Megahnya Konser Yes (9 of 10)

Herwinto

image

Union Live….Konser Kerukunan…

Mungkin inilah konser Yes paling unik sepanjang karir mereka, karena melibatkan semua personil yang pernah menjadi anggotanya minus Banks, Moraz, Downes dan Horn tentunya. Terlepas dari persoalan teka teki dibalik konser ini yang kata orang hanya karena mereka butuh uang padahal sebenarnya lagi tidak rukun, seperti Bruford yang butuh dana untuk membiayai proyek Earthworks nya, atau perseteruan kubu ABWH dengan Jonathan Ellyas seperti pernah saya bahas dalam tret ‘YES dan ABWH’ tetaplah ini konser yang luar biasa, setidaknya mereka rukun dalam satu panggung.

image

Konser keroyokan ini melibatkan delapan personil dengan susunan, vokal Jon, gitar Howe dan Rabin, bas Squire, kibor Wakeman dan Kaye serta drum oleh White dan Bruford, susunan dobel instrument inilah yang mengakibatkan konser ini menjadi sangat dahzyat, setidaknya itulah yang saya rasakan. Apa jadinya bila gitar klasik bertemu dengan raungan gitar elektrik sarat distorsi, drum akustik bertemu drum elektrik dengan suara khas nya ‘thak trathak thak’, kibor klasik bertemu kibor new wave…jadilah musik Yes nan dahzyat bergemuruh…

Konser dibuka dengan intro khas mereka Firebird Suite dan langsung digeber dengan Yours Is No Disgrace yang didukung kocokan gitar Rabin, disini permainan gitar Howe pada tengah lagu penuh improvisasi dengan tetap diperkuat oleh raungan gitar Rabin yang garang. Langsung disusul oleh Rythm Of Love yang kali ini Wakeman dan Kaye mengambil posisi yang sangat cerdas yaitu pembukaan lagu oleh Kaye yang bernuansa 80 an tapi di bagian penutup Wakeman mengemas dengan nuansa 70 an benar benar indah. Saya jadi suka padahal kalau dengar dari Big Generator biasa aja.

Heart Of The Sunrise dimainkan dengan sangat hebat perpaduan dobel drumnya benar benar maut, disusul solo Howe pada Clap/Mood For A Day, nomor hit Owner Of A Lonely Heart ditampilkan dengan polesan kibor klasik Wakeman disambung Your Move yang begitu mantab. Solly’s Bear adalah solo gitar Rabin yang begitu ciamik, tak ketinggalan nomor keren dari Union yaitu Saving My Heart dimainkan dengan begitu jernih dan inilah satu satunya nomor Union yang dimainkan.

Seperti biasa Squire tetap memainkan nomor kocak Fish yang membuktikan kepiawaiannya bermain bas, nomor ini di medley kan dengan Amazing Grace, Wakeman pun tak mau kalah memainkan nomor solo kibornya, disambung nomor keren Awaken yang sangat apik disajikan mengingat dobel instrumennya, sungguh membahana dan kenikmatan semakin menjadi jadi ketika nomor penutup dimainkan, apalagi kalau bukan Roundabout….kuereeeen abis!!! sungguh saya suka sekali dengan versi ini. Salam!!

2 Responses to “Megahnya Konser Yes (9 of 10)”

  1. Koh Win Says:

    Matursembahnuwun mas G sampun dipun posting, sugeng makaryo…selamat juga sudah tiba di tanah air kembali….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: