Bertemu The Police di Yogya

Andria Sonhedi

Bertemu the Police di Yogya

Hari Rabu – Kamis , 3-4 September 2013 kmarin saya dapat tugas ke Yogya. Yang jelas untuk ke sana tak perlu naik kereta atau pesawat, cukup naik mobil. Kali ini pun saya nginap di rumah masa kecil saya yang cuma di barat Malioboro krn kebetulan acara diklat saya di hotel Garuda,Malioboro. Saya sempat juga melihat seberang hotel, toko kaset Kota Mas sdh tampak bekasnya. Dahulu saya sering parkir di depan hotel Garuda ini untuk kemudian menyeberang ke toko Kota Mas. 

Sayangnya pula kali ini saya tidak bisa ketemu pak Priyo saat mencarinya di Pasar Bringharjo. Entah sdg tak jualan atau memang sudah berhenti jualan. Praktis perburuan saya untuk kaset seken berakhir, soalnya saya belum nemu tempat selain di situ.Masih belum cukup sempurna kesialannya, saat saya ke Ambarukmo Plaza (anak2 muda nyebutnya Amplas) toko cd resmi satu-satunya di Yogya (toko Popeye & Bowsound tak saya hitung) juga baru saja tutup September ini. Nantinya toko yg ada di lantai 3 itu akan jadi gerai kuliner Fish & Chips.
Tapi bagaimana pun saya tetap harus bersyukur, sebelum jelalatan nyari toko cd saya sempat mampir Gramedia di lantai 2. Kebetulan ada diskon untuk buku-buku hard cover luar negeri. Kebanyakan memang buku-buku desain, taman, foto, dst. Buku musik tak ada yang didiskon, namun di sela-sela buku-buku tadi saya lihat ada satu buku berjudul I’ll be Watching You: Inside The Police 1980-1983. Saya ingat beberapa tahun yang lalu saya pernah melihat buku ini. Untunglah saat itu tak saya beli, selain saya bukan fans the Police harganya juga mahal. Entah nggak laku-laku atau memang tak ada yang kenal the Police malam itu buku tadi didiskon paling besar, yang tadinya 270 ribu dengan harga baru berubah menjadi Rp 80 ribu. Saya jadi ingat buku tentang Queen, John Bonham atau karangan Dave Eleffson yang di banting harganya jadi Rp 10.000.
 Akhirnya, di antara lalu lalang orang berbelanja baju, jeans, roti breadtalk dan sebangsanya terselip seseorang yang malah menenteng buku seberat 1,25 kg di Ambarukmo Plaza😀
Buku tadi cetakan penerbit Taschen Jerman tahun 2007. Ternyata penyusun & juru fotonya tak lain tak bukan adalah Andy Summers sang gitaris the Police. Isinya memang foto-foto selama tour mereka di tahun 1980-1983. Bahasanya ada 3: Inggris, Jerman & Perancis dengan foto-foto hitam putih (yg ini tdk dibuat 3 macam). Bahkan saat John Lennon ditembak di Dakota tak lupa Andy memotret koran yang memberitakannya. Sementara ini bukunya belum saya baca semuanya dan mbukanya pun hati-hati sekali🙂

image

image

Saya memang tak terlalu beruntung karena tidak ketemu pak Edi Apple krn  pas tak dolan Yogya, juga pak Herwin/KohWin yang sdh ada jadwal ke Wonogiri. Tapi kl utk KohWin tentu saja kisah tdk bertemunya bisa Anda baca di halaman lain blog ini🙂


evil has no boundaries

14 Responses to “Bertemu The Police di Yogya”

  1. Edi Apple Santoso Says:

    andy summers gitaris bagus, bermain dengan beberapa tokoh prog macam robert fripp, jon lord, john etheridge, eberhard schoener. sayang waktu main sama the police, gitarnya kelihatan kurang sips …
    yogya memang isterimewa ….

  2. andria h8 Says:

    Trims pak Gatot sdh dimuat. ternyata gambarnya gede sekali ya?🙂
    pak Edi, si Andy ini dipuji permainan gitarnya setelah solo karir dan lagunya sangat jauh dari yg di the Police. saya pernah nyoba yang album The Last Dance Of Mr. X (1997)

    • Gatot Widayanto Says:

      sama2 mas Andria. Saya gak tahu gambarnya gede atau tidak soalnya posting pake HP ..he he …

      * masih di Bandung; sarapan ditemani King Crimson ” Lark’s Tongue in Aspic ” …

  3. Gatot Widayanto Says:

    seringkali kehebatan seorang musisi tergantung dimana dia bermain karena bisa saja itu tuntutan komposisi. the Police menawarkan kesederhanaan dalam musiknya. jadi ya gak kentara si gitarisnya …

  4. apec Says:

    Andy summer selain seorang gitaris juga dikenal sbg seorang fotografer dan sering diminta artis2 lain untuk menjadi fotografer mereka(omong2 tentang summer,dalam bhs jawa artinya itu meriang)

    • Gatot Widayanto Says:

      Wuih! Pak dokter lagi di negeri Thijs van Leer kok sempet baca blog guwemblung to?
      Udah dapet pasar analog?

      • apec Says:

        Ha..ha.sudah Om…dapat pasar analog dan digital..menjual baru dan seken hand sekaligus..

      • Gatot Widayanto Says:

        Bro Apec

        Mohon info alamat lengkapnya secara ada temen yang akan ke belanda akhir bulan ini. Dia tanya pasar PH sèken di belanda. Tulung ya … Suwun

        Gatot Widayanto

        “The high destiny of the individual is to serve rather than to rule.” Albert Einstein On Sep 14, 2014 5:44 PM, “Music for Life” wrote:

        >

    • andria h8 Says:

      ada Insideout Records juga lho pak Apec🙂
      *eh Arjen Lucaassen itu di Belanda bukan sih perusahaannya ?

  5. Budi Putra Says:

    Sy punya teman (gitaris) sewaktu kuliah…saya ajak mainin The Police, dia gak mau…dia bilang permainan gitarnya susah diikutin. Iya juga sih, apalagi kalo mainin gitar solo di lagu So Lonely…..

  6. apec Says:

    Ini Om nama tokonya: Concerto ,alamat di utrechstraat,nomernya lupa..kalo dari Centraal Station naik trem no 4 atau no 9..bilang aja ke sopirnya kalo kita mau turun di utrechstraat..tokonya lebaaarrrr,persis depan restauran Indonesia Tempo Doeloe..yg seken murah ada di lantai bawah tanah..kisaran harga 2-6 euro,rata2 empat euro,malah kalau beli 5 plat yg harganya2-4 euro dapat bonus 1 plat..yg di lantai 1 kisaran 8-15 euro

    • apec Says:

      Oh iya, ada lagi yg di dalam Mall dekat Madame Tussaud di Damraak,tp saya ndak kesana..wong di Concerto wae wis mblokek-mblokek(tuwuk)

      • Gatot Widayanto Says:

        Ayo dong diulas hasil jarahan di negerinya Thijs van Leer … lengkap dengan foto2 nya. paling gak dapet PH apa aja …he he

    • Gatot Widayanto Says:

      Matur nuwun sanget .. Segera saya relay info ini ke temen yang baru saya kenal di Blok M Square dan termasuk predator PH juga … Jangan heran kalau PH di Blok M Square koleksinya makin tipis gara2 dia … ha ha ha ha …

Leave a Reply

