Dahzyatnya The Flower Kings (9 of 15)

Herwinto

Adam & Eve….Karya Yang Sungguh Memukau
Apa kabar semuanya?…Selagi masih di bulan Syawal saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri Mohon adamMaaf Lahir dan Batin. Setelah absen cukup lama kini saya kembali hadir dengan tulisan bersambung The Flower Kings, kali ini saya akan coba kupas secara sederhana album TFK bertajuk Adam & Eve yang lepas Ramadhan ini cukup sering saya putar. Seperti biasa album TFK dibuka dengan sebuah epik yang cukup excellent berjudul Love Supreme 19.50, mendengarkan lagu ini saya kok jadi teringat lagu Yes, Going For The One ada semacam paduan suara mirip Jon Anderson juga hentakan drum,bass serta lengkingan gitar dibelakangnya mirip musik Yes, track pertama album ini sungguh keren karena unsur unsur musik prog yaitu dinamis,kompleks serta perubahan tempo semua terkandung disini, permainan gitar dan kibor cukup mendominasi namun saling menjaga dan mengisi dengan rapat. Track ini mungkin setara dengan epik Close To The Edge yang begitu rumit, menit ke 18 sampai selesai adalah klimaks lagu ini. Salut untuk Mr Stolt untuk karya yang satu ini, benar benar menakjubkan!!
Cosmic Circus 3.00 adalah track kedua yang cukup mudah diterima telinga, sungguh nikmat mendengarkan permainan gitar Stolt di awal lagu, terasa teduh. Babylon 2.41 sebuah nomor instrumen yang mengingatkan saya sebuah nomor pada album Genesis Wind And Wuthering yaitu Wot Gorilla, sebuah lagu yang manis namun gagah dan megah meskipun terlalu singkat untuk ukuran progresif rock. Track keempat adalah Vampires View 8.50 sebuah lagu yang beraroma horor namun cukup keren karena memiliki unsur unsur khas musik progresif, disambung nomor jeda Days Gone By 1.10.
Adam & Eve 7.50 Wow!! ini track yang sangat ngerock!! namun tetap prog!! benar benar keren track ini kompleks dan sangat fantastik utamanya permainan bass nya sungguh excellent!!. Klimaks lagu ada pada bagian akhir lagu yang teriakannya sungguh ngerock abis. Nomor lanjutannya juga cukup bagus Starlight Man 3.30 disusul nomor yang cukup ngerock juga Timelines 7.40. Drivers Seat 18.22 adalah nomor epik yang sungguh indah ditutup dengan nomor lembut kesukaan saya The Blade Of Cain 5.00. Singkat kata album ini merupakan salah satu masterpiece The Flower Kings. Pada edisi khusus terdapat bonus 9 nomor lagu, dan sungguh saya sangat menyukai nomor nomor bonusnya semua keren!!!

11 Responses to “Dahzyatnya The Flower Kings (9 of 15)”

  1. Koh Win Says:

    Maturnuwun mas Gatot layanan super duper cepat!!!

  2. Gatot Widayanto Says:

    Koh Win … Terima kasih ulasan mantapnya. Memang tak bisa disangkal bahwa TFK ini kelompok dahzyat terbukti dengan album2 nya yang selalu keren.

    Saat album ini keluar dan barang orderan saya datang dari Amazon, saya masih ingat sekali ….tahun 2004, saat itu saya seang ada klien di Purwakarta dimana saya harus berada di sana dari Senin sampe Jumat dan selama bekerja, saya selalu pasang album ini. Jujur aja ….pertama kali sempat bingung dengan musiknya yang aneh. Namun setelah tiga atau empat kali dengerin, langsung MAK BLENG muwanteb nunjek ulu ati tenan ….

    Saat yang indah …. karena malam hari , saya dan temen saya (Yos Hutagalung) suka makan Sate Marangi yang mak nyus di Purwakarta. Pulangnya Mlower Kings lagi …. Biyuh …. muwantab tenan …Karena kebetulan temen saya Yos ini juga progger tulen …(makanya jadi konsultan…. lha konsultang kalau gak prog gimana bisa mantab jadi konsultan?!!! he he he he ….)…

    Kami sering bahas prog dan kebetulan banyak band yang kami sama2 suka termasuk Yes, Marillion dan Pain of Salvation ….

    Wis ,,,,pokoke manteb jek!

  3. andria Says:

    Saya nemu cd bajakan adam & eve ini di lapak jl. mataram belakang malioboro sekitar tahun 2004/2005. Cukup mengejutkan kok pembajak glodog bisa mbuat cd bajakan grup tak lazim seperti ini, jangan2 gara2 covernya?😀
    Sebelumnya saya mmg sdh punya yg Retropolis yg saat itu masih berat saya terima, cd yg ini lebih berat lagi🙂 Untunglah seiring waktu saya beberapa bulan lalu bisa menerima musik Adam & Eve ini.

  4. khalil logomotif Says:

    Wah, kalau babilon dan cosmic circus dua lagu yg paling saya suka dan ngena di hati, biasanya saya tambahin dgn what if… Waaah itu tiga lagu yang mantap banget. Tahun lalu, hampir setiap kali mengerjakan rancangan logo, saya selalu ditemenin tiga lagu itu.

    Lagunya memang pendek banget, tapi justru itu yang bikin enak…khususnya untuk diulang ulang dan sama sekali ngga bosenin, karena akhir lagunya bisa nyambung lagi ke awal lagunya.

    Tapi selama ramadan kemarin, saya sama sekali ngga dengerin 3 lagu itu, sampe hari ini, saya malah kemarin dengerin bbrp lagu queen, tapi yg bukaan dinyanyiin fredi.

  5. Gatot Widayanto Says:

    Kalau TFK biasanya saya nikmati album per album dan saya sulit sekali membuat playlist beberapa lagu saja dari TFK, selalu saya nikmati album per album . Masalah selera ya kali … Atau pengaruh rekaman Yess yang biasa merekam album per album …

    Kebanyakan musik prog memang nikmatnya, bagi saya, ya dinikmati satu album penuh. Aneh kalau menikmati The lamb Lies Down hanya satu lagu aja …. he he he …. Termasuk album2 prog lainnya …

    Namun kalau lagi nyetir atau bersepeda, saya kadang iseng bikin playlist …namun nyampur dengan non prog.

  6. Koh Win Says:

    Sekilas bila didengarkan Adam & Eve ini musiknya kayak udah bukan TFK lagi….tapi setelah diperhatiin dengan seksama dan diulang ulang dengan cermat nampak bahwa ini masih musik TFK seperti yang sudah sudah…beberapa orang merasa seperti itu..pada spin pertama udah kecewa duluan….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: