Kompilasi Iron Maiden: “Maidens of The Opera’

Hippienov

image

Apakah ini tulisan tentang album “a matter of life and death”? Bukan, aku hanya copas cover nya saja. Tulisanku kali ini tentang kompilasi abal-abal Iron Maiden yang aku buat semalam dan berisi lagu-lagu Maiden dari album Iron Maiden (1980) sampai dengan Somewhere In Time (1986).
Kompilasi ini berangkat dari pengamatanku terhadap kompilasi-kompilasi Iron Maiden yang pernah aku punya atau aku temui dimana nyaris semuanya didominasi oleh lagu-lagu era Bruce Dickinson dan hanya sedikit atau nyaris tidak pernah menampilkan lagu-lagu era Paul Di’Anno, paling hanya “running free” (itupun kebanyakan versi live yang vokalisnya Dickinson) atau “wrathchild”. Memang Di’Anno hanya menyumbang suara di 2 album pertama Maiden tapi menurutku dua album ini juga merupakan album yang gak kalah dahsyat dengan album-album setelahnya dan ada lagu-lagu yang bagus di dalamnya.
Setelah beberapa kali mencoba membuat kompilasi Iron Maiden yang hasilnya kurang sreg di hati, akhirnya semalam aku berhasil membuat kompilasi Maiden seperti yang selama ini aku inginkan, walaupun tadinya nyonya sempat protes karena sudah larut tapi aku malah ngeburn bukannya tidur, hehehe… Dogs are barking, khalifah berlalu, ngeburn jalan terus…

Dengan sumber file mp3 Maiden yang sangat terbatas dan malah sudah ada yang rusak file nya aku mulai memilah-milah lagu Maiden yang akan dimasukkan kompilasi dan untuk memberi porsi era Di’Anno lebih “adil” bukan hanya 1-2 lagu maka aku batasi hanya mengambil album Maiden era 80an, itupun album Seventh Son Of A Seventh Son (1988) aku left off karena keterbatasan daya tampung cd kosong yang hanya 80 menit.
Berikut final list nya:

IRON MAIDEN “MAIDENS OF THE OPERA”

1. Genghis Khan.
2. 2 Minutes To Midnight.
3. The Number Of The Beast.
4. Prodigal Son.
5. Aces High.
6. Killers.
7. Run To The Hills.
8. Remember Tomorrow.
9. Powerslave.
10. Wrathchild.
11. The Trooper.
12. Caught Somewhere In Time.
13. Phantom Of The Opera.
14. Wasted Years.
15. Children Of The Damned.
16. The Ides Of March.

Aku bingung saat akan memberi judul kompilasi ini, jelas gak bisa disebut “the best/greatest hits” karena memang gak semua lagu tersebut adalah “best” nya Maiden dan setelah hampir 1/2 jam berlalu ngotak-ngatik judul album akhirnya aku putuskan untuk memberi judul “Maidens Of The Opera” pada kompilasi ini. Maksudku biar serem sedikit, hehehe…
Aku mengibaratkan perjalanan karir Iron Maiden adalah sebuah opera dan “maidens” adalah pemeran utamanya yakni members of Iron Maiden. “Maidens” juga aku jadikan icon untuk dua vokalis handal Iron Maiden yaitu Bruce Dickinson dan Paul Di’Anno karena kompilasi ini didedikasikan untuk keduanya.

Demikian tulisanku kali ini yang back to my basic as “mr. compilation” dan masih abal-abal juga ^_^
Mohon dimaafkan atas kekurangan dalam penulisan dan semoga berkenan serta bisa meramaikan blog. Matursuwun sanget Mas G untuk waktu dan kesempatan yang diberikan serta untuk rekan-rekan yang sudi mampir membaca tulisan gemblung ini.

Up The Irons!
hippienov

26 Responses to “Kompilasi Iron Maiden: “Maidens of The Opera’”

  1. Gatot Widayanto Says:

    Mas Hippie The Compilation Master
    .. Thx atas kompilasinya.

    Gak sah kalau Rhime of The Ancient Mariner sama Flight of Icarus gak masuk ! Ha ha ha ha …. Wajib tuh. Juga Can I Play With Madness?

    IMHO lho …he he he ..m

  2. kukuh tawanggono Says:

    Mas Hippie sedulurku lanang…

    DUA RIBU JEMPOL….saya persembahkan pada njenengan(ini materi yg njenengan bicarakan tadi malam njih).Apresiasi saya untuk kesudian njenengan mengingatkan saya pada pioner aliran metal(he he he…dibutuhkan…tingkat tinggi njih).Tanpa munculnya band ini saya rasa ndak akan muncul Napalm Death,Slayer,Messiah,Hirax,SS,Zyclone,Sarcofago,dll.Dunia Musik metal amat berhutang budi pada band ini.
    KILLER seribu kali diputar saya malah minta sejuta kali lagi…he he he.Kapan njih ada lagi band yg ampuh seperti ini.

    • hippienov Says:

      Injih Mas Kukuh, baru semalem tak buat sambil nguantuk… beruntung pas sudah selesai beres-beres dan mau tidur nyonya tiba-tiba keluar kamar, jadi aman…kalo pas aku masih ngeburn bisa “multinational corporation” Napalm Death mas, hehehe…

      Waduh, dari nama-nama band yang njenengan sebut hanya ND dan Slayer yang aku tau, sisanya aku belum pernah denger, aku harus berguru karo njenengan, ilmu metalku kian hari kian redup nih…
      Suwun apresiasinya injih mas…

      • kukuh tawanggono Says:

        Mas Hippie jangan sampai meredup…jika meredup coba njenengan nyalakan dengan nomor-nomor dari The Dillinger Escape Plan.Saya yakin ketika njenengan dihajar oleh suara merdu dari olah vokal yg terberkahi….njenengan pasti bersinar terang layaknya mentari……Ha ha ha ha ha .
        Ngomong-ngomong jangan berguru sama saya mas,malah sebaliknya saya yg harus belajar pada njenengan.
        Lapor mas Hippie barusan saya mendapat info,malam ini ada yg memakai kaos Iron Maiden album A Matter of Life and Death…(Akibat membaca tulisan njenengan)…ha ha ha ha

        Mengerjakan tugas-tugas ditemani Jembres+Boby Cool diiringi The Dillinger Escape Plan album Miss Machine.

      • Budi Putra Says:

        Bicara Iron Maiden gak afdol tanpa Judas Priest

      • Gatot Widayanto Says:

        Kita tunggu ulasan JP dari mas Andria. Pesanku: Harus ada lagu Beyond The Realms of Death … Muwantab jaya kuwi!

        Sing lagu cintanya Prisoner of Your Eyes kuwi cocok nggo mas Kukuh lirik2an mbek Aubrey …jaman durung cubit2an mbiyen …

      • Gatot Widayanto Says:

        Ulasan Prisoner of Your Eyes …dedicayed to mas Kukuh …

        https://gwmusic.wordpress.com/2008/05/16/the-killing-riffs/

        Ini you tube nya:

      • Gatot Widayanto Says:

        Liriknya aja pas dengan perjumpaan main mata mas K dengan Nona A:

        When I saw your face
        I became a prisoner of your eyes
        And I would do just anything
        To stay and be with you.

        ahay ahay …uhu uhu …ahay ahay …. alay alay ….

      • Budi Putra Says:

        Hahahaha….JP= Judas Priest loh mas Kukuh bukan JP=Janis joPlin

      • kukuh tawanggono Says:

        Mas Gatot dalu punika(malam ini)njenengan njalu kulo lop-lopan(saya pol-polan)…ha ha ha ha ha ha

      • Gatot Widayanto Says:

        Tidak njalu kok … Memang demikian adanya ….faktanya ….

    • Gatot Widayanto Says:

      Dan Steve Harris adalah penggemar berat Jethro Tull … Tanpa Jethro Tull, Maiden gak ada … Tanpa Maiden Slayer gak ada ….

      NMS pol ….waton muni ….

      • hippienov Says:

        Setuju Mas G, semua saling terkait. Maiden memang beda musiknya, seperti ada unsur prog nya. Rupanya unsur prog nya dari Steve Harris yang fans Jethro Tull.
        Prog Rules… Metal Rules…

      • kukuh tawanggono Says:

        Ha ha ha ha ha…jangan lupakan Black Sabbath mas,tanpa ini Iron Maiden ndak pernah ada…juga Slayer….(Hore saya bisa ngeles dari bidikkan panah mas Gatot…he he he )

      • Budi Putra Says:

        ssssttt sama guru gak boleh ngeles…..

      • Gatot Widayanto Says:

        Slayer itu jaman saya muda sering dipake anak muda menirukan gaya Mick Jagger …. bacanya sleyer alias “syal” … di ubet2no nang gulu …

      • kukuh tawanggono Says:

        Mas Budi kaleyan mas Gatot mboten ngeles njih nyonyor(ndak menghindar ya babak belur)badan hamba…ha ha ha ha ha
        Njenengan niki njih aneh(ini njih aneh)mas Budi,memberi petunjuk sama adiknya tapi kok hasil akhirnya membuat badan saya babak belur..ha ha ha ha ha(rasa-rasanya ini njalu terselubung)

  3. hippienov Says:

    Pertama-tama. matursuwun sanget tulisanku sudah muncul di blog, ride the lightning kata Metallica, hehehe…

    Injih mas, aku sangat merasa bersalah dua lagu itu plus “alexander the great, heaven can wait, hallowed be thy name” gak masuk kompilasi ini. Namanya juga abal-abal mas, hahaha…

    Ceritanya gini mas, rime dan icarus sudah pasti akan aku sertakan, lah dalah setelah aku koprak-koprek file mp3 Maiden ku ternyata dua lagu ini gak ada, yang ada versi live nya dan aku kurang sreg karena kualitas suaranya buruk sekali. Apes 1x…

    Nah saat mau burn alexander the great eh taunya file nya gak komplit, lagunya putus di tengah jalan, sebel tenan mas… Apes 2x…

    Namun aku berharap suatu hari nanti bisa dapetin file mp3 Maiden yang ada rime, icarus dan alexander nya karena 3 lagu itu wajib dan aku mau buat vol. 2 kompilasi ini, tapi kalo gak dapet yah apes 3x d…

    Can I Play with Madness? sudah menanti untuk vol. 2, tinggal nyari mp3 rime, icarus & alexander nih Mas G.

    Suwun sanget ^_^

  4. andria h8 Says:

    yang saya perhatikan dari album Killers, saya tahunya jaman dulu cuma keluaran Hins Collection, banyak nomor instrumental wl pendek. saya tak tahu apakah tahun 80-an menyertakan nomor instrumental adalah suatu keharusan. Metallica di awal karir juga menyertakan nomor instrumental: Anasthesia, the Call of Ktulu, Orion & to Live is to Die.
    untuk album Killers saya suka lagu Prodigal Son.

    • kukuh tawanggono Says:

      Mas Andria amit sewu(permisi) Killer itu merupakan salah satu album yg memberikan pondasi pada perkembangan genre Metal,hingga bisa menjulang megah walau diatasnya selalu dinaungi awan hitam…he he he.
      Kalo menurut saya kok ndak mesti njih mas contohnya Messiah,Posessed,Nuclear Assoult,Overkill,dll, sepengetahuan saya di awal-awal album mereka ndak instrumentalan….

      • Gatot Widayanto Says:

        KC “21st Century of Schizoid Man” is the foundation of what so called metal … (jareku!)

      • kukuh tawanggono Says:

        Stepphen Wolf mas jangan sampai dilupakan…he he he

      • andria h8 Says:

        tapi bisa juga berarti mereka tak bisa membuat lagu instrumental yg bagus mas kukuh🙂

      • kukuh tawanggono Says:

        Oooooh belum tentu mas Andria,cuma band-band yg saya sebutkan tadi kan ndak takabur…..ha ha ha.Sssssssst ini cuma antara saya dan njenengan…kalo ada tiiiiiiiiiiiiiiit(sensor)dengan genre metal,jangan sampai ditiiiiiiiiiiiiiiit(sensor)di blog ini…ha ha ha ha ha ha ha ha

  5. hippienov Says:

    Betul Mas Andria, setidaknya ada 2 instrumentalia di album killers, the ides of march dan gengis khan. prodigal son nomor yang bagus mas, aku juga suka. lagu ini pernah jadi soundtrack film kalo gak salah. Suwun…

  6. tony j. lumbantobing Says:

    thanks Mr Gatot.

Leave a Reply

