Dahzyatnya The Flower Kings (10 of 15)

Herwinto

Alive On Planet Earth…..Album Live Super Dahzyat !!

image

Bila Yes memiliki Yessongs, dan Genesis memiliki Seconds Out maka The Flower Kings memiliki yang setara dengan keduanya yaitu album live Alive On Planet Earth, bahkan secara radikal saya berani mengatakan melampaui keduanya..(mohon saya dimaafkan bila ada yang tidak sepakat dengan saya).

Disk 1 adalah live di USA 1998, dibuka dengan nomor klasik TFK There Is More To This World yang merupakan lagu kesukaan saya mengalir dengan indah, yang mengejutkan saya adalah bahwa pada disk 1 ini pemain kibor nya bukan Tomas Bodin tetapi Robert Engstrand dan ini saya ketahui lewat membaca bookletnya bukan dari soundnya, sehingga kesimpulan saya si Robert ini setara kemampuannya dengan Tomas karena tidak nampak perubahan soundnya. Lagu kedua adalah nomor keren Church of Your Heart yang menunjukkan kehebatan kombinasi kibor dan sentuhan gitar Stolt, nomor ini memiliki keindahan yang menohok di pertengahan lagu ketika suara kibor mengalun di tengah keheningan,….oh Man!!! saya benar benar menyukai bagian ini…sungguh!!

Lagu berikutnya semakin membuat dada saya sesak, sebab mengalir dengan indah The Judas Kiss, Whoaaaaaa!!! Nggeblak Man!!! inilah lagu yang sanggup mengaduk aduk emosi saya hingga nyaris pingsan menderita kepuasan!!…begitu indah melodinya namun terkesan garang dan megah…di versi live ini dibuat improvisasi menjadi lebih panjang sekitar dua kali waktu studionya…dan improvisasinya sungguh menakjubkan…mengandung muatan muatan jazz serta blues yang sangat indah. Disusul nomor yang lebih kalem Nothing New Under The Sun yang tetap terdengar megah sebagai jeda untuk masuk nomor klasik karya Genesis The Lamb Lies Down On Broadway yang dibawakan dengan cukup baik.

Disk 2 adalah live di Jepang 1999, dibuka dengan nomor favorit saya Big Puzzle, lagu yang cukup menjadi bukti betapa saktinya The Flower Kings yang mampu membuat saya ketika memutar lagu ini melupakan sejenak sebuah kenyataan bahwa pernah ada band yang hebat bernama Yes dan Genesis…sungguh!!! Lagu yang berdurasi diatas 18 menit ini tak akan bosan untuk diulang ulang karena kita seperti menjelajah sebuah perjalanan yang sarat dengan melodi melodi yang penuh warna warni indah. Disk 2 ini menyertakan nomor nomor dari proyek solo Stolt pada album The Flower King (tanpa S) yang merupakan cikal bakal band The Flower Kings, yaitu Sounds Of Violence, Three Stories yang keduanya cukup keren juga  Nomor selanjutnya adalah lagu klasik TFK In The Eyes Of The World yang sangat saya sukai karena penuh dengan nuansa 70 an, disusul nomor The Flower King yang amat nunjek melodinya dan menjadi gerbang pembuka kecintaan saya pada band ini, selanjutnya  ditutup dengan nomor sakti Stardust We Are part 3 yang membuat saya selalu ikut teriak teriak kalau memutar lagu ini…he he he….Luar biasa!!! sebuah sajian album live yang sarat dengan lagu lagu mematikan khas The Flower Kings….maka album ini wajib dan harus didengarkan oleh mereka yang mengaku sebagai penegak panji panji Progresif Rock!!!

11 Responses to “Dahzyatnya The Flower Kings (10 of 15)”

  1. Gatot Widayanto Says:

    Whoooaaa …. Selalu mantab ulasan Koh Win …. Mari kita putar The Judas Kiss ….

  2. Koh Win Says:

    Trimakasih sudah diposting mas….tadi malam dah ngantuk banget…

  3. andria h8 Says:

    Dulu di lapak mas Gunadi Bringharjo pernah ada cd ini pak Win, namun krn saya blm pernah dengar nama the Flower Kings saat itu maka saya tak membelinya. Sayang sekali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: