Yes “The Epic”

Hippienov

image

Ini tulisan keduaku seharian ini (Rabu, 11 Juni 2014) setelah “The Suites” tadi sukses ku-email ke Mas G. Apakah ini berarti aku lagi on fire? Bukan, aku lagi sepi gawean di kantor, hahaha…

Kemarin siang dari rumah ada kabar ada paket “mini nan Imut” dari Klaten. Sudah ndak perlu aku tanya lagi siapa nama dermawan pengirimnya, pasti “The Great Kind Hearted, Master of IQ and TFK… Koh Win” (tadinya ada usaha untuk menambahkan gelar “master of metal” pula tapi keburu dilarang keras oleh Mas G untuk memperkenalkan musik gelap muntah kolak ke Koh Win, hehehe) Isi dari paket nuansamatik tersebut adalah 4 cd copy Yes Keys To Ascension (I & II) plus 2 cd copy Yes “Malam Sunyi” seperti yang telah dikonfirmasikan sebelumnya oleh beliau.

Malam hari saat pulang kantor sengaja paket itu hanya kupandangi saja biar tambah penasaran diri ini. Setelah aku selesai beres-beres dan membersihkan diri dan saat malam sudah mulai sunyi barulah aku spin Yes “Malam Sunyi”. Walau harus mendengarkannya dengan volume ekstra kecil karena takut anak istri terbangun tapi aku bisa merasakan “kesunyian malam” yang dilantunkan Yes. Sungguh luar biasa paket ini, matursuwun sanget Koh Win untuk kebaikan hati panjenengan. This kind of kindness and friendship I can hardly find outside this blog…

Namun aku bukan hendak membahas tentang Yes “Malam Sunyi” atau “KTA Vol. 1 & 2” karena telah dikupas habis oleh Koh Win, aku hanya ingin sedikit share tentang kompilasi tembang-tembang Yes berdurasi panjang yang aku seleksi dan copy ke dalam 2 cd bertajuk Yes “The Epic”. Setelah Yes “The Ballads” aku mencoba membuat playlist lagu-lagu Yes yang “prog” dan berdurasi panjang, lagu-lagu ini aku ambil dari album Close To The Edge sampai Drama dan seperti inilah playlist nya yang akhirnya lagi-lagi berujung jadi kompilasi:

YES “THE EPIC”

VOL. 1: 1. Close to the edge, 2. Starship trooper, 3. The gates of delirium, 4. The remembering, 5. South side of the sky.

VOL. 2: 1. I’ve seen all good people, 2. America, 3. Machine messiah, 4. Parallels, 5. Rejoice – Future times, 6. Heart of the sunrise, 7. Awaken, 8. Into the lens.

Tentunya gak semua lagu “epic” Yes bisa terakomodir dalam playlist ini, tapi aku berusaha untuk menangkap sebuah gambaran umum bagaimana dahsyatnya Yes dalam menggubah komposisi prog-rock.

Matursuwun Mas G untuk waktu dan kesempatan yang diberikan serta untuk rekan-rekan sekalian yang sudi mampir membaca tulisan gemblung dari seorang gemblunger penghuni blog gemblung. Mohon maaf atas kekurangan yang ada.

Prog On Earth, hippienov

31 Responses to “Yes “The Epic””

  1. Gatot Widayanto Says:

    Mas Hippie ….
    Terima kasih atas kreativitasnya.
    Jujur aja saya tak bisa membuat kompilasi lagu2 Yes karena lebih banyak yang bagus dari pada yang mediocre. Jadi …kalau disuruh membuat list Yes “The Mediocres” mungkin lebih mudah bagi saya dari pada the best. Meskipun mediocre sekalipun, karena Yes gitu loh ….kadang kok ya enak …ha ha ha ….
    Kecuali album2 terakhir kayak fly from here yang banyak mbelgedhes nya ….atau Big Generator …atau Open Your Eyes yang gak cuman mediocre tapi Lack Lusters …..ha ha ha ….

    • kukuh tawanggono Says:

      Mas Gatot amit sewu sepuntene ingkang kathah(permisi mohon maaf)………
      Kalo menurut njenengan Gentle Giant yg paling top itu album napa(apa) njih

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Kukuh ….

        Kalau belum khatam dengan Yes jangan sentuh lainnya. Kecuali bila kebelet beli CD nya dulu., menurut saya ya album The Power and The Glory. Kalau menuruy Ian Yess, justru Free Hand. Keduanya bagus sih.

        Yes dulu aja mas …nikmati Gates of Deliriun ngantèk kaliren dulu …. Kalau belum bisa menikmati epic dahzyay ini , please don’t touch other prog albums …..! Ha h ha ….

      • kukuh tawanggono Says:

        Matur sembah nuwon (terima kasih njih)mas,sampun puron maringi pituduh(sudah memberikan petunjuk)………
        Akan saya perhatikan bener-bener ini,soalnya genre ini ndak boleh sembarangan(barusan ketemu sama sam O dan beliau kok njih memberikan petunjuk seperti itu)

      • Koh Win Says:

        Mas kukuh ini kok penuh inisial ya…ada R, A skr O….mumet aku….ha ha ha

      • Gatot Widayanto Says:

        Tujuannya mas Kukuh memang memumetkan kita Koh Win ….ha ha ha ….

    • kukuh tawanggono Says:

      Seorang proger ya harus terbiasa dengan sesuatu yg njlimet…seperti laju kehidupan ini misalnya…..ha ha ha ha ha ha

      Mas Herwinto …mas Gatot…pun ngantos duko njih(janganlah marah)…ini hanya bercanda

  2. kukuh tawanggono Says:

    Mas Hippie sedulurku lanang

    Matur suwon sanget(terima kasih)kompilasi ini amat membantu saya dalam menikmati grup yg sedang saya gandrungi saat ini.
    Seribu jempol seperti biasanya,untuk kejelian mas Hippie……..

  3. Koh Win Says:

    Wah dah beraksi lagi nih….Mr Compilasi…..tuobz….Epic Yes sungguh monumental…..

  4. hippienov Says:

    Matursuwun Mas G apresiasinya. Mas bener, sangat sulit bahkan nyaris gak mungkin membuat seleksi “the best” Yes. Semua album Yes adalah the best mulai dari “yes” sampai “drama”. Aku juga setuju beberapa album terkini Yes (fly from here, big generator, open your eyes) mohon maaf mungkin sedikit dibawah standar Yes. Makanya aku gak berani kasih judul “the best of Yes” mas, iso kuwalat aku nanti kalo sampai salah pilih lagu, hehehe…

  5. hippienov Says:

    Mas Kukuh, menambahkan Mas G, lagu proclamation di album the power and the glory GG kuwi pancen ajeb mas. Intro nya bikin melayang to cloud 9, hahaha… Kalo menurutku album “octopus” termasuk album yahud GG mas. Kalo njenengan mau “meng-khatam-i” GG mungkin bisa mulai dari album Gentle Giant (debut album) karena di album ini nuansa rock nya masih cukup kental, atau album Civilian, The Missing Piece yang menurutku di 2 album tersebut musik GG masih prog tapi sudah lebih “kompromi” gak terlalu njelimet lagi.

    • kukuh tawanggono Says:

      Matur suwon sanget(terima kasih) mas Hippie.Ini njenengan posisi masih di kantor njih………
      Hati-hati kalo pulang mas Hippie,santai saja(soalle njenengan kan baru sembuh dari sakit).
      Salam saya untuk si kecil njih…………

  6. hippienov Says:

    Hahaha…suwun sanget Mas Herwinto, kompilasi ku ini gak ada apa-apanya dengan Yes “Malam Sunyi” punya njenengan.

  7. hippienov Says:

    Boleh dicoba Mas Kukuh, aku ndak janji bisa cepat jadi ya tapi aku usahakan untuk mengcopy 2 cd Yes “The Epic” ini dan kirim ke njenengan. Boleh minta alamat njenengan? Suwun…

    Mas Kukuh ndak perlu minder, akupun masih belum benar-benar khatam Yes ^_^

    • kukuh tawanggono Says:

      Ah jangan mas….jadi ngrepoti njenengan ini…cuma kalo ada engkol buat membersihkan kaset,seperti punya mas Gatot…saya bisa ditalangi dulu itu….ha ha ha ha ha ha ha (dikasih hati malah meraih nyawa njih ha ha ha ha ha ha )
      Alamat saya Jln. Rangkok selatan 11A,Sukun Malang

      • andria Says:

        pak Tjatur pas di Lokananta dulu jualan mas. cuma kok harganya jadi 40 ribu sekarang. sepertinya dulu harganya tak semahal itu.

