The Suites

Hippienov

image

Pertama-tama, cover kompilasi ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan isinya. Aku memilih gambar “mellotron” karena terkesima dengan nuansa old-fashion nya dan rasanya nge-prog banget. Isi kompilasinya sih kayaknya malah gak ada suara mellotronnya sama sekali.

Kompilasi ini berawal saat aku googling dan menemukan info yang sangat menarik tentang album Duke nya Genesis. Disebutkan bahwa sebenarnya di album tersebut Genesis punya lagu “suite” berjudul Duke yang terdiri dari beberapa bagian tapi saat mixing lagu ini akhirnya oleh Collins dan kawan-kawan di-split di side A dan B untuk menghindari kemungkinan karya “suite” mereka yang baru ini dibanding-bandingkan dengan Supper’s Ready oleh kritikus musik. Aku lalu punya ide untuk membuat album Duke sesuai dengan urutan “asli”nya tapi kemudian ide ini aku drop dan hanya aku masukkan Duke Suite saja ditambah lagu-lagu lain yang berdurasi relatif panjang. Aku juga punya ide gila untuk menggabungkan beberapa lagu (dari satu group) yang aslinya berdiri sendiri-sendiri untuk aku jadikan sebuah “suite gadungan”, hahaha… Dan yang jadi korban adalah lagu-lagu dari Pink Floyd dan Queen.. Hasil akhirnya sebagai berikut:

1. Genesis’ Duke Suite, including: behind the lines-duchess-guide vocal-turn it on again-duke’s travels-duke’s end, 2. E.L.P’s Pictures At An Exhibition, 3. Pink Floyd’s Crazy Diamond Suite, including: the grand vizier’s garden (garden party entrance)-shine on you crazy diamond-the grand vizier’s garden (exit), 4. Queen’s Rock Suite, including: stone cold crazy-brighton rock-in the laps of the gods (revisited)-dear friends, 5. Rush’s Camera Suite, including: the camera eye 1-the camera eye 2.

Untuk E.L.P’s Pictures versi yang ada di kompilasi ini sepertinya berasal dari konser E.L.P era album Works karena ada alunan alat musik gesek dan tiupnya. Jujur aku lebih suka versi yang tanpa orkestra tapi file mp3 ku cuma ada yang orchestral.

Secara umum kompilasi ini menurutku gemblung dan unik. Gemblung karena ide awalnya yang gila dan unik karena aku bisa mendengarkan “Duke Suite” nya Genesis secara utuh yang selama ini katanya hanya pernah dibawakan Genesis pda saat konser promo Album Duke di awal era 80-an. Serta dua “suite” dari Pink Floyd dan Queen yang nyeleneh tenan dan mungkin kalau Roger Waters atau Brian May sampai tahu dan dengar versi ini bisa jadi mereka akan protes keras. Beruntung kompilasi ini hanya dirilis di blog gemblung, hehehe…

Selamat menikmati rekan-rekan semua, moon maaf jika kurang berkenan. Seperti biasa aku ndak akan pernah lupa untuk mengucapkan matursuwun pada Mas G untuk waktu dan kesempatan yang telah diberikan serta kebaikan hati beliau.

Peace on earth, hippienov

7 Responses to “The Suites”

  1. kukuh tawanggono Says:

    Mas Hippie sedulurku lanang

    Kompilasi njenengan ini,kalo menurut saya kok kompilasi dengan ide paling radikal dari kompilasi-kompilasi yg njenengan buat.Ha ha ha……saya sampai ngaplo mas melihat susunan nomor-nomor yg njenengan susun itu misalkan diubah dalam bentuk nada……perubahannya bener-bener drastis.
    Seribu jempol untuk mas Hippie……..

  2. hippienov Says:

    Hahaha… Mas Kukuh, kakak seniorku… Njenengan betul, ini adalah ide paling gemblung yang pernah aku tuangkan dalam sebuah kompilasi, uedyan tenan injih mas…

    • kukuh tawanggono Says:

      Mas Hippie jangan memanggil saya kakak senior,ndak enak saya mas,bisa kuwalat saya………he he he
      Seharusnya saya yg manggil njenengan kakak senior,soalle sering saya repoti ha ha ha…..
      Saran njenengan untuk mengambil jurusan besok saya eksekusi mas,doakan semua berjalan lancar njih……..

  3. hippienov Says:

    Walah, dibandingkan njenengan aku ini masih tertinggal jauh mas… Saat njenengan sudah nge-fans berat dengan Metallica aku mungkin masih melantunkan lagu Chica Koeswoyo, hahaha…
    Mas, aku sama sekali ndak pernah direpoti kok, semuanya aku kerjakan dengan senang hati ^_^
    Siip mas, semoga semuanya lancar… Ini harus diberitakan ke rekan-rekan gemblungers nih mas, terutama ke Mas G karena beliau pasti sangat mendukung…

  4. Budi Putra Says:

    Kakak senior from ngalam…

    • kukuh tawanggono Says:

      Ha ha ha……..mas Budi saya kok jadi deg-degan njih,serasa ada yg cari peluang untuk njalu ini…..ha ha ha
      Tapi saya ndak khawatir mas,dengan pertahanan yg saya rancang seperti Heats peragakan tadi siang Insya Allah aman dan terkendali…ha ha ha ha

Leave a Reply

