Shine On di Magetan

Andria Sonhedi

gw-shine on

pada hari sabtu, sehari setelah kebatalan saya ketemu Koh Win, saya ikut acara sekolah anak saya di Magetan. anak pertama saya sudah kelas 6 SD dan utk menghadapi Ujian Sekolah (UAN sdh tak ada) para wali orang tua dikumpulkan untuk menerima pengarahan. saya bersyukur sekolah anak saya ini cukup amanah, hubungan dgn siswa maupun dgn para wali orang tua juga baik. belum lagi dengan biaya yang malah sering ditekan seminim mungkin, seolah menepis anggapan bahwa sekolah yang baik itu harus mahal.
pagi ini pihak sekolah pun salah satunya memberi kebebasan para wali orang tua dalam memilih sekolah SMP. tak ada keharusan untuk masuk ke yayasan yang sama, bisa memilih ke MTs, sekolah umum atau ponpes sekalipun. pak kepala sekolah juga mengharap agar nantinya kami melanjutkan mengawasi anak2 dalam hal ahlak2 yang sudah dirintis di SD tadi agar tetap bisa berlanjut di tingkat SMP.
wah, dikepala saya malah mulai menguweng-nguweng solo gitar David Gilmour yang membuka lagu Shine on You Crazy Diamond. maklum selama ini saya sering menjumpai hal2 yang diwejangkan oleh pak kepala sekolah tadi. saat masih muda mereka cemerlang, jadi bintang kelas tapi setelah dewasa malah jadi preman, pemadat, koruptor atau para free raiders. adik kelas SMA saya pernah cerita bahwa teman kuliahnya yg katanya jebolan sebuah sekolah negeri pilihan & maha dahsyat di magelang berubah menjadi anak biasa2 saja waktu kuliah. ternyata pergaulannya dengan dunia barunya yg penuh dengan kebebasan justru melenakan dia dari disiplin yang sudah ditanamkan selama 3 tahun penuh di SMA-nya dulu.
sepanjang yang saya baca, lagu Shine on You Crazy Diamond adalah lagu yg diperuntukkan ke mantan vokalis Pink Floyd: Syd Barrett.
Roger Keith “Syd’ Barrett hanya tetap dikenal sebagai pendiri Pink Floyd yang jenius, itu saja. dia tak bisa menyumbangkan hal2 yang seharusnya bisa dia berikan lebih. pilihannya pada obat bius memupuskan kita dari karya2 prog yang dahsyat. Syd meninggal tahun 2006 lalu.
saya tak ingin anak saya cuma jadi Syd Barrett, saya tak ingin anak saya menjadi jenius yang mandeg & getir.

“remember when you were young
you shone like the sun…”

3 Responses to “Shine On di Magetan”

  1. kukuh tawanggono Says:

    Mas Andria sedulurku lanang

    Membaca tulisan njenengan saya ini kok jadi terenyuh njih.Apa yg njenengan tuliskan itu,adalah sebuah tafsir atas sebuah lagu yg berjudul “Anakku”dalam album Godbless yg berjudul Apa Kabar.Sebuah pemaknaan terhadap kehadiran si kecil dan bagaimana nantinya dia dapat memberikan sumbang asihnya kepada dunia sebagai makhluk ciptaan-Nya.Semoga si kecil nanti dapat memenuhi harapan njenengan.

    • andria h8 Says:

      terima kasih pak gatot, sdh menyempatkan memuat ini di kala menghadapi para klien di Bali.🙂

      terima kasih mas Kukuh, semoga kelak keluarga njenengan juga bisa menjadi keluarga yang sakinah. bukan hanya ‘ two lost souls swimming in a fish bowl,year after year’ seperti lagu Pink Floyd.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: