Rock Progressive Italiano: Metamoforsi

Rully Resa

image

Sebagai pembuka saya ingin mengakui bahwa sudah jelas tulisan ini timbul akibat terpancing 2 tulisan dari mas Hippie tentang Italian Prog. Kemudian dari situ, saya mencoba lagi buka (di komputer) koleksi mp3 Italian prog yang beberapa waktu lalu secara sporadis saya download dari internet. Ternyata ada banyak grup yang belum sempat saya dengarkan dengan serius. Kemudian Saya teringat sering ngobrol dengan Om Yuddi mengenai skena Italian Prog. Ada yang menarik, banyak grup rock Progressif dari Itali yang walaupun pernah menelurkan album dahsyat tetapi karirnya pendek. Baru satu atau dua album langsung bubar jalan! Tetapi, menurut saya pribadi, disitu letak uniknya! saya bisa mengetahui grup yang sama sekali awam namanya tetapi ternyata karyanya luarr biasaa dahsyat. Salah satunya grup ini: Metamoforsi.

Saya berkenalan dengan Metamoforsi lewat Album ‘Inferno’. Hanya sedikit informasi yang dapat diperoleh dari Progarchives dan wikipedia mengenai grup ini karena memang sepanjang karirnya mereka hanya punya 3 studio album. kalau dibandingkan dengan grup besar Itali lainnya seperti Le Orme, PFM, New Trolls, dll jelas grup ini jauh tertinggal. Tetapi album ‘Inferno’ jangan dipandang sebelah mata! Album ini dahsyat ruaarrr biasa! walaupun merasa terasing dengan bahasa itali yang digunakan sebagai tetapi lirik namun musik pengiringnya mulai dari permainan bass, drum kemudian suara moog, harpsichord, dan Hammond! melumatkan itu semua. Satu lagi yang menarik (secara subjektif) dari Ranah rock progressive italia adalah karakteristik musiknya yang tidak jauh-jauh dari rasa ‘Symphonic Prog’, sub-genre Rock Progressif yang paling saya suka! whehehhe.

Album ‘Inferno’ ternyata diadaptasi dari ‘Divina Commedia (Komedi Ketuhanan)’ karya Dante Alighieri yang dinilai karya penting dalam dunia sastra Itali (namun informasi ini tentu saja mubazir, karena saya tidak mengerti bahasa itali). Album ini dimulai dengan suara gong sebagai penanda awal yang cukup berhasil membuat atmosfir mendadak hening, kelam. Lalu ada  bebunyian church organ dan kemudian disusul oleh dentingan harpsichord. Dari situ lirik bahasa itali mulai muncul. Disini,
ketika pertama kali mendengar, sebenernya saya sedikit merasa kecewa. Karena yang saya harapkan album ini tidak ada vokalnya. Akan tetapi setelah didengarkan beberapa kali, justru vokal lirik itali tersebut membuat kaya bebunyian instrumen lainnya. pengertian ini juga diambil dari obrolan dengan Om G yang mengatakan bahwa jika lirik dalam musik prog (bahasa selain inggris, ataupun Growl (baca: muntah kolak)) tidak dimengerti anggap saja sebagai instrumen. Dengan pendalaman pengertian seperti itu membuat saya bisa menikmati album ini dengan sepenuh hati. Dan ternyata terbukti 12 lagu dalam Inferno bisa dinikmati tanpa harus terlalu ‘peduli’ dengan bahasanya.

Untuk mendengarkan full Album: http://www.youtube.com/watch?v=jljJ1m0CXAs

Album ini diberbagai review dibanding-bandingkan dengan karya ELP karena saya mengerti bahwa ketika itu symphonic prog berkiblat tidak jauh dari ELP, Yes atau Pink Floyd. Selain bahasanya yang unik, saya percaya symphonic prog dari itali secara tatanan dan karakter musik punya citra rasa sendiri. bravo italiano!

5 Responses to “Rock Progressive Italiano: Metamoforsi”

  1. Gatot Widayanto Says:

    Maaf telat postingnya soalnya tadi ada acara halal bihalal di RT saya …. Maaf ye ….

  2. hippienov Says:

    Tuobz Bro Rully, Metamorfosi juga masuk jajaran top elite progrock Italia, paling tidak ini menurutku. Belum lama ini aku tanyakan album ini ke teman-teman di Metal Bleeding Corp tapi sayang mereka belum punya, kalo ada pasti sudah aku order.
    Kebanyakan group prog Italia memang punya kecenderungan yang sama bro, berumur pendek tapi biasanya walau cuma sebentar tapi mereka bisa rilis album yang dahsyat.

    O ya, aku tunggu kiriman file mp3 Italian prog nya nih, hahaha…

  3. hippienov Says:

    Siip Bro Rully, segera aku email ke address bro. Wah nuansamatik tenan nin… Thanks bro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: