Camel “I Can See Your House From Here” dan “Pressure Points”

Gatot Widayanto

Menikmati musik memang bisa nyetrum kemana mana. Demikian halnya dengan tret ini yang merupakan spleteran dari tret mas Hendrik sebelumnya. Begitu baca tret mas Hendrik pikiran langsung melayang ke album lainnya. Makanya kemarin sore menjelang tidur sore saya pasang album I can See Your House From Here yang sekligus merupakan album perkenalan saya pertama kali dengan Camel. Itupun saya tahunya dari temen kuliah yang merekomendasikan album ini. Saya tak pikir panjang lagi karena dia penggemar Genesis. Saya masih ngat punya kaset ini pertama kali ya beli dari engkoh di Toko Bintang, Balubur, setelah teman saya mengatakan band ini nggajak. Namun ketika ada kabar kaset lisensi di 1988 saya beli lagi kaset ini. Makanya, kaset saya ini mulus pol ….Kalau dijual di FB pasti laku Rp. 75 ribu. Untungnya saya gak gila seperti yang suka nawarin di FB dengan harga gak rasional … Jadi, kaset super muluz kemlunyuz ini tetap saya pelihara dengan baik , kadang dielus elus … ha ha ha ha ….

Merindhink disco saya rasanya menikmati kaset ini begitu bebunyian kibor dan organ membahana dengan track Survival. Wah edaaan ….saya jadi remember yang not not terutama jaman kuliah tahun pertama ketika saya belum kenal Ian Arrliandy; ya sekitar 1979-1980 begitulah. Meski musiknya biasa saja, namun saya menyukai album ini. Naun memang ada lagu yang tak biasa saja yakni dua lagu dengan judul ada Rhayader nya. Nah ini baru manteb njegreg pol …. Kalau gak suka ya kebangetan karena memang selain komposisinya bagus, lagu ini juga ear candy alias renyah gumranyah membuat telinga terpuaskan mendengarkan lagunya …apalagi dari media kaset ….apalagi Yess! …dan apalagi nuansamatik kemlitik karena ingat belinya dulu di Balubur dan saya masih kemaruk pertama kali tinggal di kota di luar Madiun. Remember …saya tuh lahir ceprot di Madiun dan sampe usia SMA di Madiun terus …. Lulus SMS baru hijrah progiyah menuju Bandung ….. the land of progressive rock! Kaset ini saya nikmati side A dan B alias istilah kerennya “in its entirety” atau bahasa Inggrisnya “ngantek pok”.

image

image

Setelah puas dengan I Can See, malamnya saya nyetel album live Camel bertajuk Pressure Points. Wah …hebat nih album ….semangat mainnya dan nuansa musiknya lebih dinamis ketimbang versi studio. Dalam versi live ini banyak bebunyian kibor dari kibordis Kayak Ton Scherpenzeel dan tentu saja hunjaman gitar ala Latimer. Mengapa saya katakan ala Latimer? Karena gitaran dia itu tergolong unik meski orang bisa aja tercampur dengan gaya main David Gilmour. Menurut saya gitaran Latimer ini lebih raw dibandingkan Gilmour yang lebih mengutamakan “feel”. Keseluruhan lagu dalam album live ini dibawakan dengan apik oleh musisi2 bertalenta. Tak hanya musiknya yang bagus, ternyata audio quality nya juga ciamik. Meski cumak kaset, tadi malam saya geber nyetel kaset ini dengan volume setengah ampli biar puwas pol. Sayangnya kualitas audio di side B kurang bagus sehingga sulit digeber volumenya.

image

image

Overall …saya senang sekali bisa melakukan Camel Revisited (melok2 Steve Hackett yang bikin Genesis Revisited) karena dua album ini lumayan berpengaruh dalam kehidupan kemahasiswaan saya yang lebih banyak ngeprog ketimbang kuliah. Mana ada sih yang lebih indah di jaman remaja dari menikmati musik ngantek dobol? Kuliah gak terlalu penting …. Ngeprog jelas significantly important!

JRENG!

Salam,

G

14 Responses to “Camel “I Can See Your House From Here” dan “Pressure Points””

  1. hippienov Says:

    Injih nyetrum Mas G, sore-sore lagi ngantuk di kantor dan buka blog tercinta lah dalah ngeliat ada tret Camel “I can see your house from here”. wah langsung tak baca dan nyumbang komen.
    Jujur aku terlambat kenal album ini, baru beberapa bulan lalu atas kebaikan hati Mas Yuddi yang memberikan kopian file mp3 beberapa album Camel era 70an, ajib tenan ada moonmadness, snow goose, mirage, breathless dan tentunya album ini.
    Meski Camel di album ini musiknya gak segitu “galak” lagi seperti di mirage atau moonmadness tapi malahan album ini sekarang paling sering aku dengarkan, adem tentrem kalo denger album ini. Your love is stranger than mine dan remote romance adalah 2 lagu yang bisa dibilang my most favorite.
    Tuobz tenan Mas G…

    (Sayangnya album “pressure points” aku belum pernah dengar mas jadi ndak bisa komen, hehehe)

    • Gatot Widayanto Says:

      Iya mas Hippie … Album I Can See ini meski gak sangar namun kok bikin kangen terus ya? Padahal melodinya ya mehek2 aja … Namun kok rasanya kita lengket terus sama musiknya …. Makanya saya pengen banget mendengarkan album legendaris ini meski gak top banget album ini ….

      Menikmati Camel memang harus sabar … Gak bisa buru2 …seperti Pink Floyd juga kan kudu sabar … he he he …

  2. hippienov Says:

    Bikin kangen terus mas, kayaknya nempel n nyantol terus di kuping turun ke hati, hehehe… Mungkin ini kehebatan Andrew Latimer n friends bikin musik yang gak kriting tapi gak downgreat ngepop banget dan enak didenger.
    Sepertinya album top Camel terakhir di Moonmadness injih Mas G?

    Injih mas, harus sabar dan biarkan pelan-pelan musiknya merasuk sukma. Wah apalagi Pink Floyd mas, coba tengok “shine on you crazy diamond”, intronya aja puanjang dan mengalir datar kayak permukaan air di bak penampungan air tak beriak. Tapi abis itu muanteb tenan, hehehe…

  3. santo Says:

    saya juga kenal camel di album ini, cuma koreksi aja mas, untuk album ICYHFH itu cuma sampe remote romance, yang great marsh, rhyader itu di album snow goose, tampaknya yes enggak ngasih penjelasan, album snow goose termasuk konsep album tentang novel karya Paul Gallico yng berjudul sama The Snow Goose. juga

    • Gatot Widayanto Says:

      Suwun koreksinya mas Santo … He he he …Begitulah kaset jaman rekaman bajakan … ha ha ha ha … Siiip mas!

  4. Budi Putra Says:

    Saya blm sanggup ngomentarin Camel. Padahal dulu waktu sering main ke Yogya sempat ditawari mas Gunardi kaset ini. Hanya saja tampilan kaset yg mulus kelimis bikin ngiler, ler….mas Gatot pancen oye?

  5. kukuh tawanggono Says:

    Mas Gatot guru kulo

    Salah satu yg saya sukai kalo melihat kaset koleksi njenengan,kebanyakkan barangnya sulum-sulum(mulus-mulus)semua.Ndak ada yg mlenthes sekalipun,seakan-akan baru beli dari toko kaset.Padahal kalo dipikir-pikir itu sudah berapa tahun njih……….

    • Gatot Widayanto Says:

      Ha ha ha …injih mas Kukuh …sering dielus-elus ….koyok ngelus Jembres …wakakakakak ….
      Sayang saya ndak punya Emperor rekaman Yess …he he he …

      np. “Just The Same” Gentle Giant “free hand”

      • kukuh tawanggono Says:

        Ha ha ha ha …jangan sampai kenal sama Emperor mas.Tanya saja sama mas Andria/mas Hippie,bagaimana reputasi band ini….tewur lop-lopan(ruwet pol-polan)……ha ha ha ha

      • Gatot Widayanto Says:

        Ha ha ha … Gak lah mas … Musik prog aja belum semua tuntas. Ini banyak kiriman CD dari band2 prog yg minta direview … Cukup sampe di Kamelot aja kalau metal …

      • kukuh tawanggono Says:

        Mas Gatot kalo musik prog sekarang saya lagi menikmati Amon Duul 2-Phallus Dei.Saya tertarik pada band ini gara-gara judul albumnya yg kontroversial(silakan dimaknai,sedulur-sedulur yg hoby baca buku mitologi pasti mengerti apa itu Phalus Dei).Ternyata lha kok musiknya njih ampuh lho mas.

  6. Rizki Says:

    Nyetrum juga, saya suka dg Camel “I can see …”, musiknya keren dan sy suka sekali judul dan cover-nya.

    • Gatot Widayanto Says:

      Eh mas Rizki … Baru aja sekitar 30 menit lalu saya lewat didepan rumah mas Rizki dalam perjalanan pulang gowes dari rumah ibu saya … Seharian tadi kerja di rumah ibu.

      Covernya memang keren …sekaligus terkait dengan judul albumnya …

  7. apec Says:

    Om G, I Can see… merupakan kaset Camel pertama yg saya miliki..bukan karena Camel-nya, tp karena Yess nya..dan saat nyetel pertama kali, saya kok gak suka, alhasil kasetnya saya tukarkan dengan kaset lain, kalo gak salah barter dengan Steve Howe album…Namun lama-lama menyesal, untung penyesalan itu akhirnya berbayar dengan mendapatkan kembali kaset tsb seiring dgn melengkapi album-album Camel..Dan saat ini album Camel sdh dapat banyak, karena dapat memiliki versi CD juga..matursuwun Om G atas kebaikannya, he..he

Leave a Reply

