Brosur Billboard Charts dari toko kaset Kotamas Yogya

Andria Sonhedi

image

Jaman kaset non royalty para produsen kaset punya cara mempromosikan kaset-kasetnya. Ada yang membuat iklan di majalah hiburan film & musik seperti Vista atau di majalah remaja Hai. Ada lagi yang mencetak brosur bulanan untuk memampangkan produk2 baru mereka serta tangga lagu/charts barat yang tentu saja dapat didengar lagu-lagunya lewat kaset2 produksi mereka juga.
Saya ingat kl Team Record paling lux brosurnya, full color dgn kertas glosy agak tebal. Aquarius memakai kertas biasa dengan warna biru. Billboard juga dgn dominasi merah muda. saya pernah dapat dari Atlantic yg luc (cover muka Madonna yg bawa penghargaan AMA) cuma sayangnya terbit sekali. AM record malah hanya gambar2 kaset tanpa ada resensinya, begitu juga Hins Collection.
Biasanya brosur-brosur tadi didistribusikan ke toko-toko kaset & gratis utk yang mau ambil. Sayangnya brosur2 saya (lumayan banyak jenisnya) hilang entah ke mana saat gempa Yogya, maklum barangnya saya tinggal di Yogya karena saya pikir lebih aman. Saya cuma nemu satu dari Billboard, itupun gara-gara saya pakai nyampuli buku tulis SMA saya🙂
Kl yg brosur Billboard ini juga menuliskan radio-radio mana yang menyiarkan Billboard Top 50. Di Yogya saya selalu mendengarkan tiap hari Sabtu sore, apalagi saat itu saya sdg menunggu grup kesayangan saya Queen menembus peringkat #1 di tangga lagu.
Brosur yg saya tampilkan ini saya daptkan di toko kaset legendaris Kotamas Yogya, stikernya ada di pojok atas. Kotamas memakai logo Hins Collection mungkin karena di sana terbanyak menjual kaset terbitan Hins terutama yang Rockshots.


evil has no boundaries

2 Responses to “Brosur Billboard Charts dari toko kaset Kotamas Yogya”

  1. kukuh tawanggono Says:

    Mas Andria sedulurku lanang

    Mas Andria…kolektor sejati njenengan mas…he he he.Lha wong saya ini sering ke Lasido,Yukawi(bahkan sampai toko kaset ini tutup),Kawan…kok dulu ndak kepikiran untuk mengambil memorabilia toko kaset seperti njenengan mas.Perhatian saya dulu selalu terpaku pada berderet-deret kaset yg bagus sementara uang di dompet pas-pasan.Kalo istilah Inggrisnya Ati Karep Banda Cupet(hati kepingin,harta pas-pasan)…ha ha ha ha ha

  2. andria h8 Says:

    awalnya cuma untuk nyari kaset2 yang akan saya beli dari brosur itu sih mas, tdk ngira bakal tersimpan lama.

Leave a Reply

