Yes Tinggal Sejarah: Tanggapan terhadap Review “Heaven & Earth”

Herwinto

Miris saya membaca review album baru Yes Heaven & Earth di progarchives, hanya mendapat 2 bintang, turun satu bintang

image

dibanding Fly From Here…punah sudah impian dan harapan saya akan mendengarkan album yang bagus dari band ini, memang saya belum mendengarkan sendiri lagu lagunya, namun membaca reviewnya saja saya sudah lemes dan gak punya semangat lagi untuk mencobanya…terus terang saya memang fans berat band ini, sulit bagi saya menerima kenyataan ini….maafkan saya Mr Howe…mungkin saya bukan fans yang loyal lagi…namun loyal dan kesetiaan saya harus saya berikan karena apa lagi? bukankah karena karya karya emas yang selama ini saya kagumi….kadang saya juga merenung apakah saya terlalu egois?? sehingga memaksa maksa Yes untuk berkarya seperti tahun tahun keemasannya..bukankah mereka bukan lagi anak anak muda tahun 70 an, bukankah mereka telah mencurahkan segenap kekuatan fisik dan fikiran mereka untuk mentorehkan maha karya yang akan dikenang sepanjang jaman? bukankah mereka telah mempersembahkan Close To The Edge dan Gates Of Delirium yang tak tertandingi lagi….yah…akhirnya saya hanya bisa menghibur diri saya sendiri….mereka lebih tahu apa yang bisa mereka lakukan…mereka telah berupaya..mereka telah berusaha….berusaha memberikan yang bisa mereka kerjakan….walhasil semua terserah kepada yang menilai….satu yang membanggakan adalah cover album mereka setidaknya memberi warna progresif yang tulen…Yes tinggal sejarah…..jadi tidak perlu kita paksa untuk berkarya sesuai keinginan kita,….toh live live mereka juga mengusung nomor nomor lama mereka….bagi saya musik mereka telah reinkarnasi ke grup grup baru semacam The Flower Kings, Spock’s Beard, Transatlantic dan seterusnya…merekalah penerus estafetnya!!!

9 Responses to “Yes Tinggal Sejarah: Tanggapan terhadap Review “Heaven & Earth””

  1. Gatot Widayanto Says:

    Maaf bari sempet posting karena hari ini full silaturahim kondangan nikahan anak temen dan juga siang sampe sore ada halal bihalal. Pergi jam 8 pagi dan sampe rumah Maghrib. Edaaaan …!!

    Minta maaf juga buat Yes dan Koh Win karena saya hanya mampu memberi ponten cumak dua bintang yang artinya: hanya buat kolektor saja …
    Mungkin saya salah tapi kenyataannya saya sangat enggan nyetel album ini karena ndak nunjek blas …

  2. Wahyu Says:

    Bagi saya yes adalah jon anderson n wakeman..tanpa mereka bukan yes tapi asia feat chris squire n alan white..

    • Gatot Widayanto Says:

      Album terbaik Yes bagi saya: Tales from Topographic Ocean. Lagu terbaik: Gates of Delirium (tak ada Rick Wakeman).

      Machine Messiah, Tempus Fugit adalah tracks hebat (tak ada Jon Anderson)

      Powered by Telkomsel BlackBerry®

    • Koh Win Says:

      Juga Starship Trooper, I’ve Seen All Good People, Perpetual Change lagu dahzyat…(tanpa Rick Wakeman)

  3. hippienov Says:

    Aku sama sekali belum dengar seperti apa lagu-lagu di album ini dan aku percaya dengan apa yang dikatakan Mas G dan Koh Win bahwa album ini lebih “lembut” dibanding fly from here. Namun yang selama ini aku tanyakan dalam hati apakah album ini bahkan lebih “buruk” dari album open your eyes dulu? Jika aku diminta untuk menyebut album Yes yang paling aku gak suka maka nama open your eyes akan terucap dan aku khawatir jangan-jangan heaven & earth seperti open your eyes juga. Semoga jangan…aku masih menaruh sedikit harapan pada album ini, better than open your eyes will be nice…

  4. Koh Win Says:

    Mas kukuh berencana membuat tret tentang album album Yes yang kurang sukses….saat ini baru sibuk ngetik naskahnya…semoga segera keposting sore nanti……..ha ha ha…

  5. hippienov Says:

    Tenan mas? Wuih luar biasa nih… Aku tunggu penuh harap ^_^
    Mungkin seandainya suatu hari Yes dikarenakan kecewa pada diri mereka yang sudah gak bisa merilis album prog yang nunjek lagi akhirnya memutuskan untuk mencoba merilis album metal atau at least prog-metal, pastilah mas Kukuh dengan mudah melahapnya dan segera posting ^_^
    Beliau memang “dewa metal” sejati barengan Mas Andria… Luar biasa referensinya, aku salut dan harus belajar dari beliau-beliau soal metal…

    • Gatot Widayanto Says:

      Kita tunggu Madman menulis Yes … JRENG!

      Sebenernya Yes ini gak bagus di album terakhir mungkin dosa2 Chris Squaire juga:
      1.) Njothaki Jon + Rick
      2.) Nendang Benoit david

      Kuwalat yo …

Leave a Reply

