Prog Anthems Vol. 1 & Vol. 2

Hippienov

Apa kabar rekan-rekan gemblungers yang selalu ada di hati dan pikiran ini? Setelah sempat rehat sejenak menikmati “kemenangan” melawan hawa nafsu selama bulan Ramadhan dengan saling bersilaturahim sekaligus berlibur menjauhkan diri dari rutinitas, maka kini saatnya kembali “full speed” nge-prog dan aktif rutin di blog gemblung tercinta.

Seperti kebiasaan libur panjang Lebaran yang sudah-sudah, maka kali inipun moment libur Lebaran digunakan oleh istri (dengan mengajak anakku) untuk “let’s spend the night together” alias nginep di rumah adiknya di daerah Tangerang. Kebetulan ibu mertuaku juga menetap disana jadi suasana makin rame. Sedangkan aku dengan “bijaksana” memberikan waktu kepada istri beserta keluarganya untuk berkumpul ria melepas kangen dan memilih hanya menjadi supir mengantar anak-istri ke rumah adik ipar pada pagi hari menjelang malam Takbiran lalu pada hari Rabu depannya datang dan menginap semalam kemudian membawa pulang anak-istri keesokan harinya. Namun motifku yang sebenarnya adalah ini merupakan kesempatan besar setahun sekali bagiku untuk bisa merasakan seperti kembali bujang, bebas lepas ngapain aja selama beberapa hari, tanpa ada “eye in the sky” alias diawasi istri, hehehe… (please don’t tell my wife about this, guys… ^_^)

Tentunya kesempatan langka ini juga aku isi dengan nge-burn dan membuat beberapa cd baik kompilasi maupun album. Nah dua diantaranya adalah “PROG ANTHEMS Vol. 1 dan Vol. 2”.
Niatnya kompilasi ini adalah kelanjutan dari serie “Prog Fusion” yang lalu, masih nuansa prog tapi lebih umum gak segmented lagi. Jadi asal lagunya berdurasi panjang, ada suara kibor (hammond/synth/organ/piano,etc.), flute, biola, mellotron aku include kabeh karena pasti prog, hahaha…
Gak gitu juga sih, ide awalnya adalah membuat kompilasi lagu-lagu prog yang kalo bisa berdurasi agak panjang, rumit dan turut pula mengakomodir karya-karya prog dari band prog yang mungkin kurang umum atau agak jarang dikenal disamping karya-karya prog yang lazim kita ketahui.
Maka jadilah kompilasi prog anthems yang sudah sampai volume 2, rencanaku akan ada volume berikutnya, mungkin vol. 3 sebagai serial penutup.
Berikut adalah judul-judul lagunya:

PROG ANTHEMS VOL. 1
1. UK / Carrying No Cross.
2. Esperanto / Danse Macabre.
3. Camel / Lady Fantasy.
4. Genesis / Firth Of Fifth
5. Supersister / Present From Nancy.
6. Bill Bruford / Fainting In Coils.
7. Refugee / Grand Canyon.
8. Yes / Starship Trooper
9. E.L.P / Karn Evil 2nd Impressions.

PROG ANTHEMS VOL. 2
1. Ekseption / A La Turka.
2. Jethro Tull / King Henry’s Madrigal.
3. Supersister / A Girl Named You.
4. Rick Wakeman / The Loser.
5. Supertramp / Fool’s Overture.
6. Esperanto / Still Life.
7. Supersister / Energy Out Of Future.
8. Jethro Tull / A Song For Jeffrey.
9. Gravy Train / (A Ballad Of) A Peaceful Man.
10. Supersister / Higher.
11. Spock’s Beard / The Bottom Line.
12. Mike Oldfied / Foreign Affair.

Mungkin seharusnya “foreign affair” nya Mike Oldfield gak masuk karena kok rasanya bukan prog malah condong ke new wave ya? Tapi saat proses seleksi final kok sayang banget mau diganti lagu lain. Jadilah lagu ini paling beda dibanding yang lain. Dan karena pertimbangan tersebut, lagu ini aku tempatkan di urutan terakhir vol. 2.

Untuk sumber mp3 nya hampir semuanya aku dapatkan dari Mas Yuddi yang sangat baik hati memberikan banyak copy file mp3 prog dan classic rock. Hanya Mike Oldfield yang bukan dari file mp3 Mas Yuddi. Muchos Gracias mas…

Demikian tulisan abal-abalku kali ini, mohon maaf ndak ada gambar karena memang aku belum bikin covernya. Semoga berkenan dan mohon maaf atas kekurangan yang ada. As always, matursuwun sanget untuk Mas G untuk waktu dan kesempatan yang diberikan.

a ballad of a peaceful man,
hippienov.

