Pictures at an Exhibition

Andria Sonhedi

image

Judul ini tak ada hubungannya dengan album ELP yang dirilis November 1971🙂 Kebetulan saja gambar berpigura pak Apec kemarin mengingatkan saya pada beberapa poster yg saya miliki. Posternya sendiri adalah poster iklan konser yang sama sekali tak pernah saya tonton😀 Poster konser pertama yang saya punya adalah poster konser Bon Jovi di Ancol sekitar tahun 1994. Kalau yang itu saya ambil di salah satu tembok Yogya. Sayangnya konser Metallica tidak ada poster promo yg masuk Yogya. Sementara itu konser pertama Megadeth di Medan malah ada. Cara yang sering saya lakukan adalah menentukan tempat poster tadi berada beserta memperkirakan kesulitan apa yg bakal terjadi saat pencopotan, lalu pagi2 saya naik motor dgn membawa cutter untuk memotong poster lama (biasanya rokok) yg ada di bawahnya. Sampai di rumah dengan hati2 saya bersihkan dari tempelan2 yang terbawa tadi.

image

image

Ada juga poster yang saya dapatkan tanpa harus mencopot di dinding seperti yang biasa saya lakukan karena diberi oleh teman atau toko distro, contohnya konser Kreator, Napalm Death, Fitrhouse & Bond. Tadinya poster2 tersebut selama bertahun-tahun saya simpan dengan cara menggulung atau bila kecil saya taruh di sela2 poster tebal cetakan Gunung Kelud. Saat di yogya dulu di trotoar seberang gedung Bank Indonesia adalah pusat penjualan poster2 Gunung Kelud tadi. Mereka juga memberikan layanan pembuatan bingkai, dari yang cuma dibalut plastik mika hingga yang konvensional dengan kaca. Setelah saya pindah dari Yogya ternyata kok tak ada tukang pigura yang membuat pigura dengan plastik mika seperti itu. Pernah melihat di suatu toko di Madiun tapi ternyata dia pun pesan di Yogya juga. Saya suka pigura yg model itu karena ringan shg mudah dipindah-pindah. Biasanya pas saya ke Yogya juga tak sempat mempigurakan poster2 saya tadi entah karena tak ada waktu atau ada waktu tapi lupa bawa posternya. Namun dengan sedikit tekad akhirnya saya sempat juga mempigurakan beberapa poster2 konser saya & harganya juga tak mahal. Poster konser Dream Theater yg saya pajang di ruangan saya kl tak salah cuma Rp 45 ribu Sayangnya saya belum punya ruang khusus untuk menggantungkan poster2 tadi seperti pak Apec. Sementara ini krn di rumah tak ada tempat maka saya bungkus dulu supaya tidak kena rayap. Akhirnya ada beberapa saya bawa ke kos agar saya bisa menjaganya dgn segenap jiwa & raga🙂 Pernah juga poster2 pemenang lomba yg diadakan kantor saya saya beri bingkai sederhana tadi. Sayangnya rekan2 kantor menganggap jajaran 3 pemenang lomba dalam 1 bingkai bukan ide bagus. Akhirnya dari pada tak terpakai saya pasang sendiri di ruangan saya. Terakhir kemarin saya nemu poster lama Judas Priest yang dulu pas kuliah saya beli & saya potong logo beserta gambar elang (di album Screaming for Vengeance ) di bagian atas. Sisa 3/4 posternya tergolek tak berdaya di rumah Yogya selama belasan tahun. Akhirnya setelah saya pigura sekarang turut menemani saya di kantor bersama Dream Theater.

7 Responses to “Pictures at an Exhibition”

  1. Budi Putra Says:

    Kreatif jg mas Andria…hehehe…inget waktu sy jaman SMP/SMA kalo ada poster konser sy copot terus sy tempel di dinding rmh. Tp skrg hal ini gak lg sy lakukan.

  2. apec Says:

    Mas Andria,dulu waktu saya SMP, ketiga sisi dinding kamar ( bukan kamar saya, karena seluruh adik saya juga tidur disitu) penuh dengan poster. Yang paling ” keras” hanya poster Bon Jovi dan Firehouse. Yang lain berupa poster MacGyver, New Kids on The Block ( bayangkan, poster NKOTB!!! Ha..ha…), Knight Rider, Vanilla Ice, lalu gambar -gambar motor dan mobil. Tapi akhirnya poster2 tadi saya lepas, karena nenek saya diberitahu tetangga depan rumah bahwa nanti poster2 itu bisa mempengaruhi jiwa anak kalo besar..dengan berat hati, hamba lepas itu poster..tapi 3-4 tahun kemudian,kambuh lagi dan poster2 tadi hamba pasang lagi, namun yg NKOTB, Vanilla Ice tdk terpasang lagi..dan hingga kini tetep kambuh, karena poster yg terpajang di kamar adalah DT ( juga ada poster 90 x 60 cm cover album DT yg Dramatic Turn of Event ),Deep Purple, Quenn, Beatles, Yngwie, The Doors. Khusus untuk Yngwie dan The Doors, saya dapat di trotoar seberang Bank Indonesia di Jogja pd bulan Juni 2008

  3. Gatot Widayanto Says:

    Salah satu sudut kamar saya di Madiun kala itu …:
    https://gwmusic.wordpress.com/2007/06/30/jadul-abiszz/

  4. Budi Putra Says:

    Mas Gatot, dulu sy punya poster band bernama Sesat…sampe skrg sy msh gak tau tuh apa itu band beneran…hehehe. Dulu tembok sy penuh dg poster…hampir setiap minggu sy beli di blok m atau pasar malem…sampe2 bingung mau nempel dimana lg. Sy berhenti beli poster gara2 ibu sy bilang kalo kamar byk ditempelin poster2 kyk gitu (band rock), malaikat enggak mau masuk…wah takut jg sy…hehehe.

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Budi
      Saya belum pernah dengar ada band namanya Sesat. Namun itu judul lagu GodBless ….yang lagunya juga oke banget …

      • Budi Putra Says:

        Iya mas Gatot sy nyari di onlne media gak ada nama band itu…mungkin lg GodBless yg diilustrasikan sbg nama band. Kayaknya emang keren Sesat dijadikan sbg nama grup band…hehehe. Kan di jaman normal semau maunya yg bikin…

  5. andria Says:

    terima kasih pak gatot sdh dimuat utk edisi edit huruf besar.
    pak Budi, saya dulu tetap beli poster tapi tak saya pasang, saya satukan seperti buku raksasa dgn selotipe di bagian yg pendek. sayangnya gara2 saya terlalu lama menunggu tempat baru malah poster2 saya tadi dimakan rayap sebagian.

Leave a Reply

