Miraco Tempo Dulu …

SubhanAllah!

Temen2 gemblungers …Pagi ini saya dikejutkan dengan tampilnya sebuah foto nuansamatik kemlitik yang tak nyangka saya bisa mendapatkannya. Foto ini beredar di media sosial dan saya terkesima dengan foto ini. Kenapa? Sebagian dari Anda tentu tahu bahwa saya merintis prog dari benih sampe numbuh subur di hati ya mulai dari Madiun dan tepatnya dari toko atau photo studio Miraco inilah saya mulai mengenal kelompok-kelompok musik rock jaman dulu baik Uriah Heep, Deep Purple, Mahogany Rush, Chicago, Pink Floyd dsb. Tentu …setelah saya baca di Aktuil. Sebenarnya Miraco ini paling terkenal untuk urusan pas foto hitam-putih yang sering digunakan buat raport maupun ijazah. Namun toko ini juga menjual kaset dalam jumlah yang lumayan besar terutama Nirwana dan Starlite. Rasanya tak ada toko lain yang jualan rekaman ini, sehingga bisa dikatakan ini adalah “sole distributor” rekaman Nirwana dan Starlite. Rasanya kadang juga ada rekaman BASR atau Orient, tapi ndak banyak.

Miraco (1972) - koleksi Achdar Riyanto

Miraco (1972) – koleksi Achdar Riyanto

Foto ini menurut pengakuan mas Achdar Riyanto yang memilikinya dijepret pada tahun 1972. Sebenarnya tahun tersebut saya masih jarang mengunjungi toko ini selain urusan pas foto. Saya mulai aktif ya sekitar 1973 hingga 1979. Bisa dibilang saya istiqomah mengunjungi Miraco ini dengan sepeda jengki Forever warna hijau tentara yang dibelikan ibu saya karena lulus SD. Benar juga rasanya kalau ini tahun 1972 karena layoutnya pada tahun 1973 atau 1974 sudah memanjang dan jualan kaset di samping kiri.

Selama periode tersebut seingat saya membeli kaset-kaset ini di Miraco:

  1. Deep Purple “Who Do We Think We Are?” – Nirwana
  2. Uriah Heep “Demons and Wizards” – Starlite, side B: Khan “Space Shanty” dan Lucifer’s Friend “Where The Groupies Killed The Blues”
  3. Santana yang ada lagu “No One To Depend On” – Nirwana
  4. GodBless “Huma Di Atas Bukit” – Pramaqua
  5. Mahogany Rush “Strange Universe” – Nirwana
  6. Bad Company dan Queen yang ada “Tenement Funster” – Starlite (saya pernah posting)
  7. Pink Floyd “Wish You Were Here” – Nirwana yang kemudian saya tukar dengan Chicago karena rekamannya kusut (padahal itu akhir lagu Welcome To The Machine … ha ha ha ha …)
  8. The Runaways ; tapi ini saya mengantarkan temen saya Didik Rudiono, jadi bukan kaset saya
  9. Yes “Relayer” – Nirwana
  10. Beberapa kaset Indonesia seperti Koes Plus, Panbers, Golden Wing, The Mercy’s dan the Gembel’s, NoKoes, De Hands…

Melihat foto ini saya mbrebes mili terutama liat halaman depan tempat saya memarkir sepeda jengki Forever warna hijau tentara dan dikunci di situ. Betapa nikmatnya saat itu , begitu kaset dibeli (hanya satu biji setelah liat banyak kaset), sepeda langsung digowes kenceng pulang ke rumah di Jl. Sumatra melalui Jl. Pahlawan (dulu masih dua arah, sekarang searah). sampe rumah langsung saya setel di tape deck Teac A-36 yang mungil itu …. Guobyosz, kemringet trus nyetel lagu rock …opo ra enak kuwi????

#Lha dari dulu kok ndak ada kemajuan tingkat kehidupan ya …udah 40 tahun kok kendaraan tetep roda dua, tenaga betis pulak! Rapopo …urip kudu “dinikmati” … yo pow ra? Wis ..kokehan alasan …kokehan cangkem yo …. #

15 Responses to “Miraco Tempo Dulu …”

  1. andria Says:

    wah, saya saat itu masih latihan berjalan pak🙂 sayangnya kl pas ke Madiun saya lupa lihat tempat2 bersejarah pak gatot

    • Gatot Widayanto Says:

      Ha ha ha …. Bisa aja. Di dekat Tugu Madiun mas, Jl. Pahlawan paling ujung, tengah kota

  2. herman Says:

    Mas GW,…di Kediri juga ada Toko Miraco, adanya di jalan Dhoho, tetapi seingat saya nggak jualan kaset, Untuk Pas Foto hitam putih memang jagonya Miraco. Mungkin sampai sekarang masih ada tokonya…..Kebetulan anaknya dulu temen di SMA 1 Kediri, ……

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Herman … Berarti tahun segitu udah ada franchise ya mas … ha ha ha … Cuman yang di Madiun pake diversifikasi produk segala

  3. Budi putra Says:

    Di Kereo awal tahun 80-an setiap toko besar pasti jual kaset. isinya campuran ada kaset pop, dangdut, india, cina, dan rock. seingat saya kaset rock yang jadi favorit Scorpions, Deep Purple, Rolling Stones..dll. dulu enak, mau beli kaset gampang tinggal jalan ke toko kaset tersedia.

    • Gatot Widayanto Says:

      Iya mas Budi … Jaman dulu di pasar mana aja di Jakarta pasti ada yang jual kaset …

  4. kukuh tawanggono Says:

    Mas Gatot guru kulo

    Ningali(melihat)daftar belanjaan kaset pita njenengan mulai nomor satu sampai sembilan saya ini jadi senyam-senyum sendiri.Lha wong mulai kecil sudah difondasi musik semacam begitu,apa ndak keponting-ponting(terseok-seok)andai saya ini bercita-cita seperti njenengan……he he he.
    Mas Gatot pada kata-kata udah 40 tahun kok……….matur suwon(terima kasih)sudah memberi wejangan kepada saya tentang kerendah hatian.

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Kukuh ,… jaman segitu kulo belum tahu banyak musik ruwet von nguweng nguweng ….he he he …makanya ada Panbers segala …ha ha ha …

      • Budi putra Says:

        Iya mas Gatot…kalo ibu (Alm) belanja ke pasar Kebayoran Lama saya pasti diajak….selesai belanja biasanya makan sotomie dulu…setelah itu nyari kaset. ibu saya sukanya yg pop spt Dian Pisesa (?), Endang S. Taurina,…saat itu saya blm “ngeh” yg ngerock….kalo sdh ngeh pasti minta beliin…hehehe. Tp inceran saya kalo diajak belanja minta beliin ikan mas yg masih kecil2….wah seneng sekali kalo dibeliin. Tp bapak dirumah seringkali nyetel kaset Bharata Band (covering The Beatles), sama keroncongan…hehehe.

        Masalalu begitu indah…..sekarang jg indah krn bisa menikmati prog….hehehe.

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Budi,

        Saya dulu juga ikut ibu belanja ke Pasar Sepur, Madiun. Saya sukanya dibeliin kolak gempol yang sekarang sudah punah … Aduh …itu kolak enak banget. Padahal cuman dari tepung beras lho. Di Pasar Sepur Madiun gak ada yang jual kaset mas karena pasar tradisional nan becek. Namun saya malah seneng lho bau pasar becek itu … ha ha ha…aneh ya?

        Saya juga dulu suka ikan mas …ternasuk ikan emas dan ikan leong yang matanya mendholo itu. Keren banget. Saya gak punya akuarium tapi punya kolam ikan sederhana yang dibuat dari plastik kemudian dibatasi batu bata, dituangin air …maka jadilah saya punya kolam ikan … ha ha ha ha … Saya suka beli misua buat pakan ikan …

        Saya malah ndak pernah dengar Bharata itu rekaman kaset membawakan lagu The Beatles. Saya tahunya itu band Abadi Susman yang membawakan live saja seperti Gpluck …

        Betul …masa lalu indah tapi hanya sejarah mas, gak bisa kita kembali lagi …. Yang kita punya hanya hari ini …maka kita nikmati silaturahim via blog gemblunk ini aja … ha ha ha ha ha … Kata orang, hari esok itu misteri. Makanya yang kita punya hari ini. Makanya dalam bahasa Inggris hari ini disebut PRESENT (hadiah) ….

        #mas Kukuh lagi ngapain ya …indehoy ya ….ati2 jangan berduaan mas …yang ketiga setan itu mas …# (yang bilang bukan saya lho, tapi ajaran agama ….mulane gek ndang rabi wae mas …)

    • kukuh tawanggono Says:

      Ha ha ha ha ……Padahal untuk no 1-9 telinga orang awam bisa keriting jika mendengarkannya mas.Di Malang itu dulu toko Yu Kawi mas,tapi sekarang sudah dirubuhkan tokonya.
      Ngomong suasana penuh nostalgia,saat ini saya sedang menyaksikan pertunjukkan wayang kulit di PG Kebon Agung bersama saudara-saudara saya mas.Sementara saudara-saudara saya sedang ngrubung penjual angsle,saya duduk dengan tertib sambil membaca komentar njenengan via BB sesekali memperhatikan suluk dalangnya yg amat mantab mas……….he he he

      • Gatot Widayanto Says:

        Oh … Uriah Heep, Deep Purple, Santana ,,,,itu semua kan ringan to mas …. kecuali Yes aja mas …

        Oh ternyata lagi nonton wayang …kirain sedang berduaan sama nona A yang calon nyonya KT …. Aman lah ..jauh dari fitnah …lha wong rame2 mas ….

        Wah lakone opo mas? Aku dulu suka nonton ….lucunya pas perang bukannya aku mendengarkan musiknya gamelan aku malah bayanging Gates of Delirium nya Yes saat itu mas …. ha ha ha ha … Opo tumon?

      • kukuh tawanggono Says:

        Wahyu cokroningrat mas…..he he he.Njenengan dikaruniai olah rasa yg kuat mungkin dari itu njih mas.Sedari kecil sudah mendengarkan gamelan Jawa(untuk menikmatinya diperlukan kepekaan yg amat tinggi)jadinya ketika mendengar komposisi-komposisinya Yes,KC,Gentle Giant yg rumit njenengan jadi santai-santai saja/ndak sampai tertatih-tatih.

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Kukuh,

        Pengalaman asa dengan Gentle Giant ya dari side B nya kaset Pink Floyd Dark Side of The Moon rekaman Aquarius item-putih. Kala itu side B termasuk yang saya benci karena ndak suka musiknya. Eh …lama2 kok enak tuh lagu2 Gentle Giant dari album Octopus … Sejak itu saya koleksi mas …

  5. kunangkunangku Says:

    jadi terkenang-kenang zaman itu… tahun 72 saya baru kelas 4. tentu belum kenal rock. tapi miraco sudah tahu karena bapak saya waktu itu belum lama buka usaha toko semacam miraco. baru sekian tahun kemudian, mungkin setelah smp atau malah sma (lupa), saya kadang-kadang beli kaset di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: