“Free Bird” Lynyrd Skynyrd

Budi Putra

image

Kala itu sedang trennya radio M97 dikalangan pecinta rock klasik. Tiba jelang tengah malam di ruang kecil kantorku sekitar tahun 2000-an, terdengar intro lagu yang membuat hati serasa nyaman dan tenang setelah seharian menunaikan tugas yang diberikan. Perpaduan antara bunyi hammond, gitar, dan ketukan drum terdengar begitu harmonis. Namun karena belum tahu judul lagunya saya telpon M97: “Bos, lagunya siapa nih? “Free Bird” bos dari Lynyrd Skynyrd”, jawab telpon disebelah.

Permainan slide gitar dan iringan organ yang begitu harmoni dipadu balutan vokal nan lembut. Hingga pada akhir lagu ritmenya menjadi lebih cepat dengan permainan solo gitar yang cukup panjang durasinya. Permainan dari ketiga gitaris Gary Rossington, Allen Collins, Ed King, dan Steve Gaines, serasa mengaduk-ngaduk rasa mendengar lengkingan melodi gitar yang dimainkan itu. Selain asyik untuk didengar tentu enak juga untuk dikumandangkan:

If I leave here tomorrow
would you still remember me
For I must be travelling on now
there’s too many places I gotta see

And if I stay here with you girl
things just couldn’t be the same
For I’m as free as a bird now
and this bird you cannot change
and the bird you cannot change
and the bird you cannot change
Lord knows I can’t change

Bye bye it’s been sweet love
though this feeling I can’t change
Please don’t take it so badly
Lord knows I must play

And if I stay here with you girl
things just couldn’t be the same
For I’m as free as a bird now
and this bird you cannot change
and the bird you cannot change
and the bird you cannot change
Lord knows I can’t change,

Di jajaran band rock klasik era 70-an nama Lynyrd Skynyrd band asal Jacksonville, Florida, Amerika Serikat, memang jauh dari bayang-bayang supergrup macam Led Zeppelin/Deep Purple atau juga GFR. Namun bukan berarti Lynyrd Skynyrd tidak memiliki penggemar/fans fanatik. Bahkan nama Lynyrd Skynyrd juga diabadikan di Rock and Roll Hall of Fame pada 13 Maret 2006. Anggota utama band ini ialah Ronnie Van Zant, guitarist Gary Rossington, Allen Collins, Ed King, and Steve Gaines, bassist Leon Wilkeson, keyboard player Billy Powell, dan drummers Bob Burns dan Artimus Pyle. Grup ini mencapai puncak kejayaan pada tahun 1970-an di bawah pimpinan vokalis dan penulis lagu Ronnie Van Zant. Namun band ini bubar pada tahun 1977 setelah Van Zant, gitaris Steve Gaines, dan vokalis latar Cassie Gaines tewas dalam kecelakaan pesawat di McComb, Mississippi.

Namun beberapa tahun kemudian band ini eksis kembali dipentas rock dengan dukungan dari para personilnya yang masih tersisa.

17 Responses to ““Free Bird” Lynyrd Skynyrd”

  1. Budi Putra Says:

    Luar biasa, superduper cepat…trims mas Gatot sdh ditayangkan tret ini…pagi2 sarapan LS…hehehe

    • Gatot Widayanto Says:

      Sama-sama mas Budi … Business at speed of thought …katanya Bill gates lho …

      Lynyrd Skynyrd memang band blues rock yang nyamlenk. Pertama kali seneng justru dari lagu Simple man yang mirip sama Always Somewhere nya Scorpions – di bagian klentingan gitarnya. Siapa nyengat (baca: nyontek) siapa hayo? Atau saling menyengat seperti Mrs A dan Mr K.

      Saya koleksi CDnya yang Essential Gold collection …wah …semua lagunya enak banget. namun yang saya terkesan ya I Need You, Free As A Bird dan tentunya Simple Man …

      Ma kasih mas Budi , telah mengangkat blues rock di blog gemblung … Abis bahas metal kok terus ke blues-rock …huopo tumoooon??

  2. kukuh tawanggono Says:

    Mas Budi sedulurku lanang

    Saya malah tertarik pada foto band itu mas.Bendera selatan(jaman civil war)yg saya jadikan untuk selimut saya dan Jembres kala tidur.Keren lho mas Budi………….
    Untuk band ini,ada sedikit cita rasa blues yg mereka sisipkan di dalam karya-karya mereka.Sungguh langkah yg amat menarik.

    Sugeng ngelampahi jejibahan(selamat menjalankan kewajiban)

    • Gatot Widayanto Says:

      Sugeng ngelampahi jejibahan, mas Kukuh …

      Kulo jejibahan teng nggriyo kemawon …. Enake dadi konsultan, waktu dan tempat kerja boleh milih ….he he he he …. Boss cukup satu aja …Allah subhanahu wa ta’ala …. Selama itu manusia atau makhluk lain, tak boleh diangkat jadi boss …

      ha ha ha ha …

      • kukuh tawanggono Says:

        Ha ha ha…..mas Gatot lha kalo ini namanya nyiwir kuping(menjewer telinga)….ha ha ha
        Matur sembah nuwon sampun maringi wejangan(terima kasih sudah memberikan wejangan) njih mas.
        Memang mas saya sudah punya rencana kepingin seperti njenengan.Saya ini kerjanya swasta,suatu saat(walau prestasi saya seperti apapun)bila perusahaan sudah ndak membutuhkan ,saya pasti dibuang.Karena itulah(juga pengalaman yg saya alami dulu ketika alm bapak meninggal)saya mulai usaha sampingan kecil-kecillan.Alhamdulillah usaha sablonan itu kok njih jalan(asal saya mau lebih keras lagi berusaha dan berdoa pasti akan lebih baik lagi).
        Pada saat ini,mau ndak mau saya harus mulai mengadakan perubahan dalam berpikir dan berperilaku mas(karena saya sudah diamanahi oleh gusti Allah dengan suatu amanah yg amat berat).Disamping itu saya harus lebih keras lagi dalam belajar,untuk memperbaiki segala kekurangan saya.

  3. andria h8 Says:

    saya punya vcd live from tinsletown, saya beli sekitar thn 2001 saat booming vcd. cuma sayangnya southern rock tak membuat saya bergetar🙂

    • Gatot Widayanto Says:

      Oh poor Andria …

      • andria h8 Says:

        😀 bener pak, selain 3 lagu terkenal mereka kok lainnya perlu banyak waktu utk bisa menerima. utk lagu2 Grateful Dead juga gitu. All Bros cuma lagu Jessica doang. saya baca di GuitarWorld Allman Brothers mau pensiun dan membuat tur perpisahan.

  4. hippienov Says:

    Lynyrd Skynyrd, sweet home alabama… meskipun aku cukup antusias dengan southern rock tapi sayangnya aku nyaris minim informasi tentang band legendaris ini, yang paling aku kenal ya sweet home alabama kuwi…
    Thanks Mas Budi untuk pencerahannya, jadi semangat nyari cd nya nih…

  5. hippienov Says:

    Mas Andria, the allman brothers keren mas. Aku punya beberapa lagu saat mereka konser di Fillmore East. Keren loh mas…
    Aku suka banget Ramblin’ Man: “Lord I was born a ramblin’ man… I’m trying to make a living and doing the best I can…”
    Guitar solo di ujung lagunya panjang dan lama banget.

  6. indah Says:

    walau termasuk dalam daftar 100 lagu yang keren permainan gitare, saya ndak suka dengan syair lagu ini… tapi ketika saya mendengar lagu Dear God (A7X), musik e terdengar mirip2 dg lagu ini… enak dan yang pasti saya suka syair e…🙂

  7. apec Says:

    Mas Budi, saya memiliki kaset Contessa dengan nama musisinya Rossington-Collins Band. Apa mereka ini gitaris dari Lynyrd Skynyrd ini? Lumayan didengar musiknya..khas terasa hawa 70 an

    • Budi Putra Says:

      saya cari referensi dulu ya…wes telat…hehehe. namanya sama mas Apec…

    • andria h8 Says:

      berdasar penerawangan saya itu memang grup yg dibentuk anggota LS yg selamat : Gary Rossington (gitar), Allen Collins (gitar), Billy Powell (keyboards), dan Leon Wilkeson (bass)

  8. tony lumbantobing Says:

    thanks mr G.

Leave a Reply

