Musik Yes Dalam Lintasan Sejarah

Herwinto

yesssss

Tulisan ini sebenarnya dipicu oleh sms an antara saya dan mas Kukuh tentang rencana beliau membuat tret tentang sanggahan beliau bahwa musik Yes tidak ada yang jelek, dalam rangka menanggapi usulan membuat kompilasi lagu lagu Yes yang ”not good”.
Bila kita berbicara tentang musik Yes, maka perlu dibuat definisi yang benar terlebih dahulu tentang istilah ”musik Yes”. Sebenarnya ”musik Yes” ini adalah musik yang dimainkan oleh Yes mulai era Yes Album dan berakhir di era Tormato. Ada dua fase hidupnya ”musik Yes” yakni fase awal (masa keemasan) dan fase kedua (masa kelahiran kembali). Fase awal ditandai dengan bergabungnya Steve Howe di tahun 1970, Howe inilah sebenarnya peletak dasar musik Yes dengan ciri permainan gitarnya yang khas yang tidak ada pada gitaris manapun. Ciri permainan gitar Howe yang khas adalah tidak adanya unsur bunyi ‘jeg-e-jeg-e-jeg’ layaknya musik rock pada umumnya atau model raungan gitar sarat distorsi, ataupun model ritem yang biasa kita jumpai pada musik rock. Gaya permainan gitarnya adalah petikan lincah dalam riph-high yang tidak membiarkan terdapat celah kosong, ditimpa dengan kecepatan petikan arpegio maupun stylist klasiknya. Siberian Khatru maupun Close To The Edge dan Yours Is No Disgrace adalah contoh yang sangat jelas tentang musik Yes.
Yes Album adalah awal lahirnya ”musik Yes” yang proporsi pengaruh Howe sangat mendominasi kemudian tahap pendewasaannya adalah Fragile, di era Fragile komposisi struktur musik nampak kian kokoh dengan bergabungnya Rick Wakeman yang sumbangannya sangat besar yaitu memoles nuansa klasik pada album ini. Denting piano Wakeman pada South Side Of The Sky dan permainan synthesizer pada Heart Of The Sunrise serta Roundabout adalah ciri khas kedua ”musik Yes” setelah ciri khas jari jemari lincah Howe. Puncak kolaborasi dahzyat antara Howe dan Wakeman adalah pada Close To The Edge yang melahirkan karya karya Yes terbaik sepanjang sejarah. And You And I dan Siberian Khatru memperkenalkan penggunaan steel pedal hawaian pada musik rock yang kelak menjadi seni tersendiri pada konser konser Yes. Rick Wakeman sebenarnya bukan penulis lagu utama di Yes, penulis utamanya adalah Anderson dan Howe, namun seperti kata Bill Bruford, Rick ini punya kelebihan memperindah lagu, ini karena pengaruh akademisnya, kata Bruford, Close To The Edge tanpa Rick tak akan menjadi lagu indah seperti yang kita dengar sekarang namun menjadi fragmen fragmen yang tidak karuan, Rick mampu membuat potongan potongan ide musik yang awalnya tak bisa disatukan menjadi kesatuan yang indah karena dia memahami harmoni layaknya akademisi, jadi lebih bagus mengolah bahan baku orang lain karena miskin ide.
Tales From Topographic Oceans menunjukkan bahwa Howe makin mendominasi dan posisi Wakeman mulai terkurangi, jika kita simak TFTO ini sungguh jelas bahwa Howe mendominasi keempat lagu sedangkan kontribusi Wakeman bisa dibilang sangat sedikit. Wakeman keluar, digantikan Patrick Moraz, formasi ini semakin membuktikan bahwa Howe memang memegang kendali arah musik Yes, terbukti siapa yang main kibor menjadi tidak penting lagi, memang kontribusi seorang pemain papan kunci sangat mempengaruhi warna musik yang dihasilkannya namun pakem musik asalnya tidak berubah. Sound Chaser dan To Be Over adalah lagu lagu yang masih orisinalitas musik Yes dan tentunya Gates of Delirium jelas membuktikan itu meski lebih eksperimental. Going For The One dan Tormato adalah merupakan ”musik Yes” yang kembali kemasa Close To The Edge karena bergabungnya kembali Wakeman, pada Going for The One, Howe lebih mendominasi ini terlihat pada Awaken, Wonderous Stories dan Turn Of The Century, namun Tormato Wakeman lebih mendominasi, seperti terlihat pada Onward, Future Time, Madrigal, dan Dont Kill The Whale.
Sampai disini kita bisa menarik kesimpulan bahwa ”musik Yes” diakui atau tidak trade mark nya memang terletak pada Steve Howe, ini juga bisa terlihat pada konser konser Yes bahwa yang menghipnotis penonton adalah utamanya Howe, penampilannya di atas panggung dengan seabreg gitarnya menjadi pemandangan indah tersendiri, sampai sampai saya menulis tret dengan judul ”Gitar gitar Steve Howe” karena saya selalu terkesima dengan permainan gitarnya yang unik. Di panggung dia juga paling aktif menegur kru tentang sound yang menurut dia tidak pas, serta mengarahkannya yang kurang ini itu.
Drama adalah album Yes untuk pertama kalinya saya anggap keluar dari orisinalitas ”musik Yes” meski masih sangat keren, Drama adalah perpaduan The Buggles dan Yes, dan untuk pertama kalinya Steve Howe mulai merambah ranah hard rock. Machine Messiah adalah tonggak lahirnya progresif metal, sampai disini saya katakan ”musik Yes” sudah mengalami perubahan orisinalitas. Lebih bercorak hard rock. Album 90125, Big Generator, Union, Open Your Eyes, Magnification, Fly From Here adalah album album Yes yang tidak lagi mengusung ”musik Yes” artinya bukan lagi  tidak bagus namun tidak ada bedanya dengan band rock pada umumnya, ”musik Yes” nya sudah hilang, jadi seandainya karya karya pendahulunya tidak ada, album album tersebut tetap sangat bagus..jadi istilah ”mbelgedhez” yang sering saya pakai untuk mendefinisikan musik Yes setelah Drama artinya adalah tidak ada lagi DNA nya ”musik Yes”.
Fase kelahiran kembali….Bila kita menyimak album Yes setelah Drama dengan seksama ternyata ”musik Yes” sempat lahir kembali yakni pada ABWH, KTA1&2(bersama Wakeman) dan The Ladder, coba amati dengan seksama terdapat benang merah dari ketiga album tersebut. Album album ini memang ”sengaja” diciptakan untuk melahirkan kembali ”musik Yes” meskipun dengan target yang berbeda. Album album ini diciptakan ketika personil Yes sudah diambang senja, sudah tidak lagi di puncak kreativitas, berbeda ketika di masa keemasannya yang targetnya merajai puncak tangga lagu lagu kala itu. Saat tahun 90 an bukan masanya Yes lagi jadi target mereka adalah berkarya sebagai seorang seniman entah laku atau tidak, dan persembahan untuk fans fans lama mereka, karena hanya fans lama yang mengenal mereka. Karya mereka pun sudah tidak sedahzyat yang dulu namun dikemas dalam tataran yang lebih sederhana, seperti Be The One, Mind Drive, Homeworld, Brother Of Mine..adalah upaya menghidupkan kembali ”musik Yes” dalam kemasan yang lebih sederhana. Demikianlah perjalanan ”musik Yes”.
Open Your Eyes adalah album yang tidak melibatkan Howe sama sekali karena ini aslinya adalah proyek Conspiracy namun ujung ujungnya dilabeli Yes, Union aslinya adalah ABWH namun diobrak abrik oleh Jonathan Ellyas dengan menghapus banyak part part gitar Howe dan diganti oleh Jimmy Haun, demikian juga part partnya Wakeman. Sedang 90125 merupakan album yang berjasa besar mengenalkan Yes kedunia sehingga melahirkan fans baru yang kelak terbagi menjadi ”Trooper” istilah bagi fans yang gandrung dengan ”musik Yes” dan menjadi ”Generator” istilah bagi yang menolak ”musik Yes” namun sangat suka dengan 90125.
Talk adalah upaya Trevor Rabin kembali ke ”musik Yes” hasilnya secara komersiil memang jeblog, namun secara kualitas musik benar benar mengejutkan karena bisa diterima para ”Trooper” khususnya Endless Dream.

 

One Response to “Musik Yes Dalam Lintasan Sejarah”

  1. Gatot Widayanto Says:

    Seorang pembaca progarchives mengirim pesan ke inbox saya di ProgArchives terkait jatuh cintanya dia pada Yes sejak Juni 2011 dengan “Fragile” dan dalam tiga bulan sudah punya semua album Yes dari awal hingga Fly From Here. Ini PM (private message) nya ke saya:

    Subject: Your interesting reviews
    Sent: 21 August 2014 at 23:02
    Sent by: FragileKings

    Hello, Gatot!

    I have often read your reviews of albums and the thing I always enjoy is your personal story behind receiving the album. At times you mention getting several discs at once because you have to specially order them and wait quite some time before they arrive. It’s exciting to think that there’s a vibrant prog community in a country that I often imagine as being very bucolic. I imagine rice paddies and green countryside with people in sweaty, loose clothing riding clanky old bicycles down brown dirt roads. OK, it’s a stereotype I am sure. But a friend of mine showed me pictures from her home town in Malaysia and another showed me pictures from her trip to Bali (away from the beach) so this is where I get my images from that part of the world.

    Anyway, I wanted to say that because of your interesting background stories, your reviews always stand out for me and when I see your name I always stop scrolling and start reading.

    Thanks for sharing your stories and opinions about so many terrific albums.

    All the best to you!

    Peter
    (fragilekings)

    PS – You can instantly recognize where the “fragile” comes from in my username, right? I bought that album in June, 2011 and within three months I had every Yes studio album from “Yes” to “Fly from Here”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: