“Dear Alice” – Chick Corea

Pertama kali kenal nama Chick Corea ya dari kaset kompilasi bertajuk CONTEMPORARY JAZZ rekaman Perina Aquarius milik temen sekolah saya sejak SMP, Bagus Sudaryanto, yang juga tetangga saya di Jl. Sumatra, Madiun. Kami sering tukar menukar kaset biar ngirit gak semua dibeli. Saat saya mendapat kaset Contemporary Jazz tersebut saya hanya tertegun dengan satu lagu bertajuk “The Endless Night” yang ditulis di situ dibawakan oleh Return To Forever (Chick Corea). Whoooaaaa …saya langsung ngguweblak menikmati lagu yang nuikmat iramanya jazzy rocky dan sledhut senuth pokoke huwenak marem jaya tenan …membuat lupa makan minum kalau menikmatinya. Selanjutnya saya selalu memburu kaset Chick Corea rekaman Yess.

Dari semua lagu Chick Corea yang paling saya suka adalah lagu bertajuk DEAR ALICE dari album “The Mad Hatter”. Edan musiknya …bukan sekedar jazz tapi saya bilang sudah bener2 progressive fusion karena memang komposisinya rumit. Gimana gak rumit wong semua instrumen: flute (Joe Farell), bass (Eddie Gomez), piano (Chick), drums (Steve Gadd) semuanya mainnya ngawur …arah gak jelas namun …..harmoni terjaga dengan apik. Musiknya pun mengalun dengan disertai alunan vocal Gayle Moran dan kadang yanga menarik adalah adanya bagian staccato melalui permainan ensemble (brass section) kayak musik dolanan bocah jumpritan gitu … Wes ..pokoke mantab lagu ini. Kalau nyetel lagu ini musti diulang sampai lima kali …bahkan gak bosen2 …ngantek sak dobole mbahe sangkil …..

Nah …hari ini saya kangen nyetel lagu ini namun males nyetel CD nya (hari genee kok ribet musti nyetel CD) …sambil kerja saya browse di youtube. Ternyata …tak hanya versi asli aja yang ada …. tapi lagu ini dicover beberapa musisi. Nah …yang membanggakan saya, ternyata INDRA LESMANA sebagai wong lokal, anak bangsa …ternyata pernah memainkan lagu rumit ini dengan cantiknya … WOOOOWWWW!!! Harusnya saya nonton sendir saat itu …dan saya bisa nnguweblak nggulung koming di depan panggung …menderita kepuasan! Coba simak dah video keren ini …

Bravo Indra!

http://www.youtube.com/watch?v=60B9ci6Ol_0

3 Responses to ““Dear Alice” – Chick Corea”

  1. Rizki Says:

    Top Mas videonya …Indra memang buat kita bangga, dan saya sangat menikmati lagu2 Chick Corea yg memang progressive ….

  2. Gatot Widayanto Says:

    Iya mas … Ini lagu keren banget dan lagu terbaik Chick Corea versi saya. Silakan simak versi aslinya yang edan banget:

    • Rizki Hasan Says:

      Memang keren!

      Sekedar meramaikan, buat penggemar Indra, saya sempat merekam dia ketika main bersama trumpetist Maurice Brown di Black Cat Jazz and Blues Lounge:

      Enjoy!

Leave a Reply