      • Gatot Widayanto Says:

        Iya …penjual kaset sekarang pada belagu … Engkol itu dulu gak laku dan cuman sepuluh ribu aja. Kalau sekarang 40 ribu ya mungkin gara2 suka ngintip blog ini … Gak usah dibeli kalau 40 ribu … Pake ballpoint Pilot aja …

  8. apec Says:

    Mas Hippie, gimana kalo sampeyan mulai membuat kompilasi lagu-lagu Yes yang mbelgedhes yang tidak layak dengar, itu jauh lebih radikal lho..piye mas kukuh?ha..ha..

    • kukuh tawanggono Says:

      Wah sepertinya sulit ini mas Apec……
      Soalnya setelah saya cermati…saya perhatikan…maka dengan ini…(oalah saya kok semakin koplak njih mas…ha ha ha)sembelgedes-sembelgedesnya band ini,musiknya masih akademis(maaf njih saya pakai kosakata mas Gatot,habis saya ini muridnya).
      Memang bagi tataran seseorang yg level olah rasanya seperti mas Gatot,njenengan,mas Herwinto,dan sedulur-sedulur lain di blog ini ada karya-karya mereka yg kurang bagus(dibandingkan karya-karya pertama mereka).Akan tetapi coba njenengan bandingkan dengan musisi lain yg memainkan musik seperti yg mereka mainkan…saya ingin jawaban jujur,masihkah ini karya yg buruk…….musisi-musisi itu malah seperti ketinggalan beberapa level mas.Kalo ini menurut pendapat saya pribadi njih mas……..

      Sepuntene ingkang kathah (mohon maaf)njih,apabila ada kata-kata saya yg kurang berkenan

    • Koh Win Says:

      Wis aku wae mas Apec, untuk urusan bikin kompilasi Yes ”Mbelgedhez” tak urusane…ha ha ha ha…..pancen soyo suwe blog iki samsoyo edan yo….gawe kompilasi kok lagu lagu paling elek di dunia…..soale bikin yang best susah…jadi yo bikin yang mbelgedhez aja….

      • kukuh tawanggono Says:

        Mas Herwinto amit sewu sepuntene ingkang kathah(permisi,mohon maaf)njih……..kulo nedi tolong(saya mohon)asal jangan waktu Rick Wakeman masih gabung njih.Kulo saget gulung-gulung tenan niki(saya bisa nangis sambil berguling-guling)bila seseorang yg nalurinya mampu mengimbangi Hendrix dikatakan permainannya jelek……..ha ha ha

      • Gatot Widayanto Says:

        Wong blognya aja blog mbelgedhez ….ya bikin kompilasi ya yang mbelgedhez sekalian ….ha ha ha ha ha …

        YES “The Best of Mbelgedhez”….

        wakakakakakakakakakak ….

        Lauwtjuuuuuuu tuwenaaaaan ….

  9. apec Says:

    oalahhhh, mas hippie barusan sakit tah? kok setiap hari saya ke RS ndak nemu mas Hippie ya??Yo wis mas, smga bener2 pulih….

  10. hippienov Says:

    Pagi Pak Dokter, iya aku sempat vertigo Senin kemarin. Kata bu dokter yang periksa katanya ini akibat tekanan darahku drop dan karena banyak pikiran. Lah iyo jenenge wong urip pasti dhuwe okeh pikiran, kebanyakan mikir bikin kompilasi, hahaha…
    Tantangan njenengan menarik juga untuk dicoba, nanti judulnya “the BAD of Yes”, hehehe…

  11. anton Says:

    salam mas hippie. saya selalu suka dengan cover-cover yang mas buat. bisa bikin buat saya ngak hhehe

    • Budi Putra Says:

      Mas Hippie utk yg spt ini luar biasa biasa diluar…hehehe. Hanya org2 yg punya keahlian tertentu yg bs membuat komposisi kompilasi…wong sy coba bikin psycompilations gak jadi2…hahaha…super bingung nentuin lagu2nya…

      Keren hbz mas Hippie! Long live compilations!

  12. hippienov Says:

    Alo Mas Anton, beginilah kalo cita-cita mas kecil gak kesampaian, mau jadi produser dan engineer musik gagal total, akhirnya cuma bisa pelampiasan bikin kompilasi amatiran minim budget, hahaha…

  13. hippienov Says:

    Alo Mas Budi, aku ora dhuwe keahlian apa-apa mas, mungkin karena aku suka keisengan kalo pas lagi gak ada kegiatan di rumah dan pas hobby ku musik, akhirnya pelariannya bikin kompilasi terus-terusan, hehehe…
    O ya, I still owe you one copied cd of Yes: The Ballads, mohon maaf masih belum ke-copy juga. Sabar injih mas ^_^

Leave a Reply

