Neoprog dan Satellite

Rully Resa

 

Kemarin sewaktu prog ring di Cafe Corelli blok M Square sempet ngobrol banyak dengan Om G dan yang lainnya. Ceritanya kita asyik membahas kegemaran saya yg belakangan ini sedang khusyuk “ngulik” neo prog. Jujur saja neo prog jarang saya lirik. Kalau kata Mas Qodri saya sedang mengejar ketinggalan krn kemarin2  sibuk dengernya yg jadul2. heheh.  Kalo bagi saya pribadi obrolan begini bukan sekedar bicang2 biasa tp ini obrolan sesi curhat yang penting! Seperti lagi konsultasi dengan para ahli. Jadinya setiap masukan saya anggap penting juga. Om G kasih saran utk dengerin album IQ yg Ever lalu dengarkan baik2 lagu futher away, yang ternyata setelah diputar berulang kali, benar-benar dahsyat.Sebenernya kenapa saya belakangan baru kepincut dengan neo prog itu karena sedang gemar-gemarnya memutar album-album dari 3 grup ini: the Flowers King, IQ dan Satellite. Yang dua didepan sudah sering dibahas dalam blog gemblunk ini, tapi ternyata Satellite kurang populer disini. Saya ambil kesimpulan seperti itu karena nyatanya kemarin saya sudah coba tanya pada Om G, Om Danang, mas Qodri ttg grup tsb tapi tdk ada yg familiar dgn Satellite. Wah, sayang sekali kalau grup canggih spt ini tdk populer. Jadi saya mau coba cerita sedikit ya.Saya berkenalan dengan Satellite melalui Album “A Street between sunrise and sunset” dan setelah 2-3 kali dengar langsung jatuh hati pada album tsb. Saya memberikan apresiasi yg sebesar-besarnya terhadap pemukul drumnya yang ternyata selain drummer beliau juga penulis lirik dan komposer, Wojtek Szadkowski (info dari prog archive). Walaupun terkadang pakai drum mesin tapi di beberapa komposisi Wojtek menyuguhkan isi-isian yg top blas! Bisa langsung dirasakan pada lagu pembuka “the Evening Wind”. Bersama dengan gemuruh suara keyboard, gemilitik permainan tom-tom dan gebukan snare begitu padu menghadirkan simponi yg sangat indah utk dinikmati.

Ternyata, apresiasi juga harus diberikan terhadap Krzyek Palczewski, pemain keyboard grup ini. Selain didukung oleh penggebuk drum yg mumpuni Satellite jg punya pemain keyboard yg mantap! Silahkan menikmati lagu: “On the Run” sebagai pembuktiannya. Terasa sekali kemegahan yg hendak dibentuk, membuat kita sebagai pendengar merasa kecil dikelilingi bebunyi2an besar dan megah.

 

Satellite merupakan grup neo prog yang berasal dari polandia yang ternyata adalah ‘kelanjutan’ dari grup neo prog Collage. Di prog archive 4 album yg dihasilkan Satellite rata2mendapat 4 bintang. Mungkin bisa salah satu tolak ukur akan karya-karya gemilangnya. Alhamdullilah tambah lagi perbendaharaan saya ttg grup prog yg dari polland selain, Abraxas, Riverside, Quidam, dll.Seperti yg kemarin sempat disinggung oleh obrolan ketika Prog Ring bahwa tidak ada habisnya jika kita mendengarkan musik, selalu ada saja yang ‘baru’ sedangkan yang lama saja belum lagi khatam di kulik. Saya setuju dengan ungkapan: “makin kita tahu sesuatu, sesungguhnya makin kita tidak tahu!” (karena saat kita tau hal baru tentu saja hal tersebut membuka dunia baru yang masih tersimpan bnyak hal yang kita tdk tahu, yang siap utk ditelusuri kembali. Tdk ada habisnya)Salam

 

15 Responses to “Neoprog dan Satellite”

  1. hippienov Says:

    Aku juga belum pernah tau band ini. Info yang sangat bermanfaat dan keren pol bro. Thx ya🙂
    Untuk Iq, mereka sangat disiplin nyaris gak pernah pergi jauh dari musik prog, paling hanya di nomzano dan are you sitting comfortably yang sedikit “lari” tapi di album ever dan seterusnya mereka konstan gak pernah kehabisan ide dan energy main neo prog. Mungkin boleh ditambah denger album “dark matter” juga bro. Thx

    • Rully Says:

      Wah trims informasinya Mas, wuah utk Dark Matter itu adalah album yg bikin saya jatuh hati terhadap IQ. Hhehee. Mas hippie saya ada komen di LapSing. Mohon dicek. Hehehe

  2. hippienov Says:

    O ya kelupaan, album tales from the lush attick juga wajib dengar hukumnya bro. Dahsyat banget album ini, begitu suka dijamin bakal rindu terus mau spin lagi dan lagi😀

  3. Koh Win Says:

    Bro Rully inilah yang membuat saya merasa ketakutan untuk menengok grup grup prog era kini….lhah saya punya 12 album The Flower Kings itu kayak gak habis habis saya telan….1 album aja butuh watu lama untuk menjadi hafal dan siulable….adanya asyik dan asyik terus…jadi saya bingung sendiri kapan nih kelarnya,,,,,sekarang saya sedang tergoda dengan Transatlantic…tapi masih tak eman eman….TFK nya aja bikin saya pingsan terus tiap hari ha ha ha….majulah Prog!!!

    • Rully Says:

      Whaha sama saya juga merasa demikian dalam menghadapi the Flowers King! Sepertinya bnyk sekali album yg bagus2 tapi kaya ga ada habisnya walaupun diputar berulang kali. Selalu ada experience baru setiap kali album TFK diputar.

  4. andria h8 Says:

    mas Rully, ternyata setelah melihat di internet saya cuma pernah lihat cover yang A Street Between Sunrise and Sunset saja🙂 akan saya coba dengarkan nanti. terima kasih diberi info ini.

  5. Rully Says:

    Sama sama bro Andria, ditunggu kesan kesannya setelah mendengar album tsb. Salam

  6. Budi Putra Says:

    Wah info baru nih bro Rully…thanks utk infonya.

  7. andria h8 Says:

    saya br nyoba lagu evening wind dari album #1 mereka, rasanya grup ini bisa saya dengarkan 😀

  8. Gatot Widayanto Says:

    Saat diajak diskusi Rully tentang Satellite saya memang ngah ngoh karena namanya familiar namun lupa musiknya kayak apa … Setelah saya cek terntyata benar adanya saya ada album Nostalgia (2009) saja …namun belum didengerin … ha ha ha ha …. Tadi nyoba youtube dari Rully …memang asik … Ntar mau didengerin lagi …

    Siiiiip! Terima kasih Rully …. Bener2 prog generasi muda si Rully ini … Tooobz tenaaannn!!

  9. Hendrik Worotikan Says:

    Hadoohhh…Rully ngasih racun nih !!!
    Tapi tenang racun nya Rully nggak bikin mati. Malah yg ini sedap banget.
    Baru pagi ini dengar Satellite. Asyik ( dibaca 3x ).
    Tengkyu Rully info bagus ini.

    • Gatot Widayanto Says:

      Psssttt …. info baru tak hanya berhenti di sini mas Hendrik …!!! menurut kabar angin yang seru banget, mas Hippie sedang merancang sebuah tulisan ciamik kemripik tentang band Italia yang dahzyat …dan pasti prog …. Kita sabar menunggu ya ….biar mas Hippie konsentrasi nulisnya sehingga kita bisa mendapatkan maha karya dari beliau sebentar lagi …

      Trus …. ada info juga mas Rizki bakal menulis tentang basis keren nan gila …. Jaco Pastorius … WHOOOOAAAAA….gak sabar nih …tiap detik saya buka email muluk menunggu tulisan2 dahzyat dari mas Hippie dan mas Rizki ….
      (sambil berdoa mas Cosmic dan mas Kris back to write an article again …or …at least a comment ….)

  10. hippienov Says:

    Kompor mode: on…hahaha…
    Iya nih Mas G, sejak progring kemarin aku makin gak sabar untuk posting band yang satu ini, tapi masih di tahap ngumpulin bahan postingan mas. Bahkan tadi pagi sambil beres-beres kamar aku spin cd (kopian) nya biar makin ngeresep gurih di hati, hehehe…
    Memang ampun uedyan album ini, Ekseption dibuat gak berdaya jadinya, hahaha…

    • Gatot Widayanto Says:

      Pagi ini liat inbox di gmail kok belum liat ada kiriman tulisan mas Hippie …. Mungkin masih sibuk kerja atau internetnya lelet ya mas. Saya yakin sudah ditulis sama mas Hippie … Yakin betul saya. Sungguh.

  11. andria h8 Says:

    ternyata ada proyek dari mantan gitaris Satellite yaitu pak Mirek Gil. Dia membentuk grup Believe dan Collage

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: