Music For The Uncommon Men Series: New Trolls “Concerto Grosso”

Hippienov

image

Rencananya ini adalah bagian pertama dari beberapa album band progrock yang akan aku coba review sedikit, dan kebanyakan adalah Italian Prog.
Akhir-akhir ini gara-gara “komporan” temen di Metal Bleeding Corp/Rockendays aku jadi sering menyimak band-band progrock Italia dan makin rajin pesan kopian cd nya dari beliau. Salah satu album yang dirokemendasikan adalah “Concerto Grosso Per I New Trolls” yang dirilis tahun 1971 oleh New Trolls.
New Trolls adalah band dari Genoa, Italia yang dibentuk tahun 1967. Sempat bubar namun kemudian reuni dan aktif sampai sekarang. Album Corcerto Grosso merupakan album yang jadi trademark musik New Trolls dan disebut sebagai salah satu album progrock terbaik sepanjang masa.

Album Concerto Grosso menggabungkan unsur rock, folk, sedikit blues dan tentu saja klasik secara apik, pas dan saling mengisi. Beberapa kali aku temukan pada album atau lagu yang menggunakan strings section/orkestra adalah bagian orkestranya hanya dijadikan “additional” sebagai pemanis saja tanpa peran yang terlalu berarti. Atau malah kebalikannya, unsur strings/orkestra menjadi dominan sehingga yang lainnya seperti tenggelam. Ambil contoh, aku sampai sekarang masih merasa dan percaya kalau lagu Pirates nya E.L.P akan lebih terkesan garang jika tanpa orkestra, dan bagian orkestra nya diisi oleh permainan kibor Emerson.

Tapi pada album New Trolls ini berbeda, musik klasik di album ini yang diaransir oleh Luis Enriquez Bacalov bentul-betul pas bersanding dengan musik rock New Trolls. Begitu terpananya aku mendengarkan album ini sampai aku berkirim sms ke Mas G untuk sharing. Buat rekan-rekan yang mungkin belum sempat mengenal New Trolls aku sarankan untuk memulainya dengan mendengarkan album dahsyat ini, Concerto Grosso No. 1.
Di kopian cd album ini ternyata gabungan 2 album sekaligus yaitu Concerto Grosso No. 1 dan Concerto Grosso No. 2

Concerto Grosso No. 2 dirilis tahun 1976 dengan maksud untuk menyamai kedahsyatan album Concerto Grosso No. 1 tahun 1971, namun sayang yang aku rasakan di album ini musik New Trolls sedikit terasa nuansa pop nya. Di album ini New Trolls meng-cover lagu “let it be me” Everly Brothers yang sedikit dirombak agar lebih terasa ngeprog.

Daftar lagunya sebagai berikut:

CONCERTO GROSSO NO. 1.
1. Tempo Allegro.
2. Tempo Adagio (shadows).
3. Tempo Cadenza – Andante Con Moto.
4. Tempo Shadows (per Jimi Hendrix).
5. Nella Stanza Vuota, improvvisazioni dei New Trolls registrate in diretta.

CONCERTO GROSSO NO. 2.
6. Tempo Vivace.
7. Tempo Andante (most dear lady).
8. Tempo Moderato (fare you well dove).
9. Quiet Seas.
10. Vent’anni.
11. Bella Come Mai.
12. Let It Be Me.
13. Le Roi Soleil.

Final conclusion: this cd is highly recommended for you.

Matursuwun sanget untuk Mas G atas waktu dan kesempatan yang diberikan serta untuk rekan-rekan yang sudi mampir membaca tulisan gemblung ini. Mohon maafatas kekurangan dan keterbatasan yang ada.

Salam Nge-PROG Gemblunger,
hippienov

 

12 Responses to “Music For The Uncommon Men Series: New Trolls “Concerto Grosso””

  1. hippienov Says:

    Matursuwun sanget Mas G tulisanku ini sudah muncul di blog, so lightning fast…
    Suwun Mas G… happy weekend…

  2. Gatot Widayanto Says:

    Tulisan mas Hippie ini saya posting di atas metro mini S 69, Ciledug – Blok M saat tadi saya menuju Jumatan di seputar gedung PLN; ada janjian keteu temen setelah Jumatan.
    Sekarang saya komen di Corelli … ha ha ha ….
    Sayang nih mesin kopi nya Corelli rusak … Jadi gak bisa ngopi nih …

  3. Gatot Widayanto Says:

    NEW TROLLS ini memang musiknya dahzyat. saya sudah mendengarkan beberapa kali dan keblinger. Koh Win dilarang mendengarkan …biar fokus dulu di TFK ….gak usah dirubah fokusnya … IQ aja belum rampung udah pindah TFK ….! ha ha ha ha ….

    Saya juga nonton konsernya di Youtube, durasi dua jam lebih. Edan! Keren lah pokoke …

    Nah …kalau ada kasetnya, boleh nih New Trolls …. ora diuntal dewe …. Apalagi rekaman Yess …. Tapi ya jangan lebih besar dari rp. 25 ribu. Youtube banyak mas … Maaf ….

    MUSIC DOES NOT NECESSARILY REQUIRE REAL RECORDS!
    YOUTUBE RULESZ!

    (mas DananG …tolong sampaikan ke lapakers di Blok M Square … ha ha ha ha ha ….)

  4. hippienov Says:

    Corelli bisa dibilang coffee shop yang ngeprog karena kualitas dagangannya gak kalah dengan gerai-gerai kopi top lainnya tapi harga jualnya bersahabat. Malah sekarang Corelli sudah jadi markas blog music for life😀

    • Gatot Widayanto Says:

      Tak hanya kita lho mas … Indonesia Maharddika juga menggunakan Corelli saat listening session di ramadhan kemarin …

  5. hippienov Says:

    Sepertinya Koh Win sudah lebih dulu disuplai mp3 italian prog mas oleh Mas Yuddi tapi mungkin beliau masih konsentrasi ke Iq dan TFK jadi new trolls di-skip dulu😀
    Koh Win sekalian Kaipa dibahas juga ya.. Aku gak banyak tau band ini, cuma taunya Ronnie Stolt disitu sebelum TFK. Suwun mas

  6. hippienov Says:

    Concerto grosso no. 1 memang album paling dahsyat new troll mas. Ini album gabungan musik “klasik-rock” paling gila yang pernah aku dengar.
    Sayang kasetnya gak ada kayaknya. Kenapa dulu gak ada yang mau rilis album progrock Italia ya Mas G? Padahal okeh sing apik injih?

  7. hippienov Says:

    Nama Corelli makin top dan familiar di kalangan masyarakat musik injih Mas G? Tuobz tenan..
    Mungkin saja karena seringnya nama Corelli disebut di blog membuat orang-orang penasaran dan begitu liat tempatnya langsung tertarik. Tempatnya sederhana gak neko-neko, santai gak harus selalu pakai setelan jas-dasi, friendly karena gak tertutup kaca/tembok jadi bisa dengar musik dari kios-kios musik sekitar dan berinteraksi langsung dengan orang yang lalu lalang plus pedagang sekeliling.
    Wis pokoke 2 jempol buat Corelli😀

  8. andria h8 Says:

    saya cobanya nanti pak hippie (nunggu senin), terutama yg album #1

  9. hippienov Says:

    Monggo Mas Andria dinikmati concerto grosso no. 1, semoga tersengat juga seperti Mas G dan aku, he3..

  10. andria h8 Says:

    sdh download album #1, kl utk genre metal biasa digolongkan yang doom metal karena cenderung pelan tapi berat musiknya🙂

  11. hippienov Says:

    Hahaha… Mas Andria memang truly god of metal sama seperti “kakakku” Mas Kukuh ^_^
    Kalo pada “dinasti” metal aku cenderung suka old thrash metal, speed metal dan grindcore mas yang temponya relatif cepat. Makanya saat beli kaset Sepultura “Chaos A.D” aku kecewa karena musiknya gak seperti album-album sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: