Temanku Sejak SMP Masih Koleksi

Gatot Widayanto

Tret ini seratus persen dipengaruhi postingan mas Budi sebelumnya tentang Ngobrol Musik di Era Digital. Sebetulnya sebelum tret mas Budi naik cetak di layar gemblung ini, saya sudah berencana menulisnya. Namun …saya sangat kecapean karena hari Ahad itu saya mulai keluar dari rumah jam 8:00 pagi dan baru sampai rumah kembali ba’da Maghrib. Ini semua karena faktor Jabodetabek yang begitu luas dan begitu padat. Tapi ya sudahlah … Gak usah dibahas, langsung aja masalah musik.

Saya menghadiri Halal bi Halal temen2 Mediunan angkatan 79 yang kami singkat MD 79 di rumah seorang teman yang sejak SMP selalu satu sekolah sama saya dan bahkan di Madiun tinggal di satu jalan yang sama: Jalan Sumatera. Namanya Bagus Sudaryanto. Nama yang tak asing lagi di blog gemblung karena sudah beberapa kali saya sebutkan namanya, semuanya terkait musik. Kami dulu sering tuker2an kaset mulai seputar tahun 1974 hingga kami kuliah sama2 di Bandung, sampai lulus tahun 1984. Meski kami satu kos2an di Kubangsari, Sekeloa, bandung, namun Bagus ambil jurusan kuliah berbeda dengan saya. Dari dulu selera musik kami tak berseberangan bahkan saling menunjang. Jaman SMP, Bagus banyak punya kaset ELP sedangkan saya Yes. Klop! Kami ijol2an koleksi … ha ha ha … Ngirit dot org.

Sejak lulus dan dari Bandung kami sudah jarang membicarakan musik karena kesibukan masing-masing, Saya kira Bagus sudah tak lagi menikmati musik-musik progrock jaman dulu. Ternyata saya salah besar. Ketika saya dan teman2 mau shalat di lantai dua rumahnya, saya melihat ada dua lemari di ruang TV . Tadinya saya pikir hanya DVD atau Blue Ray film. Namun begitu saya mendekat, ternyata salah satu lemari berisi koleksi Blue Ray dan DVD grup2 seperti Genesis, Yes, ELP, King Crimson , Led Zeppelin pokoknya grup2 70an semua. (Catatan: semua koleksi Bagus ini original pol, kagak ada yang generic alias copyan yang sering dijual 7 ribuan). Saya kaget dan masygul …. Gak disangka ternyata Bagus masih konsisten koleksi.

Setelah shalat Dzuhur berjamaah, di sebelah kiri saya ada rak buku berisi berbagai jenis kitab. Saya ambil salah satu buku dan baca sedikit bagian intro nya. Setelah itu, saya kaget kok di deretan buku agama ada tulisan Pink Floyd dan juga ada Emerseon Lake and Palmer “From The Beginning”. Kontan saya liat itu buku apa … Ya amplop! Ternyata ada box set!!! Juga ada box set Genesis. Walah2 …. Ya udah …saya baca dan bolak-balik isinya dan sekaligus saya foto. Setelah itu saya bawa box set ELP tersebut keluar rangan, masuk ke ruang TV dimana ada putra Bagus sedang main game. Saya ajak ngobrol tentang musik, ternyata dia gak suka progrock meskipun gak membencinya. Maka saya “kuliahi” dia agar mulai menyukai karena percuma koleksi ayahnya yang begitu banyak (juga ada CD2 prog claro termasuk Jethro Tull) kalau tak ada yang mewarisi di keluarga. Saya buka box set ELP dan tunjukkan dua lagu yang dia wajib dengar: Karn Evil 9 (3 impressions) dan Tarkus. Dia manggut-manggut dan sepertinya mulai tertarik meski gak janji.

Di tengah2 suasana HalBil dengan temen2 Mediun, saya sempat ngobrol koleksi Bagus ini dengan Bagus nya sendiri. Dia ternyata beli sebagian besar CD, DVD, Blue Ray dan kaos prog dari Musik + yang ada di kelapa Gading Mall dan sangat jarang beli online. Bahkan dia bisa pesan via Musik+ ini. Seneng juga mendengarnya karena ternyata masih ada toko CD yang masih hidup dan Bagus rajin membelinya. Namun ternyata perilaku menikmati musik memang bergeser karena Bagus biasanya beli box set hanya buat dicopy ke MP3 dan kemudian mendengarkan via iPod saja. tak heran bila CD2nya juga masih mulus semua. memang jaman sekarang ribet jadinya kalau musti bawa CD Player atau walkman kemana-mana …

image


image


image


image

image


image


image

Tapi satu hal yang membuat saya senang: Bagus masih koleksi musik progrock. Oh ya …. saya lupa, koleksi CD, DVD dan Blue Ray Dream Theater milik Bagus juga kumplit plit!

Salam,

G

6 Responses to “Temanku Sejak SMP Masih Koleksi”

  1. kukuh tawanggono Says:

    Mas Gatot guru kulo

    He he he…njenengan bener-bener begawan progresif mas Gatot,dimanapun berada selalu menarik seseorang untuk tertarik pada genre tersebut…he he he.
    Amit sewu(permisi)ssssssssst niki namung(ini hanya) njenengan saja yg saya beritahu….. Boxseth PF kaleyan ELP kagungan rencang njenengan(boxseth PF dan ELP milik teman njenengan)sama dengan milik The Madman mas.Saya sempat heran kenapa kok The Madman yg seorang metalhead menyimpan artefak seperti ini,bahkan sekarang apabila para kartel mempunyai artefak prog dia menerimanya(kalo jaman dulu,ndak pernah mau mas).
    Setelah saya tanyakan ternyata itu sebagai bentuk rasa cintanya pada seseorang yg amat dia cintai mas.Katanya orang itu sekarang tinggal di Batavia dan mengolah sebuah blog musik.Dia juga berpesan agar yg dia ceritakan ini jangan sampai tersebar,konon katanya seseorang yg dicintai The Madman itu suka njalu……ha ha ha

    • Gatot Widayanto Says:

      Iya mas Kukuh … Pernah njenengan posting kok kecuali yang ELP.

      Saya sendiri kurang banyak koleksi boxset karena sering berpikir ulang mengingat sudah punya CD masing2 album. Dulu memang sering membabi buta, meski punya CD per album masih beli boxset. Baru sadar ketika keluar box set Yes “In a Word”. Saya pikir: Gila ya …kita ini dikerjain sama label2 yang sekarang tahu bener bahwa penggemar musik progrock kebanyakan sudah mapan secara ekonomi makanya dicekoki boxset boxset-an. Sejak itu saya katakan ke diri sendiri: WEGAH! Kalau bahasa Madiun nya: GIYAAAAH!!!

      Makanya saya gak punya koleksi mas Kukuh tersebut.

      Suwun

  2. andria h8 Says:

    saya juga heran mas Kukuh, the madman itu kok ampuh ngedab-edabi pol (agak sulit saya cari terjemahannya dlm bhs Indonesia)🙂
    pak gatot, biasanya saya berdoa agar jangan ketemu teman yg koleksinya sehebat itu. takut hancur hati saya😀

  3. wahyu Says:

    berkaitan dengan box set kalau beli cd Indonesia Mahardhika dimana Pak Gatot? mohon infonya Pak..matur suwun

  4. Budi Putra Says:

    Mas Gatot yg ini dahsyat namanya….mmg box set bikin ngiler mas krn tampilannya yg artistik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: