Black Blues After Hours

Hippienov

image

Gara-gara tret Mas Budi tentang Lynyrd Skynyrd aku jadi tergelitik untuk menulis tentang (lagi-lagi) kompilasi “blues” yang sudah lama aku buat. Dari awal aku sebenarnya gak ada niatan untuk menampilkan kompilasi ini di blog tapi akhirnya aku coba share juga sekedar untuk meramaikan wacana di blog.

Judul kompilasi ini “BLACK BLUES AFTER HOURS” dan sesuai judulnya nomor-nomor yang dimunculkan berasal dari punggawa-punggawa blues “Afro-American” alias negro karena katanya nuansa blues yang dibawakan oleh saudara-saudara kita kulit hitam Amerika lebih dalam mengena atau lebih nelongso dibandingkan dengan white blues. Kebetulan juga aku pernah dikopikan mp3 beberapa album black blues oleh temanku sehingga aku coba membuat sebuah repertoire potret black blues. Namun karena keterbatasan sumber mp3 yang aku punya, kompilasi ini jauh dari anggapan “the best” serta sangatlah tidak lengkap karena hanya sedikit menampilkan tokoh-tokoh black blues, masih banyak jagoan black bues yang sangat dihormati tidak terwakili di kompilasi ini. Sekali lagi kompilasi ini just one small piece of a very gigantic portrait of black blues history.

Kompilasi ini aku buat di masa aku “jobless” jadi untuk beberapa lama kompilasi ini sering sekali aku spin di malam hari saat semua orang sudah tertidur sambil mencoba merefleksi apa yang terjadi pada hidupku saat itu. Pun saat lagi jadi “supir” cd ini sering aku spin karena bisa memberikan ketenangan saat menghadapi carut marut macetnya jalan ibukota.

Berikut adalah list nya:

1. baby please don’t go / lightning hopkins,
2. why i sing the blues / b.b. king,
3. i am the blues / memphis slim,
4. it’s you baby / joe louis walker,
5. blues after hours / pinetop perkins,
6. howlin’ wolf / muddy waters,
7. the thrill is gone / b.b. king,
8. depression blues / sunnyland slim,
9. trouble on wheels / joe louis walker,
10. 43rd & south park blues / magic slim,
11. there must be a better world somewhere / b.b. king,
12. strange things happen / black blues,
13. cry before i go / jimmy reed,
14. cold lonely nights / yhe lonnie brooks blues,
15. do the walkin’ / joe louis walker,
16. chains and things / b.b. king,
17. hey joe / jimi hendrix.

Demikian tret ku kali ini, semoga bisa berkenan dan menghibur rekan-rekan semua. As always, matursuwun Mas G untuk kesempatan dan waktu yang diberikan dan untuk rekan-rekan yang telah sudi mampir membaca tulisan gemblung ini.

Blues On Earth, hippienov

8 Responses to “Black Blues After Hours”

  1. hippienov Says:

    Super duper cepat Mas G, matursuwun sanget tulisan gemblung ini sudah nangkring di blog…

  2. andria h8 Says:

    saya cuma bisa menikmati beberapa kompisisi blues pak Hippie. secara umum terlalu pelan dan sedih 🙂

  3. kukuh tawanggono Says:

    Mas Hippie sedulurku lanang

    Apabila ada orang yg tanya kompilasi komposisi-komposisi blues manakah yg disusun dengan baik dan benar…….maka saya dengan mantap akan menjawab,kompilasi njenengan inilah contohnya.
    Bahkan dedengkot-dedengkot blues yg jarang orang tahu(Joe Louis Walker)njenengan sertakan pula………
    Akhirnya seribu jempol,pantas mas Hippie dapatkan.

  4. hippienov Says:

    Alo Mas Andria, njenengan betul musik blues secara umum slow dan sedih, mungkin karena musik ini memang awalnya berangkat dari ekspresi kaum budak kulit hitam pada masa lalu atas kepiluan hidup sebagai budak yang diperlalukan tidak manusiawi. Sama seperti jazz yang juga berawal dari kaum kulit hitam yang mencoba mencari bentuk musik sendiri karena “ogah” menikmati musik kaum kulit putih pada masa perbudakan. Pada perkembangannya musik jazz malah dianggap sebagai musik kaum elit sedangkan blues malah lebih dekat dengan musik rock dan bisa jadi sedikit kalah kelas dibandingkan jazz.
    Aku juga dulu gak mudah mencerna blues mas, ya karena musiknya nelongso, pelan, penuh kesedihan.

    • kukuh tawanggono Says:

      Setuju sekali mas Hippie……..
      Bahkan dokumen rekaman awal musik blues banyak yg diambil didalam gudang-gudang kapas(ini saya pernah melihat di BBC Knowledge ketika membahas sejarah musik blues).
      Ada sesuatu yg pantas kita jadikan sebagai bahan renungan di dalam musik blues ini.Bahwa didalam setiap penderitaan yg deras mendera….kita tak perlu berkeluh kesah,tertawakan,hadapi saja(ini saya dapatkan dari beberapa lirik lagu blues yg menjadikan penderitaan sebagai bahan guyonan)….disamping itu kita harus selalu dekat pada sang Pencipta yaitu gusti Allah SWT(lirik-lirik lagu blues generasi pertama,kalo saya amati jarang yg menghujat sang Pencipta.Bahkan lagu-lagu generasi awal itu kok njih memuja akan kebesaran sang pencipta).

  5. hippienov Says:

    Alo Mas Kukuh, wah njenengan terlalu memuji… Kompilasi ini sangat jauh dari kata bagus mas. Banyak jawara blues yang ndak masuk seperti Elmore James, Robert Johnson, Buddy Guy, dan masih banyak lagi. Karena merasa kompilasi ini gak bagus makanya dulu aku mau masukin ke blog mas…

    • kukuh tawanggono Says:

      Mas Hippie……. justru itulah yg menjadi keunikkan kompilasi njenengan ini(tanpa menyertakan nama-nama yg sering disertakan dalam kompilasi musik blues).
      Bagi saya kompilasi njenengan ini kok memberi warna baru,sehingga amat menarik untuk didengarkan.

  6. Budi Putra Says:

    Sayang Ten Years After gak dimasukin….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: