Listen To Me, Just Hear Me Out (2)

Khalil Logomotif

photo-13

Saya pernah dihukum berdiri didepan kelas, angkat kaki sebelah (tapi saya tempel kedinding..heheh), sebelah tangan pegang kuping…..gara gara swaktu saya sedang jiplak gambar kaver hemispheres, dari sampul kaset yess yg kecil banget tentunya, kepergok sama guru..yg jalan dari arah belakang….dan saya sedang asik asiknya ngambar dihalaman belakang buku tulis…..pas yg gambar penari baletnya pulak…..halaaah…cobaaa dulu ada aiped…tinggal digeser aja layarnya!

Sejak itu, muncul pertanyaan dipikiran saya…”Kenapa gambar sampulnya ada laki laki telanjang (tampak dari belakang) seperti penari balet dan didepannya berdiri laki laki pakai pakaian lengkap, bertopi dan bertongkat seperti priayi inggris), berdiri diatas otak”. Dan judul albumnya adalah hemispheres atau belahan. Waktu itu, saya taunya hemispheres artinya adlh belahan bumi…soalnya dikamus begitu katanya.

Dulu, saya pikir ngga ada korelasinya antara kaver artnya, judul albumnya, dengan isi lagunya yg menceritakan mengenai dewa dewa khayalan, cygnus, apollo, dionysus…..apa hubungannya sama penari balet pria telanjang dan englishman jas hitam…juga otak? Menurut saya, itu semua ngga nyambung dan ngaco….tetapi…mungkin yg bgini ini yg disebut musik canggih…musik orang dewasa.

Setelah baca sana sini dan dipikir pikir direnung renung, ternyata semua itu ada kaitannya satu sama lainnya.

Jadi…listen to me, just hear me out.

Rupa rupanya, Neil Peart (yg paling banyak nulis liriknya) ingin menceritakan mengenai bahwa otak manusia terdiri dari dua belahan atau dua sisi, yg mengurus dan mengelola dua hal aktifitas yang berbeda dan bertolak belakang, yaitu rasa dan logic. Hemispheres adalah dua belahan otak…otak kiri yang mengatur rasa (emotion) dan otak kanan yang mengatur pikir (logic). Mangkanya dikaper art ditampilkan gambar otak dengan kedua belahannya, sebagai landasan tempat berpijak dua tokoh imajinerinya, yaitu seorang penari balet yang naked dan seorang (englishman) yang berjas hitam.

Dialbum ini, juga dibelah menjadi dua bagian. Bagian pertama Cignus X-1 Book 2: Hemispheres, yang terdiri dari enam bagian lagu: 1. Prelude. 2. Apollo (bringer of wisdom). 3. Dionysus (bringer of love). 4. Armageddon (the battle of hearth and mind). 5. Cygnus (bringer of balance). 6. The sphere (a kind of dream).

Apollo (disimbolisasikan sbg englishman) mewakili belahan kanan, pikiran, logic dan pengetahuan yg menjamin kehidupan akan jayaraya sukses, bila dibangun dgn menguasai pengetahuan dan menilai apapun berdasarkan logika, masuk akal atau tidak adalah acuan penilaian. Dionysus (disimbolisasikan sbg penari balet pria telanjang) mewakili belahan kiri, kesenangan, kasih sayang, keindahan dan seni, menawarkan keindahan hidup adalah dari kasih sayang, cinta, rasa dan seni. Lalu keduanya pada berantem, dalam mencari pengikut untuk masing masing idealisme, perang antara hati dan pikiran. Sampai akhirnya Cignus memberikan keseimbangan dari kedua belah sisi tersebut, perdamaian antara apollo dan dionysus, dan menghantarkan kedalam kedamaian dan keseimbangan seperti yg diimpikan. Keseluruhan Cignus X-1 book 2, adalah sambungan dari Cignus book 1 dialbum sebelumnya.

Bagian kedua, terdiri dari beberapa lagu, mulai dari circumstances, diikuti the trees (cerita tentang dua jenis pohon yg saling berantem dihutan) dan ditutup oleh la villa strangiato (upaya memanjakan diri sendiri)..yg memang indaaaah banget komposisi musiknya…terutama permainan drumnya.

Sampai disitu, pertanyaan konyol saya yg kedua yg nempel sejak sma, akhirnya terjawab…rupa rupanya yang diceritakan adalah mengenai dua sisi otak, yang harus saling seimbang dalam pemakaiannya dan diceritakan lewat cerita khayalan dewa dewa.
Dan divisualisasikan dgn tokoh englishman terpelajar berjas hitam dan penari balet pria…..naked!

Trus..kenapa album thick as a brick isinya cuma satu lagu…sama pula judulnya dgn judul albumnya…kok ngga kreatip banget?

Khalil Logomotif

16 Responses to “Listen To Me, Just Hear Me Out (2)”

  1. khalil logomotif Says:

    Thank alot mas Gatot, sudah dimuat.

  2. danangsuryono2112 Says:

    Mas Khalil. Saya betul betul kagum sama tulisan ini. Meskipun saya sangat suka dengan Rush, namun jujur belum menggali sedalam mas Khalil tentang Hemisphere ini.

  3. andria Says:

    kl saya awalnya malah ngira kli itu bukan otak, tapi batu karang atau gumuk pasir

  4. apec Says:

    Lha kalo saya sejak awal sudah tahu kalo itu otak, krn istilah hemisfer sangat familiar buat kalangan medis..tapi ndak sampe sejauh itu mikir apa artinya orang telanjang di atas otak..saya dulu sempat berpikir apa maksudnya Rush itu menunjukkan bahwa otak kita itu digunakan untuk mikir hal hal yg negatif (digambarkan orang telanjang) dan satunya untuk otak yg sering digunakan berpikir yg baik2 ( digambarkan orang berbaju lengkap)..tapi ternyata perkiraan hamba keliru..maturtengkyu Mas Khalil atas pencerahannya..
    Btw, Mas Khalil pancen top dah, sejak SD sudah corat coret gambar cover Rush… kalo saya, saat SD kelas 5 paling baru corat coret gambar Donald Bebek , itupun masih harus nyontoh..ha..ha..

  5. apec Says:

    Mas Danang, piye kabare..lama ora nongol

  6. herman Says:

    Mas Khalil,…top dah tulisannya, karena sudah direnungkan sejak SD…..dan terang aja corat coretnya sudah sejak SD…makanya sekarang cafe, resto dan kantornya orang yang di coretin…tentunya dengan coretan yang mereka perlukan alias dengan logo…hehehe….

  7. Apec Says:

    Ndak, pasti waktu itu mas khalil masih SD

  8. khalil logomotif Says:

    ES EEM AAAAA

  9. apec Says:

    oalahhhhhhhhh….jadi saat SD sudah selera dengan anak SMA?? Pantesan toppppp bangett

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: