Blood, Sweat & Tears: Greatest Hits 1972

Budi Putra

image

Soal selera musik sepertinya saya dan adik tidak jauh berbeda alias 11-12…hahaha. Koleksi kasetnya masih seputar band-band rock era 70an samacam Deep Purple, Led Zeppelin, The Doors, serta yang baru semacam The Black Crowes, dan ada juga band psikedelik lokal, Getah. Lebaran kemarin seperti biasa kita jalin silaturahmi bersama dirumah ortu, adik saya menyodorkan kaset Blood Sweat & Tears (BS&T). Tapi sayang, saya lihat kondisi fisiknya tak terawat dengan baik. Sampul albumnya sudah enggak jelas, tempelan fotonya juga sudah luntur.  Kaset ini diperolehnya diloakan sekitaran pasar Kebayoran Lama. Ketika distel via compo ternyata bunyi audionya sudah gak karuan: nyit, nyit, nyit…begitulah bunyinya…hahaha. Kalo sudah begini apa yang mau dinikmati yang ada malah bikin sakit kuping. Jadi tidak mungkin kaset ini saya bawa pulang sebagai oleh-oleh. Namun berkat momen ini saya lantas jadi kepingin mendengarkan band yang namanya tersirat filosofi kehidupan ini.

Stelah sekian lama, jujur saja saya enggak tau persis apa, siapa dan bagaimana band ini. Saya hanya mengenal satu lagunya saja yakni ‘I Love You More Than You’ll Ever Know’ yang ngeblues dengan melodi gitar yang dahsyat itu. Ini lagu yang paling populer dikalangan penikmat slow rock klasik. Lagu ini juga langganannya kompilasi album slow rock era jadul. Kerennya intro lagu ini maka sempat saya jadikan nada ringtone hp saya selama beberapa bulan…mantabz!. Lalu, rasa penasaran ingin mendengarkan band yang dibentuk  pada tahun 1967 di New York, ini semakin menggoda gendang telinga saya. Maka saya coba mulai dari lagu-lagu hitsnya saja yang masuk di Greatest Hits album yang berisi 13 track/lagu. Setelah beberapa kali diputar hanya beberapa lagu yang nyantol dihati seperti ‘Go Down Gamblin’, ‘Sometime in Winter’, ‘And When I Die’ dan ‘Spinning Whell’. Lagu ini seingat saya pernah dibawakan oleh Chicago.  Wah, lumayan asik juga dengerin lagu-lagu BS&T yang ramai dan riuh rendah dengan ensemble alat musik tiup. Dan sepertinya bila disandingkan dengan Chicago cucok kiranya.

Buka-buka referensi terkait BS&T, rupanya band ini termasuk yang sering gonta-ganti pasangan eh personil. Band ini biasa memainkan beragam gaya musik dengan menggabungkan unsur-unsur rock, blues, pop, dengan balutan alat musik tiup, serta improvisasi jazz menjadi sebentuk musik campuran, yang kemudian terkenal dengan sebutan “jazz-rock”. BS&T tidak seperti gaya musik band “fusion jazz” yang cenderung menampilkan permainan instrumentasi secara menonjol dan bereksperimen dengan alat musik elektrik. Lagu-lagu BS&T kerap menggabungkan gaya musik rock, pop, dan R&B/soul dengan iringan big band; selain itu grup ini juga menyertakan unsur-unsur musik klasik abad ke-20 dan combo jazz
 
 

4 Responses to “Blood, Sweat & Tears: Greatest Hits 1972”

  1. Budi Putra Says:

    Mas Gatot, trims sdh diposting ulasan ini.

  2. hippienov Says:

    Album ini salah satu yang dari dulu aku niat beli tapi selalu gagal, gak jadi. Dari mulai jaman kaset impornya masih ada sampai jaman cd. Seringkali sudah aku pegang erat terus sambil liat-liat yang lain eh kepincut yang lain. Begitu yang selalu terjadi.
    Tapi lagu-lagunya keren, tentunya yang paling aku suka “i love you more than you’ll ever know” saat Al Kooper masih gabung dan “spinning wheel”. Menurutnku band ini masih satu family genrenya dengan Chicago, tapi kalo Chicago berumur panjang dan relatif stabil personilnya dengan karir yang cemerlang. Sedangkan B,S & T bisa dibilang kebalikannya Chicago.

  3. andria h8 Says:

    Saya cuma pernah tahu nama vokalisnya Al Kooper. Sampai kini blm pernah dapat kasetnya wl pernah lihat yg rekaman singapur di salah satau mall di Surabaya.
    Ada yg memlesetkan jadi blood sweat & beers, pernah baca di internet🙂

  4. hippienov Says:

    Iya Mas Andria, Al Kooper cuma sebentar di B,S & T. Kalo aku gak salah cuma 1 album.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: