyi yang populer adalah alasan saya memiliki kaset ‘Sweet Rock 1’ ini.

Tadi saya mendengarnya mulai dari Side B.
Diawali dengan ‘The Wall’ (Kansas) yang intronya diisi petikan gitar dan dilatarbelakangi dgn suara organ, rasanya sudah membuat takjub untuk terus kita dengarkan.
Disusul dengan ‘Hard Luck Woman’ (KISS), ‘More Than A Feeling’ (Boston) serta lagu dari Queen ‘Let Us Cling Together’, sebuah komposisi musik yg indah yg diawali dengan suara dentingan piano yang smooth dan kemudian masuklah samar samar suara sang vokalis Freddy Mercury.
Solo album dari David Coverdale ‘Blind Man’ pun menghiasi rekaman ini. Rasanya wajar saja kalo mendengar lagu ini, seolah kita pun sedang mendengar musik Deep Purple.
Gary Wright ‘Time Machine’ menjadi lagu penutup pada Side B rekaman kaset ‘Sweet Rock 1’.

Enam lagu berikutnya terdapat pada Side A rekaman ini. Diawali dengan ‘Catch The Winds’ (Sammy Hagar) yg juga menjadi cover album ‘Sweet Rock 1’ ini.
Berikutnya ‘Wise Man (Uriah Heep), lagu yang kerap saya dengar dahulu kala. Dan dilanjutkan dengan KGB, band yang namanya tidak terlalu bergaung ditanah air. Mungkin juga karena umur mereka yang sangat singkat untuk menjadi sebuah ukuran supergrup dunia. Padahal, nama-nama musisinya cukup diakui diblantika musik.
Seperti Mike Bloomfield, seorang gitaris blues terkenal di Amerika. Rick Grech ex Blind Faith dan Traffic, Carmine Appice, dan lain-lain. Lagunya ‘My Serene Coleen’ rasanya asyik juga untuk dinikmati.
Sentuhan lain datang dari Procol Harum. Tidak seperti ‘A Whiter Shade of Pale’ atau ‘Homburg’, kali ini ‘Something Magic’ cukup menghentak dengan beat-beat irama musiknya.
Vokalis legendaris Ian Gillan tampil dengan mempesona lewat sebuah lagunya ‘Five Moons’. Tiupan flute diawal lagu yang disambut dengan dentingan piano menambah cantik komposisi ini.
Kelompok Styx menutup kumpulan kompilasi ‘Sweet Rock 1’ ini dengan lagunya yang menjadi andalan saat lalu yaitu ‘Suite Madame Blue’.

Panas yang terik rasanya menjadi sedikit adem dengan berkumandangnya dua belas lagu dalam balutan melodi ‘Sweet Rock 1’ rekaman jadul Perina ini.

15 Responses to ““Sweet Rock 1” by Perina Saturn”

  1. yuddi Says:

    di lihat lagu2 nya diperkirakan kaset terbit thn 1978 –
    Five Moon lagu yg dicuplik dari lbum Ian Gillan Band “Clear Air Turbulence”

    • Hendrik Worotikan Says:

      Sip mas Yuddi. Ini tampilan Ian Gillan dari sisi yang beda.
      BTW Sabtu lalu koq nggak muncul di Coreli ?
      Salam.

  2. andria h8 Says:

    saya cuma tak kenal Gary Wright & KGB aja.

    • Hendrik Worotikan Says:

      Nama Gary Wright memang kurang terdengar di blantika musik dunia. Tapi kalo menyebut nama band Spooky Tooth, barangkali mas Andria baru ‘ngeh’.
      Ya…Gary Wright termasuk dalam salah satu kugiran band tsb ketika dibentuk pada 1967. Tiga tahun kemudian band ini mengalami kevakuman dan GW pun merilis album solo karirnya.
      Sayang solo album tsb kurang mendapat respon yg baik bagi penggemar musik alias kurang sukses.

      KGB, boleh disebut dalam jajaran Underrated Band. Dibentuk oleh musisi musisi handal, seperti Mike Bloomfield (Gitar-Vocal), Barry Goldberg (Organ-Piano-Clavinet-Synthesizer), Ray Kennedy (Saxaphone-Vocal), Rick Grech (Bass-Gitar) dan Carmine Appice (Drum-Pekusi-Vocal).

      Salam.

      • Rizki Says:

        Menambahkan info saja – Lagu Gary Wright yang paling terkenal dari solo karirnya adalah Dream Weaver. Saya kebetulan memiliki beberapa album solonya.

      • Hendrik Worotikan Says:

        Terima kasih Mas Rizki utk tambahan informasinya. Selain Dream Weaver masih ada 1 lagu lagi yg pernah menduduki tangga lagu didaratan Amerika.
        Lagu yg dimaksud adalah Love Is Alive. Dan 2 lagu ini populer pada tahun 1976.

        Wah…jarang lho ada yg punya album solonya GW (bukan Mas Gatot Widayanto, ya). Hihihi….
        Salut kalo Mas Rizki punya.

      • Gatot Widayanto Says:

        WHOOOOAAAA……!!! Jujur saja saya mesam mesem sambl ulu ati saya ketunjek membaca komentar2 terkait Gary Wright ini …. Dulu, ketika saya pertama kali beli kaset STYX album Equinox rekaman Nirwana, side B nya ya Gary Wright ini. Sebenarnya saya sudah kenal STYX dari album Man of Miracles tapi kasetnya adalah rekaman kakak saya dari radio Geronimo.
        Nah …saat ke Surabaya (rasanya tahun 1975 atau 1976), saya ke Pasar Turi dan dapat kaset STYX Equinox ini … Wah edhan Styx memang gila banget … Ini album keren karena ada lagunya paling keren Born for The Adventure yang ngerock dan main bass nya mantab meski lagu ini jarang dikenal. Side B jarang sekali saya putar sampe akhirnya keputar juga (tak sengaja) … Lha kok saya kesengsem sama lagu Dream Weaver sama Blind Feeling …. ha ha ha ha …

        Dream Weaver, I believe you can get me through the night
        Dream Weaver, I believe we can reach the morning light

        Wah …pokoke ngepop tapi melayang-layang gitu …dengan banyak bunyi kibor setengah psikedelik gituh … ha ha ha …

        Akhirnya….karena begitu nuansamatik nya album Dream Weaver tersebut, saya juga memilikinya. Tapi hanya satu album ini saja, dan baru minggu lalu saya keluarkan dari iPod saya karena sudah terlalu lama bercokol di situ … ha ha ha ha … Poppy tapi nuansamatik kemlitik tenan …

        TOSS sama mas Hendrik!
        TOSS sama mas Rizki!

        Seneng sekali saya membaca tret ini karena membawa ingatan saya ke masa lalu yang serba kaset-minded …kemana pergi yang dicari toko kaset! Apa sekarang tidak? Buktinya ke Blok M Square juga cari kaset … ha ha ha ha ha ….

      • Gatot Widayanto Says:

      • khalil logomotif Says:

        Klw saya, ktemu dream weaver yg versi taon 90an nya, versi panjangnya. Seinget saya dulu sy dengerin dr kaset kompilasi, jg ada satu lagu cover, stairway to heaven oleh far corporation.

        Kayaknya, jangan dikelurin deh dr ipod.

      • Hendrik Worotikan Says:

        Gara-gara mas Andria nih ngebahas GW jd panjang. Hihihi…
        Sy koq malah jadi ingat, kalo nggak salah beberapa lagu GW yg menjadi pelengkap di side B album Manfred Mann rekaman Aquarius (?). Barangkali teman-teman ada yg masih menyimpan kasetnya ?

      • Rizki Says:

        Saya kebetulan punya kaset tsb Mas Hendrik – berisi album Manfred Mann “water” di side A dan B1, sisanya Gary Wright “touch and gone”.

      • Gatot Widayanto Says:

        Wah hebat mas Rizki. Wajib diupload fotonya dan diulas sekalian …he he …

      • Rizki Says:

        Ralat sedikit, judul album Manfred Mann yg benar: Watch

      • Gatot Widayanto Says:

        Wah …saya belum pernah denger album ini mas …

      • Hendrik Worotikan Says:

        Mas Rizki ternyata album Gary Wright yg ada di side B Manfred Mann yg sy maksudkan, sy msh menyimpannya dan barusan baru sy ketemukan lg.
        Siplah paling tidak sy punya jg album GW ini walaupun cuma 5 lagu. Hihihi…
        Salam.

Leave a Reply