11 Responses to “Prog Anthems Vol. 1 & Vol. 2”

  1. hippienov Says:

    Matursuwun mas G tulisan gemblungku sudah muncul di blog tercinta, semoga berkenan dan bisa ikut ramein blog.

  2. Gatot Widayanto Says:

    Mas Hippie …. Tuooobz!!! Kompilasi yg nunjek. Saya suka ada Lady Fantasy masuk di sini. Saya jadi kangen nyetel lagu ini versi studio maupun live.
    Juga ada Grand Canyon ….lagu yang membuat saya membik2 mbrebes mili ….apalagi di bagian awal yang ada musik SumBar nya itu. Biyuuuuh …..ngguweblak saya!

  3. hippienov Says:

    Suwun Mas… Lady Fantasy itu gak pernah bosen aku denger, mulai dari intro hammond Peter Bardens lanjut ke gebukan drums Andy Ward dan raungan gitar Andrew Latimer, bikin aku jatuh dari kursi mas ^_^
    Saat pertama denger Grand canyon aku juga tersentak mas, ini lagu durasinya panjang dan permainan Moraz sangat apik.
    O ya, aku dapet file mp3 Camel dan Refugee nya dari Mas Yuddi, keren banget koleksinya beliau.

  4. Gatot Widayanto Says:

    Selain itu mas …masuknya Fainting in Coils juga membuat suasana hati ini damai …. Mana ada kompilasi prog yang memasukkan lagu nyleneh namun nunjek ini dalam track list nya. Hanya orang gila yang mau begitu …meski bukan maksud saya bilang mas Hippie gila … ha ha ha ha …kalau mas Hippie gila, saya ikut gila …lha wong saya appreciate pol masuknya Fainting in Coils ini kok. Uwediyan tenan musiknya!!!!!

    Bagi yang gak tahu lagu gendenk ini atau lupa msiknya gimana, ini saya copas linknya. Dijamin ngguweblak! Kalau gak nggeblak, tolong ulang llagi sampe 10 kali ….! Dijamin ngguweblak tenan jek!


  5. Gatot Widayanto Says:

    Aduuuh …nikmat sekali lagu Fainting in Coils ini ….betotan bass Berlin, sayatan gitar Holdsworth, besutan kibor Hammond dari Stewart dan pukulan drums nyekluthiz ala Bruford si “maling ketukan” ini memang dowahzyaaaattttt…!!! Nangis bombay pol! Tak perlu jiwitan nona “A”ubrey kalau gini ini …. as it’s njiwit itself …no need the finggers of Ms “A”ubrey Monica …

  6. hippienov Says:

    Dari semua file mp3 Bruford yang aku dapat dari mas Yuddi, lagu fainting in coils yang paling aku suka mas. Agak susah masuk waktu pertama kali denger tapi lama-lama jadi enak.
    Kalo aubrey dari intro nya sudah ketauan enaknya tapi fainting in coils diajak mikir dulu🙂
    Moga2 mas Kukuh pun sudi “mengganti” aubrey dengan coils, he3

    • Gatot Widayanto Says:

      Iya mas Fainting In Coils memang bukan yang sekali denger langsung suka … Tapi sekali suka tak mudah melupakannya …. seperti Aubrey juga …sekali lengket udah kayak perangko aja … Daripada disuruh mas Hippie ganti Aubrey dengan Coils, mendingan gak baca blog ini …. Mulane ngilang to?

      np. “Judas Kiss” – gara2 terima sms dari Koh Win yang ngguweblak nggulung koming dengerin lagu dahzyat dari The Flower Kings ini … ha ha ha ha ha ….

      • Gatot Widayanto Says:

        Bagi yang lupa bagaimana Judas Kiss, monggo simak via youtube ini. Kalau ndak ngguweblak berarti emang anda bukan progger sama sekali:


      • Koh Win Says:

        Ha ha ha …..bener mas Gatot…..luar biasa lagu ini…..yang saya nikmati tadi malam yang versi live….yang studio juga keren ada suara anjingnya….

  7. Budi Putra Says:

    Sepertinya cuma mas Hippie yg bisa spt ini….minal aidin mas…

  8. hippienov Says:

    Alo Mas Budi, minal aidin juga mas… Kemarin kok ndak datang mas? Padahal ada tamu agung “the great collector” yang kata Mas G kadang-kadang ganti profesi jadi dokter spesialis paru: Mas Apec.
    Ini gawean wong iseng sing kurang kerjaan mas, hahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: