Cover Album-Dibuang Sayang

Budi Putra
Minal Aidin Walfaidzin-Mohon Maaf  Lahir dan Batin untuk mas Gatot beserta rekan-rekan blog gemblung yang masih mudik atau yang sudah balik….bila ada kata-kata dan sikap yang tak berkenan selama ini saya dan keluarga memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Sebagai penghangat perjumpaan kali ini saya suguhkan ulasan ringan terkait cover album dari beberapa grup band yang kemudian urung digunakan karena berbagai sebab. Di antara cover itu adalah ‘The White Album’ The Beatles, ‘Kill Em All’ Metallica, ‘Achtung Baby’ U2, dan ‘Anarchy’ Chumbawamba.

Bagi saya menilai kelebihan sebuah band bukan semata karena musiknya saja tapi juga dilihat dari cover/sampul albumnya. Karena, melalui cover yang bagus/artistik tentu akan menambah lengkap kualitas dari band tersebut. Hal ini bisa dilihat pada cover album band-band progrock yang kadar art-nya berkualitas tinggi serta beberapa cover album band metal lainnya seperti Barones atau Mastodon.

Nah, ini beberapa alasan mengapa cover album yang sudah dirancang kemudian batal digunakan:

The White Album’ The Beatles
Siapa yang tidak kenal The Beatles, grup besar  nan legendaris itu. Tapi dalam urusan soal cover juga pernah mendapati pengalaman yang kurang mengenakkan. Hal itu terjadi di tahun 1968 kala Fab Four sedang menuju perilisan album ke-9 mereka, ‘The White Album’. Sesuai dengan tajuknya, sampul album itu pun hanya dibalut karton putih tanpa tulisan apapun dan memang terkesan elegan.

image

Namun,  beberapa waktu sebelum dirilis sebetulnya Lennon cs, menamai album tersebut dengan ‘A Doll’s House’. Dengan sampul gambar masing-masing personel yang dibuat sedemikian rupa menyerupai boneka. Sayangnya hal tersebut batal karena ada sebuah band Inggris bernama Family, yang lebih dulu merilis album bertajuk cukup mirip, yaitu ‘Music in a Doll’s House’.

Kill Em All’ Metallica
‘Seek and Destroy’ adalah salah satu lagu yang paling populer di album ini. Cover album yang sangar dengan palu dan darah yang berceceran menjadi trade mark album ‘Kill Em All’ ini. Namun bila ditengok cover album sebelumnya  sebetulnya tidak semenyeramkan itu. Karena, gambar sebelumnya adalah sebuah toilet duduk dengan pisau tajam yang berdiri di dalam lobangnya. Nama albumnya juga berbeda, yaitu ‘Metal Up Your Ass’.

image

Setelah cover itu batal dipakai tapi malah ditiru oleh Pantera yang juga bereksplorasi lewat foto anal. Malahan lebih sadis dengan gambar (maaf) pantat yang ditusuk dari belakang menggunakan bor. Akan tetapi, album berjudul ‘Far Beyond Driven’ milik Pantera itu juga kemudian diperhalus walau masih menggunakan senjata tajam.

Achtung Baby’ U2
Bukan masalah susah bagi empat personel U2 untuk mendesain sampul album. Berhubung mereka berempat adalah pria, maka gambar siluet pria bewarna merah lengkap dengan penisnya, siap menjadi sampul album paling hits milik U2, ‘Achtung Baby’.

image

Sayangnya hal itu harus urung dilakukan karena alasan pornografi. Akhirnya Bono, The Edge, Adam Clayton dan Larry Mullen, Jr. harus menggantinya dengan kolase 16 foto.

Anarchy’ Chumbawamba
Grup musik Chumbawamba menutup daftar sampul album yang batal dirilis lewat albumnya di tahun 1994, ‘Anarchy’. Memang saat ini sudah berubah menjadi motif bunga mawar merah dan daunnya.

image

Tapi sebenarnya desain awal album ke-8 itu adalah foto seorang bayi yang baru keluar dari alat kelamin ibunya. Foto close-up itu dengan jelas menampilkan vagina perempuan yang sedang melahirkan bayi, lengkap dengan tangan dokter kandungan yang siap menyambut.
Alasan mereka saat itu adalah ingin menggambarkan momen paling alami di dunia. Bahwa di tengah kekacuan yang terjadi, Tuhan membawa turun kepada manusia, kemurnian seorang bayi.

(diolah dari berbagai sumber)

13 Responses to “Cover Album-Dibuang Sayang”

  1. Gatot Widayanto Says:

    Mas Budi …. Maafkan semua khilaf saya.
    Terima kasih sudah mulai aktif menulis lagi. Siiip!!

    • Budi Putra Says:

      Mas Gatot terimakasih sdh diposting ulasan ini….sama-sama ya mas, mhn maaf bila ada salah….satu bulan gak nulis di blog gemblung jd kangen berat nih…hehehe.

  2. andria Says:

    mohon maaf lahir batin pak Budi. saya jadi ingat dulu rasanya pernah lihat t shirt yg Metallica itu di toko kaset Kotamas Yogya

    • Budi Putra Says:

      Sama-sama mas Andria mohon maaf lahir batin ya…iya mas Andria, saya pernah lihat desain kaosnya dulu banget…lupa tahunnya yg pasti di daerah Blok M.

  3. kukuh tawanggono Says:

    Mas Budi sedulurku lanang

    Sepuntene ingkang kathah menawi wonten tutur utawi laku kawulo ingkang lepat(mohon maaf apabila ada tutur atau perbuatan saya yg salah)njih…
    Mas Budi bukankah album Pantera Far Beyond Driven itu gambarnya kepala yg di bor(gambar kepalanya seperti hasil foto Rontgen) njih?……….

    • Budi Putra Says:

      Mas Kukuh yg baik mohon maaf lahir batin ya mesti ada tutur kata yg krg berkenan dr saya…and mhn maaf jg sms nya blm sempat dibalas….hehehe. Betul mas Kukuh di album Pantera itu….tp msh terlihat sadis ya walau di blurkan gambarnya.

      • kukuh tawanggono Says:

        Mas Budi mantun(barusan)mudik njih…pasti dapat oleh-oleh banyak dari kampung ini…he he he

        Sepuntene ingkang kathah(mohon maaf)apabila ada tutur yg tidak berkenan.

  4. apec Says:

    Om GW, Mas Kukuh, mas Andria, Mas Budi Putra, Mas herman, mas Eddy Apple, mas Eddy Irawan, Pak GT, Mas Danang, Mas Khalil, Mas Rizky, mas Hippie, Mas Bintang bin Eddy Apple, Mas Hendrik Worotikan, Mas Qodri, Pak Alfie, Mas Cosmic ( yg musnah kemana skrg ya??)..
    nohon dimaafkan kata2 kasar saya selama ini, mungkin banyak yg tersinggung..kalo kalian semua , tenang saja, karena sudah saya maafkan kok, he..he.. bukankah memberi lebih baik drpd menerima, ha..ha… semoga segala tindsakan kita dapat dinilai ibadah oleh-Nya dan klerukunan ini dapat terjaga terus, mungkin oleh anak2 kita nanti….Amiennn ( maaf karena baru buka blog ini hari ini)

    • Budi Putra Says:

      Sama2 pak dokter Apec…Minal Aidin Walfaidzin….jreng!

    • Edi Apple Santoso Says:

      podho2 cak Apec …. met lebaran, prog on ….

    • kukuh tawanggono Says:

      Sami-sami (sama-sama)mas Apec,apabila ada tutur atau tingkah laku yg kurang berkenan saya njih mohon maaf……….
      Akan tetapi ini kok njih ada yg kurang njih……Kalo bahasanya si A…yg kurang angpaonya…..ha ha ha ha ha

      Sepuntene ingkang kathah menawi wonten(mohon maaf apabila ada) tutur yg tidak berkenan

      • Gatot Widayanto Says:

        Dulu pake prefix “Nona” …sekarang ujug2 mak gedhandhut kok tinggal “A” thok ….. Jangan2 ….. (Ayo mas Budi silakn dilanjut titik2 nya apa ….!)

      • Budi Putra Says:

        Mas, Gatot…hahahah…sptnya sdh semakin melekat, kat, mungkin diinternal keluarga sdh bicara tanggal dan bulannya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: