Dahzyatnya The Flower Kings (7 of 15)

Herwinto

Banks Of Eden….Bukti Musik Prog Makin Berjaya!

image

Mungkin ini bisa disebut salah satu karya terbaik TFK, salah satu nomor di album ini yang paling menohok adalah track pertamanya..Number berdurasi 25.20 menit, merupakan karya yang benar benar sulit dicari tandingannya. Berbeda dengan mas Gatot yang langsung ngguweblak ketika mendengar pertama kali, saya justru baru bisa menyadari kedahzyatan Number ini setelah lebih dari 10 kali spin. Awalnya saya mendengar Number ini malah pusing duluan, gak paham saya apa maksudnya..ha ha ha…tapi saya gak menyerah sebab saya sadar beginilah menikmati musik prog, kalau sudah menyerah di spin pertama maka itu pertanda kiamat….he he…maka saya terus putar meski sulit, berkali kali saya putar dengan konsentrasi tingkat tinggi..sampailah saya pada spin yang mungkin ke sekian belas…di suatu siang saya sendirian dikamar saya putar Number ini dengan kenceng….tiba tiba saya merasakan sebuah keindahan yang luar biasa…benar!! saya sudah kena sekarang!! Luar biasa!! ini benar benar track yang sungguh excellent!! komposisi yang benar benar menohok, prog abiz….dan percaya tidak? sejak siang itu saya berkali kali rindu dengan Number…lengket terus, gak ada bosan bosannya.

image

Maka kepada warga blog ini, saya himbau, jangan terlalu ‘pede’ menikmati prog…ha ha ha…artinya belum tentu kita langsung kena di spin – spin awal…arti lainnya jangan menyerah ketika kita belum bisa menikmatinya!! Sebab begitu sudah kena biasanya sulit melepaskan diri….

Album ini dirilis pada tahun 2012, sebuah bukti bahwa saat sekarang yang sudah sangat jauh dari era 70 an masih ada album sedahzyat ini, yang sekaligus sebagai bukti gak ada matinya musik prog!! malah semakin berjaya…Bravo, Mr Stolt!!….dibuka dengan epic Number selanjutnya disusul dengan For The Love Of Gold 7.30 sebuah komposisi yang amat keren dengan suara kibor yang mirip Mr Wakeman amat saya sukai, Pandemonium 6.05 adalah track yang sungguh mengagumkan penuh lika liku prog yang menawan.

For Those About To Drown 6.30 mengingatkan jenis musik TFK di masa masa awal ketika mereka menciptakan The Flower King (tanpa S), sungguh indah sekali. Rising The Imperial 7.40 adalah nomor indah sebagai penutup album, mengandung unsur unsur blues pada gitar Stolt. Terdapat beberapa nomor bonus yang keren semua namun saya paling suka Illuminati 6.20…Salam!!

17 Responses to “Dahzyatnya The Flower Kings (7 of 15)”

  1. Gatot Widayanto Says:

    saya senang dengan kalimat pertama bahwa musik prog makin berjaya.

    Itulah!

    Makanya saya ndak sempet lagi dengerin genre musik lainnya ….Lha wong samudra prog aja tak abis2nya ….

    Koh Win,
    Sekalipun jangan mau kalau dikenalkan musik metal. Bukannya gak bagus, nanun maqom Koh Win itu udah prog …gak usah noleh kelainnya. Semua jenis musik numplek bkeg di prog kok. Ntat dengerin metal yang ada prog nya ajah …dijamin ngguweblak kok. Tspi metal yang luris2 gak usah disimak …udah banyak yang nyimak kok. Koh Win stay witj prog ajah …. Do not even touch Metallica …udah milyaran penggemarnya.

    Prog masih luas lho ….ada Anglagard, The Dear Hunter, Pallas, Pendragon , The Watch, Cast (mexico) …. Wis ….ora usah njajal metal ….

    He he he ….

    Numbers menurut saya adalah lagu terbaik TFK. Uwediyan …pertama denger aja dah ngguweblak blak blak blaaaaaaak!

    Mau aku setel tapi kok saya belum nyetel Anglagard terbaru ….live in Japan 2 CD.

    • kukuh tawanggono Says:

      Mas Gatot amit sewu,sepuntene ingkang kathah(permisi,mohon maaf)……saya dari sini kok merasakan rasa was-was seorang begawan prog asal Madiun,apabila ada yg sampai tergoda genre lain njih….ha ha ha

      Sepuntene ingkang kathah(mohon maaf)njih mas,apabila ada tutur saya yg kurang berkenan.

  2. Koh Win Says:

    Matursuwun mas Gatot atas segala nasehatnya….Number pancen OYE!!!

    • Gatot Widayanto Says:

      setuju Koh Win ….itu lagu bisa mengaduk emosi dengan dahzyatnya melalui alunan musik yang indah sekali

  3. hippienov Says:

    Wah bisa gagal silent mission me-metal-kan koh Win nih. Mas G sudah berfatwa soalnya u/ menjauhkan musik metal dari koh Win,wakakak..😀
    Tp bener juga kok, di prog juga ada prog-metal nya seperti contohnya DT. Bahkan metallica pun pernah nyoba-nyoba ngeprog di album “justice”..
    Hm..mungkin ada baiknya ak jne-kan saja beberapa kopian cd metal ke klaten ya supaya koh Win pun pelan-pelan mulai minat sama musik alam kelam ini,hahaha..nuwun sewu loh Mas G😀

    • Koh Win Says:

      Ha ha ha ha John Lennon juga disebut pujangga alam kelam mas…..

    • Gatot Widayanto Says:

      Ha ha ha ha …saya juga suka metal kok …tapi yang akademis lah ….seperti album Epica terbaru … Van Den Plas ….boleh lah ….

      Tapi tetep prog yang menghunjam sampe ke ulu ati paling dalam … Lha ini di bagian pelan nya lagu Numbers di menit 16 aja masih nyamlenk suromenggolo ….

      Life without music is a mistake.
      Without prog music, would be a fatal tragedy!

      Salam

  4. Gatot Widayanto Says:

    Ya Allah Ya Rabb ……! Gara2 postingan Koh Win ini saya nyetel album ini dan dibuka dengan lagu syahdu, kompleks namun uwindaaaaah sekaleeeee …. Numbers!!!! (mas Khalil gak suka being called as Numbers … Eh kemana mas Khalil ya? Lagi banyak order …he he he … Sama mas … saya juga klepek2 sebenernya lagi melayani order he he …besok pagi musti terbang ke Surabaya, dipanggil Pelindo 3 ….semoga bisa jumpa Bro Apec. Mas Edi Apple katanya mau ketemuan juga Jumat malam … Mini ProgRing in Sby …).

    Numbers ini baru pembukaan aja bikin dada saya menggelinjang dan kemudian begitu musik mengalun langsung alam pikiran kemana–mana dan inget di bulan Juli tahun 2012 (dua tahun lalu) saya gowes dari Madiun ke Telaga Ngebel nan dingin menggunakan sepeda lipet Brompton sambil pasang Banks of Eden … bahkan bagian Numbers saya ulang sampe 3 kali …. Makanya saya kalau denger lagu Numbers ini inget menggeh-menggeh naik Telaga Ngebel pake sepeda lipet kesayangan ….

    Namun Numbers memang uwediyaaaan tenan! Diyancuk! Ini masuk mesnit 12 solo gitar nya Mr Stolt sungguh menghunjam kalbu …. Adouw biyouuuuuuuuung …Gusti Alloh nyuwun ngapunten …. It’s a damn brilliant tune on Planet Earth!!!!

    Ini link sepedahan saya di Madiun dua tahun lalu yang Numbers banget dah … Banks of Eden pol lah …

    http://gatotwid.wordpress.com/2012/07/11/gowes-di-madiun/

    Ayo …silakan simak album dahzyat TFK ini ….

    Saya suka TFK seperti saya suka IQ juga lho …. Bith are brilliant!

    • Gatot Widayanto Says:

      Di menit 18 Tomas Bodin mulai ngamuk meski tak rumit namun enak tenan ….Disambung solo guitar Roine Stolt. rancak bana!!!!

      There is no such thing as compelling as prog music maaaaannn …!!!

      Kalau denger musik indah kayak Numbers gini bisa lupa Firth of Fifth, Dark Side of The Moon, Gates of Delirium …. saking mantab tiada cacatnya komposisi ini …

      • Koh Win Says:

        Aku juga mutar ini tadi mas sebelum ngajar jam 13.00, menikmati Number nan mematikan ini….hadeeeeh…..

  5. hippienov Says:

    Hehehe… iya juga John Lennon dijuluki pujangga alam kelam, padahal musiknya bukan metal. Kalo gitu istilahnya aku ganti jadi “musik logam”, hehehe…

  6. hippienov Says:

    Nah kalo gitu aku boleh memperkenalkan Pagan’s Mind ke Koh Win ya Mas G? Sekalian Helloween “chameleon” seandainya beliau belum punya.

  7. kukuh tawanggono Says:

    Mas Herwinto sedulurku lanang

    Saya tadi siang,kalo ndak salah njih.Menerima sms dari njenengan tentang TFK,jebule(ternyata)sudah njenengan tulis di blog ini………….cover albumnya saja sudah menandakan bahwa materinya ndak sembarangan mas,untuk album ini.
    Untuk saat ini……(dengan bimbingan dari njenengan yg setiap hari meluangkan waktu memberi tahukan keindahannya) biarlah saya kedanan kaleyan Yes rumiyin mas…he he he.
    Subhanallah……Rick Wakeman….setiap jemarinya menyentuh piano/keyboards/apapun…..sepertinya alat ini menyuarakan suasana hati sosok yg satu ini……

  8. Koh Win Says:

    Habis mandi ini….siap siap berangkat kerja ditemani NUMBER nan nunjek…..You look at the riverbanks…she’s looking behind you….woaaaaah….ngguweblak blaaak..blaaaak….

  9. Gatot Widayanto Says:

    Tadi siang saya menemani orang rumah belanja bulanan namun saya duduk di kafe Bengawan Solo sambil nyeruput kopi dan buka laptop …. Kok tahu2 saya bersenandung sebuah lagu yang melodinya nunjek dan seneng banget sama lagu ini ….

    ….dan ternyata yang saya senandungkan adalah melodinya NUMBERS nan dahzyat itu …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: