Legenda Genesis (5/7)

Kepada penghuni maupun pembaca blog gemblung M4L yang budiman ….

Mohon maaf

Untuk sementara kisah Legenda Genesis ini berhenti sejenak karena sang pelegenda, mas Herwinto a.k.a. Koh Win, saat ini sedang kesandhung dan kemudian kebleghonk masuk lubang keindahan musik prog masa kini , baik itu dari kelompok yang namanya IQ, Karmakanic, maupun legenda kisah Canterbury dengan kelompok seperti Khan, National Health dan nak-ndulurnya.

Memang …belantara musik prog itu begitu luas dan lintas-batas , sehingga sekali kesandung dijamin njungkel sak dobole nganti gulung koming ping kopang kaping …. Serentetan SMS yang intinya mengabarkan kisah “menderita kepuasan” terhadap band-band prog yang dialamatkan kepada redaksi M4L membuktikan hal ini. Sepertinya sahabat Hippienov juga sedang bertapa tak banyak komentar di blog gemblung lantaran menyiapkan ulasan maha dahzyat terkait KHAN “Space Shanty” yang berhasil menciptakan decak kagum bagi khalayak pendengar, apalagi pendengar yang kesandhung …

Mohon kesabarannya dan harap maklum … Redaksi yakin bahwa kisah legenda ini akan muncul lagi setelah Koh Win sembuh dari sakit lantaran kesandhung tadi. Tak tahu pula kalau Koh Win ini menjelajah ke ranah Porcupine Tree dan anak pinaknya …bisa jadi gak muncul lagi legenda Genesis ini …Ora kober soale. Redaksi juga mohon maaf kepada Koh Win yang telah banyak menyebar ratjun ganas prog ini …

Semoga prog tak sekedar musiknya saja, namun jiwa kita juga PROG soalnya PROG GITU LOH!

Sepuntene ingkang khathah

Salam

27 Responses to “Legenda Genesis (5/7)”

  1. Koh Win Says:

    Ha ha ha ha ha ha ha….1000x…….saya benar benar kaget baca ini…hwa ha ha ha ha mas Gatot lutju tenan!!!…….nyuwun pangapunten….lhah TFK saja belum tuntas ini sudah babak belur dengan IQ Seventh House yang membuat saya semakin remuk redam…..

  2. Gatot Widayanto Says:

    Hua ha ha ha ha …saya juga ngguyu sendir kok baca ini … ha ha ha ha …. Hanya kelutjuan yang membuat kita jenaka menghadapi hidup ini …. ha ha ha ha …mari kita buat yang lutju lutju …biar saling menghibur ….

    Saya malah lagi nggeblak sama Cosa Brava …ratjun pedas dari mas Edi …. Edan musike rapi!
    Tapi tetep cinta IQ tentunya … Mana mungkin saya tinggalkan IQ to? Ra mungkin ….

    Sepuntene ingkang khathah …

    • Edi Apple Santoso Says:

      fred frith n keep the dog – the house that we lived in, album live double set rilis 2003 …. mautt tenanan, dikasih bintang lima di progarchives sama syzygy special collaborator honorary collaborator,
      gelare podho karo njenengan ….
      hidup rock mbeling ….

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Edi …pada waktunya nanti saya bakaln njungkel dengan musik2 yang mas Edi kenalkan ke saya. Tadi saya mereview Cosa Brava karena ratjoen dari njenengan … Lima bintang mas! Rapi banget mainnya.

  3. Budi Putra Says:

    Mas Gatot…sy lg bingung nih kok sdh lbh dr 3 bln ini sy msh blm bisa berpindah dr play list yg kmrn sy ulas kmrn….sy jd kuatir kalo sy akan melupakan yg metal2…prog mmg dahsyat mas…!

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Budi … Memang begitu adanya mas. Musik prog itu sulit ditinggalkan mas …selalu ngangeni bahkan sering kita putar terus terusan …
      Gak lah mas …suatu saat perlu juga menikmati metal. Saya saja kalau refreshing mendengarkan metal namun seperti Blind Guardian, Kamelot, Rhapsody, Royal Hunt… Kalau sebangsa CarCass saya gak mau eksplorasi karena mendengarkan prog aja gak tuntas tuntas …kok nambah band di metal .. Gak lah ..

      Oh ya .. tadi malam saya pasang Metallica juga .. Enter Sandman, The Ecstasy of Gold – The Call of the Ktulu … juga nyetel Ted Nugent ….masuk metal gak sih? he he he ….

      Tapi memang PROG bikin lengket mas … apalagi jenis prog luas banget … saya dilatih mas Edi menikmati rock mbeling dan memang enak …

      • Budi Putra Says:

        Utk metal sblmnya sy msh suka dengerin album klasiknya metallica dr album pertama s/d …and justice for all saja atau Dream Theater…..yg saat ini saya rasakan mendengarkan prog ternyata bukan sebatas meresapi keindahan aransamen musiknya saja tp bgm melatih kesabaran (persis yg pernah diutarakan mas Edi Apple Cafe)….pdhl ini tantangan terberatnya mendengarkan prog.

        Jd sebetulnya progger itu disayang Tuhan krn ada ungkapan yg menyatakan bahwa ‘org sabar disayang Tuhan’.

      • Gatot Widayanto Says:

        Ha ha ha …karena sdh terbiasa, saya dari dulu gak merasa gak sabar bahkan ketika musti menunggu masuknya gitar Gilmour di Shine on You Crazy Diamond…. Saya juga sabar menikmati Regalis Apertura sebelum Forever menggebu di Kamelot, ranah metal .
        Aamiin …. Semoga kita semua disayang Tuhan ya mas …

      • andria h8 Says:

        benar pak Budi, saya sering tak sabar mendengar beberapa lagu prog gara2 mengharap ada serangan solo gitar atau keyboard seperti Deep Purple di tengah-tengah lagu😀 atau minimal seperti solo slow ala David Gilmour

      • Budi Putra Says:

        Hahaha…Iya mas Andria….kalo saya sering ketiduran eh pas bangun loh kok msh di judul lagu yg sama…..tp kalo dipikir2 ini persis disaat kita derngerin musik via kaset….kaset itu mengajari kt utk bersabar dlm mendengarkan musik…track 1, 2, 3,…. sesuai urutan.

  4. andria Says:

    tadinya saya kira KohWin kesandhung beneran. ternyata malah jatuh terpingkal-pingkal. yg jelas saya kemarin nyetel Ian Gillan Band yg Turbulance itu, pemberian KohWin. Tadi seharian pergi ke Randublatung, Blora tapi sebelum berangkat nyoba donlot IQ yg live wl br 1 cd

    • Gatot Widayanto Says:

      Sebaiknya jangan dengarkan IQ, mas Andria … Bahaya ….! Achtung!

      • andria h8 Says:

        sementara cuma apal alunan the Darkest Hour pak

      • khalil logomotif Says:

        Pak konsultan sedang memainkan jurus maut hukum kebalikan…hahahaha!

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Andria …sebaiknya jangan lebih dari Darkest Hour … Sekali denger Further Away bisa kesandhung beneran ….!

      • Budi Putra Says:

        Mas Gatot album Ever enak sekali didengar setelah jam 3-an…entah kenapa.

      • Gatot Widayanto Says:

        Waduh gawaaat …mas Budi nekat pasang IQ Ever … Kalau ntar kejlungup saya gak tanggung-jawab lho … ha ha ha ha …

        Mas Budi,
        Coba simak Further Away dengan hati …. You will definitely be hooked and get squonked!

      • andria Says:

        pagi ini nyetel IQ-Ever di rumah. setelah agak lama mendengar IQ saya menganggap musiknya sdh terasa heavy, cuma kok vokalnya masih kurang ‘bertenaga’😀

      • khalil logomotif Says:

        Persis mas Andria, saya jg ngga berkenan dgn corak vokal penyanyinya, kayak ngga punya tenaga dan terlalu umum…tdk menunjukkan karakter yg jelas. Mungkin itu yg bikin saya belum pernah tertarik iq.

      • Budi Putra Says:

        Sudah mas td pagi sy panteng Ever….wah luar biasa satu album kok lagu2nya the best semua….Futher Away bikin jantung naik turun mas….

      • Budi Putra Says:

        Mas Andria, vokal yg spt itu mas yg bikin deg, deg serr….hehehe. Sy pikir IQ ini bisa di rekomedasi sbg “Prog untuk Pemula”. Jd bagi yg mau masuk dunia prog bisa dengerin IQ…jgn ke Yes….nanti nguweng-nguweng….hehehe.

      • Koh Win Says:

        Yes untuk pemula juga bisa mas Budi……asal Heaven and Earth….

      • andria Says:

        saya dulu pertama kali mendengar kaset Yes album 90125 yg dipinjam kakak. Dulu kakak saya malah pernah ngeband nyanyikan Changes, cuma mulai kuliah malah tertarik selera yg umum🙂

      • Gatot Widayanto Says:

        Alhamdulillah sejak saya kenal IQ dari kaset rekaman Yess “The Wake”, saya gak pernah ada masalah dengan kualitas vokal Peter Nicholls maupun kemudian di album “Nomzamo” vokalnya ganti Menel. Semuanya tak saya anggap sebagai kendala, malahan saya nangis mendengarkan Headlong karena vokal Nicholls sungguh memelas nikmat … Juga saat Widow’s Peak … Top dah!

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Budi, itu tandanya njenengan sudah kena ratjun IQ yang berbisa dan tajam … ha ha ha ha … Ever memang dari awal sampe akhir mantab pol!

  5. prasetyoindro Says:

    menanti dengan setia review sahabat2 saya di blog ini, dari genre apa saja…sebagai benchmark, sebagai ratjoen, ataupun sebagai kenikmatan layaknya cwie mie cafe apple van jombang…salam…

Leave a Reply

