Camel “Moonmadness”

Hendrik Worotikan

moonmadness

Masih dengan formasi yang sama seperti pada tiga album sebelumnya, dan boleh dibilang sebagai formasi klasik band Camel, kali ini saya mencoba merangkai kata sembari menikmati gurihnya komposisi musik mereka dari album Moonmadness.

Album yang dirilis tahun 1976 ini merekam sebanyak tujuh lagu. Style musiknya pun masih sama tidak jauh beda dengan album-album mereka terdahulu, seperti ‘The Snow Goose’ atau juga ‘Mirage’, dimana elemen jazz yang dipadupadankan dengan musik rock masih sangat kental terasa.
Apalagi dibaluti dengan aransemen musik yang kadang kala secara drastis berubah dengan begitu cepat tanpa diduga.

Susunan lagu di album ‘Moonmadness’ ini diawali dengan ‘Aristillus’, satu komposisi yang membawa kita seolah-olah tengah berada didalam ruang angkasa.
Aroma space art rock lewat sentuhan tangan Bardens yang memainkan keyboard menghasilkan musik dengan nuansa elektronik, layaknya jika kita mendengarkan Vangelis, Tangerine Dream, dll.

Selesai dengan ‘Aristillus’ judul komposisi yang diambil dari nama seorang astronom asal Yunani, suguhan Camel selanjutnya adalah ‘Song Within A Song’.
OMG ! mendengar intro dari lagu ini terasa begitu indah. Rasanya tidak sanggup lagi saya meneruskan tulisan ini. Sadis yang cantik ! sampai sampai tiga kali saya harus mengangkat tone arm hanya untuk menikmati lagi dan lagi intro nya saja. Ya, hanya intronya…

Hal yang sama saya rasakan pula saat berkumandangnya ‘Air Born’. Whoa…inilah komposisi yang ciamik. Lagi-lagi dengan hanya mendengar intro lagu ini saya seperti terhipnotis… diam tanpa sanggup lagi berucap satu patah kata pun. 
Suara flute yang dimainkan Latimer mampu menyihir lagu ini menjadi begitu cantik, indah mempesona bagi siapa saja yang mendengarnya. Arrghh, membrebes gino vanelli jadinya. hihihi…

Komposisi cantik lainnya dan mungkin menjadi karya terbaik dari Bardens adalah ‘Spirit of The Water’. Lagu bertempo lambat dengan dentingan piano mampu memberikan rasa damai didalam hati.

Tidak saja lagu dengan tempo lambat dari Camel yang mampu membuat haru biru, sebagian komposisi Camel juga dimainkan dengan tempo yang up beat, seperti ‘Another Night’, ‘Chord Change’ dan ‘Lunar Sea’ yang terasa begitu gurih dan mantap.

Kematangan bermusik dari Latimer, Ward, Ferguson dan Bardens memang sangat piawai, usah diragukan lagi dan setiap komposisi yang dimainkan mereka mampu memberikan warna tersendiri hasil dari olahan berbagai macam elemen musik yang ada.
Jadi pantas saja kalau Camel ‘Moonmadness’ menjadi sebuah album yang sangat layak untuk dikoleksi. 
Terutama bagi yang mengaku penikmat musik progressive rock.

Tengkyu Mas G
Salam 

11 Responses to “Camel “Moonmadness””

  1. kukuh tawanggono Says:

    Mas Hendrik Worotikan sesepuh kulo

    Mas Hendrik………menyerang lagi ini….ayahab ilakes(bahaya sekali).Lha demam saya sudah mulai turun sejak tadi pagi,lha kok sekarang diserang sama PH sulum/mulus lagi.Waduuuuh mas naik lagi wis…..Sudah begitu Camel kagungane(milik)mas Hendrik ini rasa-rasanya complete Album njih,wuuuuih mas Hendrik koleksinya memang maut.Jarang mas orang mempunyai koleksi PH yg complete album,biasanya putus-putus.Apalagi ini band classic…..tambah jarang mas.

    • Gatot Widayanto Says:

      Koleksi mas Hendrik lengkap semua album. Gak tahu apa beliau jug punya PH Slayer …he he …

      Terima kasih mas Hendrik …. Kupas tuntas semua koleksi PH yang ribuan itu mas! Tuooobzzz!!

      • kukuh tawanggono Says:

        Aduuuuuuuuh mas Gatot,lha wong saya sudah minggir ketika ngertos njenengan bade mlampah(mengerti njenengan akan jalan)….kok njih kober-kobere njitak/njalu saya(kok yo masih sempat-sempatnya njitak/njalu saya)….ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha .Saya akui memang mas, Slayer(asyiiiiiiiiiiik sebentar lagi albumya mau keluar)kok njih belum punya PH yg versi complete album(ini sepengetahuan saya njih).Mungkin mereka paham mas,bahwa fans-fans seperti saya ini isoe mek tewur thok ae(bisanya hanya ruwet saja)…ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha

      • Hendrik Worotikan Says:

        Whoaa…sy belum sampai ke Slayer nih Mas G. Hihihi…msh demen sama yg seventies aja dulu.

        Slayer termasuk dalam jajaran band metal terbaik dunia. Meraih populer lewat album ‘Reign In Blood’ di tahun 1986.

        Nah, kalo Slayer ini jatahnya Mas Kukuh, Mas Andria dan Mas Hippie untuk ngebahasnya. Setuju nggak ?

    • Hendrik Worotikan Says:

      Mas Kukuh sedulurku yg baik,
      Semua ini tdk dimaksudkan untuk menyerang koq ( lha apanya yg mau diserang ? ), hanya sekadar berbagi cerita dan kebahagiaan di hobby yang sama-sama kita cintai. Musik.
      Tidak semua album Camel sy miliki dalam format vinyl. Hanya ada beberapa saja Mas.
      Semoga sekarang demamnya Mas Kukuh sedulurku sdh hilang.

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Kukuh kalau dikasih foto Vinyl pasti langsung meriang badannya ….sekalian geram kok Emperor belum keluarin vinyl juga …. Atau berharap ada yang posting Emperor rekaman Yess …

        * Kalau malming begini mas Kukuh takmau nila layar alias baca blog, namun fokus merajut masa depan melalui nilai muka intensif … Makanya komen ini akan dibaca Senin pagi …

      • kukuh tawanggono Says:

        Ha ha ha…mas Hendrik itu semua hanya apresiasi bentuk kekaguman saya pada koleksi njenengan yg begitu runut.Memang mas saya setiap melihat PH selalu:Demam,kesadaran tinggal 30-40 persen,meracau,lemes,gemetaran,terus layar yg menampakkan gambar PH saya elus-elus penuh perasaan.Saya sampai membuat sayembara tentang cara menyembuhkan penyakit ini….ha ha ha ha ha ha ha .Sampun dilebetaken manah njih mas,namung guyon(jangan dimasukkan hati njih mas,hanya bercanda)

      • kukuh tawanggono Says:

        Ha ha ha ha …mas Gatot lha kok njalu lagi…ha ha ha.Memang mas Emperor dereng medalaken(belum mengeluarkan) PH secara runut.Saya kok njih jadi curiga ini…mas Gatot kok pirso(tahu)tentang band-band ekstrim/kejam tersebut.Jangan-jangan njenengan diam-diam memantau keadaan dunia genre ini njih…he he he.
        Leres(benar) mas Gatot tadi malam saya roman dengan pak RW dan pak Lurah(mempersiapkan pergantian ketua RT dilingkungan saya).Mohon doa restunya njih,nanti malam saya mulai menjalankan amanah yg dipercayakan pada saya(sebagai panitia pemilihan ketua RT).Semoga dilingkungan saya dianugerahi pemimpin yg amanah……

      • andria h8 Says:

        mas kukuh, dulu anak buah saya di sidoarjo sdh jadi pak RT diusia 25 tahun. harusnya sampeyan juga masuk bursa jadi ketua RT🙂

      • kukuh tawanggono Says:

        Ha ha ha…tapi warga RT lain menghendakki posisi saya tetap seperti ini mas.Alasannya biar perhatian saya ndak untuk RT di wilayah saya saja….ha ha ha ha ha
        Disamping itu kalo saya jadi RT yg jadi bu RTnya siapa…masak Jembres yg jadi bu RT…ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha
        Saya ndak berani mas,menyandang jabatan itu.Terlalu banyak kelemahan didalam diri saya.
        Mas Andria lha kalo sekarang saya menjawab pertanyaan njenengan tadi malam…sama si A mas..he he he…kalo sama Ihsan saya jadwal besok saja ketika berangkat kerja.

        Sedang menunggui orang yg sedang berdandan ditemani blog ini yg nganena ati(membuat kangen hati)

  2. hippienov Says:

    Wuih album ini juga termasuk album Camel yang aku suka Mas Hendrik, lunar sea itu loh keren sekali… Namun kalo gak salah ini terakhir kali basist Doug Ferguson gabung dengan Camel, rupanya dia kurang sreg dengan arah musik Camel yang makin sering memasukkan unsur jazz (dan ini isunya adalah keinginan/ide Andy Ward). Doug sepertinya rocker sejati dan daripada gak nyaman dia memilih hengkang. Sepertinya setelah keluar dari Camel Doug benar-benar meninggalkan musik dan sekarang berprofesi sebagai kontraktor properti.
    Keren Mas Hendrik, long live Camel…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: