Legenda Genesis (2/7)

Herwinto

Nursery Cryme….Membangun Musik Genesis 

image

Jika mengaku seorang progger, tentu anda mengenal album ini, jika anda mengaku fans sejati Genesis pasti kenal  dan suka album ini….!!!

Anthony Phillips merasa tidak cocok lagi dengan Genesis dan dia pun keluar, penggantinya adalah Steve Hacket yang kelak dikenal berpengaruh besar terhadap perkembangan musik Genesis. Drummer John Mayhew juga keluar dan posisinya digantikan oleh Phil Collins, formasi inilah yang sangat menentukan perkembangan arah musik Genesis selanjutnya, dan inilah formasi terbaik sepanjang masa. Pada saat ini Steve Hacket nampaknya masih malu malu, maklum sebagai anggota baru mungkin dia perlu adaptasi dulu, sehingga sound Hacket di album ini belum menonjol. 

Album ini disiapkan dengan sangat baik,  memiliki 3 lagu utama yakni The Musical Box, The Return Of The Giant Hogweed dan The Fountain Of Salmacis, serta 4 lagu lainnya yakni Seven Stones, Harold The Barrel, For Absent Friends, Harlequin. Tiga lagu yang saya sebut di muka merupakan lagu lagu yang sangat berbobot dijamannya dan memiliki pengaruh yang luar biasa bagi perkembangan musik prog selanjutnya. Pada album ini Genesis membeli melotron Mark II dari King Crimson yang oleh Tony Banks mampu menghasilkan suara 3 violin pada lagu The Fountain Of Salmacis dan memberi efek mellow dan dramatis pada Seven Stones, serta pada klimaks The Return Of Giant dikombinasikan dengan brass.

Lagu lagu pada album ini berkisah seputar dongeng dongeng victorian Inggris, misal tentang hidup kembalinyanya Henry(8) yang mati dibunuh saudaranya Chynthia(9) secara tak sengaja ketika bermain croquet di halaman panti asuhan, seminggu setelah kematiannya Chynthia membuka kotak musik Henry yang menyebabkannya hidup kembali namun menua dengan cepat dan berusaha memperkosanya, juga tentang serangan ilalang raksasa terhadap umat manusia yang sebelumnya dibawa oleh penjelajah victorian dari Rusia ke kebun raya di Kew, meski telah dilawan namun ilalang menang melawan manusia. The Return Of Giant adalah lagu yang sering dipakai pada konser konser Genesis, dengan intro yang membombardir dan solo di tengah tengah yang dramatis (Dance of Giant Hogweed),….. siapa yang tidak suka intro lagu ini maka tidak akan suka prog selamanya ha ha ha…. Belum afdhol rasanya  menikmati album ini sebelum mendengarkan The Fountain Of Salmacis yang mengambil cerita dari mithology Yunani tentang seorang peri bernama Salmacis, dengan intro melotron yang dramatis dan cukup menyayat mendominasi sepanjang lagu. Steve Hacket dalam solonya Genesis Revisited I & II menyajikan ketiga lagu tersebut dengan sangat sempurna.

Secara musikalitas lagu lagu di album ini tingkat kerumitannya sudah jauh melampaui Trespass, The Musical Box misalnya sangat kompleks strukturnya dan tak terduga perubahannya dari mulai masuk lagu yang terdengar lambat sekali hingga klimaks lagu yang sangat keras terdapat banyak ornamen ornamen bebunyian yang sangat indah, demikian juga The Return dan The Fountain terdengar sangat megah dengan lika liku dan tekukan tekukan yang tak terduga, warna musik pada The Return dan The Fountain ini selanjutnya sering kita dapatkan pada lagu lagu prog generasi baru yang mungkin sangat terinspirasi dan kagum dengan keindahan klasik kedua lagu tersebut. Pada live show dari album ini Gabriel sudah mulai berakting secara teatrikal dengan kostum kostum dan topeng topengnya yang berbeda beda pada setiap lagu. Phil Collins juga diberi kesempatan unjuk suara emasnya pada lagu For Absent Friends yang berkisah tentang dua orang janda yang suka berdoa untuk suaminya yang telah meninggal.

Sebagai kesimpulannya album ini merupakan langkah awal Genesis membangun sound musiknya dengan formasi yang sangat solid, juga sebagai pijakan untuk melompat kepada album selanjutnya yang lebih radikal yakni Foxtrot yang merupakan karya emas Genesis. Singkat kata album ini sangat sangat luar biasa!!!

12 Responses to “Legenda Genesis (2/7)”

  1. Koh Win Says:

    Maturnuwun mas Gatot sudah diposting……Sekedar tambahan saja Giant Hogweed ini ada dua versi pengertian, ada yang mengartikan Ilalang raksasa ada yang mengartikan sejenis binatang besar beracun pemakan tumbuhan, Heracleum Mantegazzianum yang menyebabkan kabut besar di Inggris..

  2. Koh Win Says:

    Kaset Yess tidak merekam album ini secara khusus namun lagu lagunya disebar di 3 album yakni Trespass, Foxtrot, dan Selling..

  3. Rizki Says:

    100 pct setuju album ini sangat2 luar biasa! Dan saya suka juga judulnya yg sangat tepat ‘membangun musik Genesis’

    • Gatot Widayanto Says:

      Setuju dengan mas Rizki …. Membangun musik Genesis judul yang pas banget!

      Apakah nanti abacab disebut Merusak Musik Genesis? Ha ha ….

  4. herman Says:

    Mas Herwinto, untukalbum Nursery Crime ini saya melihat adanya benang merah antara The Fountain Of Salmacis dengan Firth of Fifth. Saya suka intronya The Fountain of Salmacis…karena saya lebih dulu kenal lagu Firth of Fifth maka waktu dengar The fountain Of Salmacis menurut saya bagian intronya merupakan akar dari Firth of Fifth bagian waktu mau mak Dheng…..hahaha ….yang mana itu ya???
    wong intro kok gak umum….mak nngguuuuueeeeng….tapi anehnya kok ya bikin suka……

  5. hippienov Says:

    The Musical Box pancen uedyan… pertama denger sudah bikin aku jatuh cinta. Lirik the musical box sepertinya agak suram ya?
    Semua lagu di album ini aku suka tapi yang paling nyantol selain the musical box adalah harold the barrel dan giant hogweed.
    Kayaknya juga di album ini pertama kali Genesis utilizing mellotron in their songs, atau malah di Foxtrot ya?
    Tuobz Koh Win…

  6. hippienov Says:

    Koh Win, sekedar saran, mungkin serial Genesis nya bisa ditambah 1 jadi 8, album “…and then there were three” mungkin bisa dibahas juga. Album ini masih cukup ngeprog dan bagus menurutku, walau mungkin gak senuansamatik album-album sebelumnya dan yang jelas suara mellotron sudah nyaris hilang. Mohon maaf atas kelancangan ini injih, hehehe…

  7. Budi Putra Says:

    Mas Koh Win keren abiz ulasan2nya ttg Genesis….sy jdi lebih tertarik mendengarkannya terutama era Gabriel.

  8. Rully Says:

    jadi inget pas pertama kali berkenalan dengan prog lalu ga lama kemudian dengan PDnya kepingin dengerin album ini. Langsung dibuat gentar sama lagu pembukanya: The Musical Box yang berdurasi 10 menit! tentu saja bagi generasi muda skrng yg terbiasa mendengarkan musik alternative rock, lagu berdurasi diatas 5 menit merupakan sebuah kejanggalan dan bisa jadi ancaman! haha.. akhirnya setelah diputar ratusan kali, baru bisa menerima album ini apa adanya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: