Tony Macalpine “Freedom to Fly”

Andria Sonhedi

gw_macalpinefree

saya kok jadi ingat juga dgn pak cosmic yg sering mengirim grup2 tak lazim atau proyek para gitaris  utk memancing kemunculannya lagi saya coba kirim tulisan ttg Tony Macalpine. satu dari maestro gitar dunia yang saat ini (harusnya) sdh lebih banyak yang tahu dibandingkan dulu saat saya beli kasetnya. pada awalnya Tony malah main keyboards di album Vinnie Moore (Mind’s Eye, 1986) and Joey Tafolla mungkin karena baru mulai debutnya sbg solo gitaris. di proyek M.A.R.S. (Macalpine, Aldridge, Rock, Sarzo) – Project: Driver seperti yg pernah saya kirim beberapa edisi lalu, Tony menyumbangkan kemampuan gitarnya wl hasilnya biasa-biasa aja.  

Freedom to Fly (FtF) adalah album ke-4 Tony di tahun 1992. album ke-2 nya Maximum Security pernah diterbitkan Team records jaman kaset non royalty dulu & sampai sekarang menjadi target burauan saya. kembali ke album FtF, ini adalah album instrumental murni yg menegaskan kembalinya Tony ke selera asalnya setelah gagal mencoba lagu yg ngepop di album Eyes of the World. Di sini Tony tidak berusaha seperti Vinnie Moore atau Yngwie lagi namun sdh memakai ciri dia sendiri. lagu di side B berjudul Stream Dream adalah lagu kesukaann saya. mungkin di sini saya ngguweblak mendengarkannya.
tak mau melupakan kesukaannya pada piano maka ada cover Chopin Etude #2 Opus #25 yang dimainkan pakai keyboard. sayangnya tak ada improvisasi apa pun, terlalu sempurna.
semoga dgn Tony Macalpine mengudara ini pak Cosmic bisa muncul lagi dari pertapaannya🙂

 

7 Responses to “Tony Macalpine “Freedom to Fly””

  1. kukuh tawanggono Says:

    Mas Andria sedulurku lanang

    Njih mas,mas Cosmic kok tiba-tiba lenyap njih?………………………………..
    Saya melihat kaset njenengan itu malah menambah gemeeeees terhadap njenengan………he he he,bahkan album seorang Tony Macalpine mas Andria njih kagungan(punya)versi kasetnya.
    Mas Andria saya di kaset njenengan itu kok kesengsem(jatuh cinta)sama track no 8(track no 3 side b kalo versi kaset).Dia coba mengulik partitur milikke Chopin njih,hebat lho itu…………

  2. andria h8 Says:

    wah mas Kukuh membuat maluku🙂 (EYD versi Srimulat)
    utk Chopin Etude #2 Opus #25 itu bukan pakai gitar kok mas tapi keyboard. di cover kaset bagian belakang tak disebutkan ada piano. saya jadi ingat di album Tony yg Madness (1993) ada juga Prelude #8 Opus 28 yg juga pakai keyboard.

    • kukuh tawanggono Says:

      Ha ha ha ha ha ha ha………lha njih niku mas(lha ya itu mas),gek piye niki(bagaimana ini) semakin lama kok saya semakin koplak…….ha ha ha ha ha
      Andai dia ini mau menguliknya pakai gitar,saya lha kok kepingin membandingkan si Tony ini dengan Yngwie………

      • andria h8 Says:

        saya pernah membaca review utk yg Madness yg intinya mengatakan mmg cover lagunya Chopin itu bagus tapi sayangnya cuma pakai keyboard (artinya banyak org yg bisa juga).

  3. apec Says:

    Macalpine masih gondrong ya…

    • kukuh tawanggono Says:

      Ndak mas Apec,rambutnya sampun(sudah) dipotong pendek.
      Kulo nedi sepunten ingkang kathah(saya mohon maaf) njih,bila sekarang ada di negarane njenengan tapi ndak mampir.
      Mas Apec amit sewu,sepuntene ingkang kathah(permisi,mohon maaf)saya mbok diparingi no Hpne njenengan(saya mohon diberi no hp njenengan).No Hp yg dulu njenengan berikan ke saya itu lha kok hilang,jadinya ini tadi saya mau menghubungi njenengan jadi plonga-plongo…………………..

  4. Apec Says:

    Lhoalahhhhh..ngono kok yo ora bengok bengok….nomor TG ( tlp genggam) hamba 081553252192….

Leave a Reply

