Music For The Uncommon Men Series: SOLARIS “Marsbeli Kronikak”

Hippienov

image

Edisi kedua dari serial “music for the uncommon men” aku coba sedikit sharing tentang band yang sebelumnya aku gak pernah tahu namanya serta musiknya, dan inipun hasil rekomendasi dari temanku di Metal Bleeding Corp/Rockendays.

Solaris adalah band symphonic prog dari Hongaria yang didirikan tahun 1980 dan Marsbeli Kronikak (yang dalam boso Jowone “The Martian Chronicles”) merupakan album full pertama mereka. Musik Solaris digambarkan sebagai musik prog yang melodius dan seringkali mengangkat tema yang berakar dari Eropa Timur. Sedangkan album yang aku punya kopiannya ini bercerita tentang “alien” dari planet Mars.

Sekilas musik Soalris (di album ini) punya kemiripan dengan musik Eloy dan temanya pun sama-sama tentang “outer space”, Eloy dengan “planets” sedangkan Solaris dengan “masbeli kronikak”. Namun yang membuat album Solaris ini seru adalah mereka selalu menggunakan flute di setiap lagunya yang pada sering kesempatan seperti saling “bersahutan” antara flute-keyboards/synth-guitar. Seru banget…
Solaris sepertinya banyak menggunakan synthesizer dan efek kibor pada setiap komposisi yang mereka buat namun tetap tidak ketinggalan tetap memasukkan piano dan organ walau yang dominan adalah sound synth nya. Semua track di album ini instrumental kecuali di track pertama ada sepenggal narasi diucapkan dalam bahasa Hongaria yang diberi efek suara jadi seperti suara mahluk luar angkasa.

Tadinya aku pikir akan bosan mendengarkan album ini namun ternyata album ini unik dan menarik serta tidak membosankan, terlebih mereka selalu menyajikan “duel” flute-synth-guitar yang menjadi daya tarik bagiku. Mendengarkan Solaris jadi mengingatkanku pada album Ayreon “the universal migrator I & II” karena faktor synth nya itu, dan jika aku bandingkan dengan album Mike Oldfield “Tubular Bells” album ini jauh lebih menarik untuk dinikmati dan tentu saja dikoleksi.

Final conclusion: highly recommended…

Track Listing nya sebagai berikut:
1. Marsbeli kronikak I (the martian chronicles I).
2. Marsbeli kronikak II – III.
3. Marsbeli kronikak IV – VI.
4. M’ars poetica.
5. Ha felszall a kod (if the fog ascends).
6. Apokalipszis (apocalypse).
7. E-moll elojatek (prelude in E-minor).
8. Legyozhetetlen (undefeatable).
9. Solaris.
10. Orchideak bolygoja (the planet of orchids).
11. A sarga kor (the yellow circle).

Musicians:
1. Istvan Czigman / guitar-synth-keys effects-percussion.
2. Robert Erdesz / piano-organ-synth-keys effects.
3. Laszlo Gomor / drums-percussion-synth.
4. Attila Kollar / flute-recorder-synth-keys effects-percussion-voice.
5. Tamas Pocs / bass.

Demikian tulisan abal-abalku yang singkat pula ini, semoga berkenan dan bisa turut meramaikan blog gemblung tercinta. As always matursuwun sangat untuk Mas G atas waktu serta kesempatan yang diberikan dan tentunya untuk rekan-rekan yang sudi mampir membaca tulisan gemblung dari seorang yang mengaku-ngaku perogger gemblung.
Happy wonderful and progressisve weekend, comrades…

Salam Progrock Gemblunger,
hippienov

10 Responses to “Music For The Uncommon Men Series: SOLARIS “Marsbeli Kronikak””

  1. Budi Putra Says:

    Mas Hippie luar biasa….dulu Italia yg kt tau punyanya Bulldozer, Necrodeth aja. Mudah2an dg ulasan ini memancing mas Andria dengan metal Italia nya…..yeah!

  2. hippienov Says:

    Betul Mas Budi, dulu aku juga taunya begitu tapi ternyata Italia pun gudangnya progrock. Khusus Solaris, mereka dari Hongaria. Ini pertama kali aku tau ada band prog dari ex-negara komunis ini. Moga-moga Mas Andria menulis serial tentang metal Italia biar makin semarak blog gemblung kita ini ya mas… Suwun…

  3. Gatot Widayanto Says:

    Saya curiga nih …jangan2 mas Cosmic ini ya mas Hippie …. ha ha ha ha …

  4. Budi Putra Says:

    Kalo dr alur tulisannya sepertinya mendekati mas Gatot….detail tp enak dibaca…hehehe.

  5. hippienov Says:

    Hahaha.. bukan aku kok.. Pendalaman materi Mas Cosmic jauh di atasku. Aku masih amatir😀

    • Gatot Widayanto Says:

      Kalau pake naa Hippienov sengaja bahasannya dibuat lain …. Tapi kalau John Zorn ….keliar semua taring dan gerahamnya ….ha ha ha ….

  6. hippienov Says:

    Hahaha..iso wae Mas G😀

  7. andria h8 Says:

    Pak budi & pak hippie kebetulan Solaris ini saya sdh agak lama download mp3-nya wl sekarang cuma di hard disc aja🙂
    saya tahunya dari ulasan ttg prog rock yg bagus tapi tak terkenal di web rateyourmusic. ada juga grup bernama Hyronomeus Bosch dll.
    Konon kata pereview di website tadi dalam 1 bulan bermunculan ratusan grup prog/power/gothic/symphonic metal di Italia. makanya musik2 mereka jadi hampir mirip. saya akhirnya berhenti mendownload yg keluaran Italia kecuali Rhapsody/Rhapsody of Fire, Labyrinth atau grup lama yg sdh saya kenal.
    Dari banyak grup rock/metal berbahasa non inggris yg pernah saya dengar entah kenapa grup yang berbahasa Spanyol (dan dari Spanyol juga) yang tak bisa saya nikmati musiknya.

  8. hippienov Says:

    Wuih Mas Andria top nich, boleh di-sharing file mp3 nya mas, menarik buanget😀
    Aku lagi suka nyari band prog yang sebenarnya keren tapi underrated.
    O ya, sedikit ralat aja Solaris bukan dari italia mas, mereka dari eropa timur, Hongaria tepatnya. Suwun

  9. andria h8 Says:

    Itu saya mengomentari ini: “Mudah2an dg ulasan ini memancing mas Andria dengan metal Italia nya” 🙂
    Solaris mmg dari Hongaria, lalu hieronymus bosch adalah technical death metal dari rusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: