Rockline! KISS Complete Series …

Nelwin Aldriansyah

Jaman kaset bajakan dulu, Saturn records, (setelah merger dilanjutkan oleh Team Records), banyak menerbitkan seri kaset ‘complete series’..

sebut aja seri kaset The Beatles, Deep Purple, The Rolling Stones, Genesis, Pink Floyd, Yes, Led Zeppelin, Queen.. Seri kaset Led Zeppelin dan Queen ini baru muncul setelah era Team records, dengan ciri khas logo RockLine! dan grafis kuning-abu2-hitam di cover nya..
Gw malah pernah lihat seri RockLine! band Rainbow yang terdiri dari 8 kaset di salah satu lapak Jatinegara.. padahal dulu jaman kaset bajakan rasanya nggak pernah liat seri Rainbow tersebut.. Eh.. ternyata setelah ngobrol2 dengan beberapa pedagang kaset di Blok M Square, kabarnya seri RockLine! Rainbow tersebut bikinan orang Malang.. alias barang bajakan masa kini..๐Ÿ˜€
ย Terinspirasi dari semangat DIY anak Malang tersebut, gw iseng2 bikin disain ‘complete series’ untuk KISS dengan style RockLine!.. setelah di coba print laser color, loh.. keliatan mirip.. akhirnya gw bikin deh cover J-cards untuk 15 album Studio KISS.. setelah di print, kemudian di potong2 dan di masukkan ke kotak kaset.. trus difoto..
front
side
Abis itu iseng gw aplot fotonya ke FB gw, dan juga ke 2 grup bbm kolektor2 musik rock.. gak disangka ternyata banyak yang penasaran, mengira itu kaset asli dari jaman bajakan dulu.. padahal sengaja gw ikutin album Hot In The Shade (rilis 1989) yang secara logika gak mungkin ada produk RockLine! nya.. kan sejak 1988 udah gak boleh kaset bajakan di Indonesia๐Ÿ˜€
banyak yang komen, japri.. malah ada yang nanya dijual apa nggak.. hehehe.. apa sekalian aja ya dicetak untuk ‘kalangan terbatas’?
wkwkwkwk.

 

27 Responses to “Rockline! KISS Complete Series …”

  1. Wahyu Says:

    Sampean mbahe kreatif mas..salutttt

  2. Gatot Widayanto Says:

    Pada saat melihat kreasi bro Nelwin ini di FB, saya ketawa ngakak dan mau komentar sebenernya …ha ha ha ha ha. saya jadi inget bikin versi sejenis tapi buat Yess, namun album prog baru seperti GlassHammer …. ha ha ha

  3. andria h8 Says:

    kl ada bener saya pasti sdh lihat di koleksinya mas Hardi Dokken ๐Ÿ˜€

  4. Nelwin Aldriansyah Says:

    hehehe.. KISS seri RockLine! cuma ada 3 yang pernah dirilis oleh Team records.. album Asylum dan Crazy Nights dengan grafis kuning, abu2 dan hitam.. dan kaset Animalize Live Uncensored.. yang ini ada logo RockLine! tapi grafisnya beda, dasar warna hitam.. trus yang bukan seri Rockline! ada album Alive II dengan model cover diluar casing lapis plastik,Team juga ada rilis The Very Best of KISS..

    yang gw punya 5 kaset itu aja dari Team records, ada yang lain…?

  5. Nono Says:

    Mas nelwin.. sekali2 perlu dicoba kiss dibikin versi yess spti mas G prnh bikin glas hammer versi yess mungkin jd makin keren.
    Tp rocklinenya juga keren kok mas. Diblog gemblung ini penghuninya makin kreatif aja. Salut.

  6. Nelwin Aldriansyah Says:

    Mas Nono, Yess cuma rilis satu album KISS, album Love Gun.. side B nya Alice Cooper – Lace and Whiskey.. Saya punya kaset KISS Love Gun rilisan Yess ini, tapi dulu waktu SMP cover nya saya gunting2 trus di tempel di karton hitam.. biar keliatan satu seri kayak produk Saturn saat itu.. hehehe.. dari dulu udah terobsesi punya kaset satu seri.. sayang gak ada label bajakan yang bikin..๐Ÿ˜ฆ jadinya kaset2 dari berbagai label, Yess, King’s, Saturn, Aquarius dll nya saya kanibalin trus di tempel di karton hitam..

    pernah denger dari om Gunawan Kims Varia, kalo King’s records pernah ngeluarin Platinum Series KISS kayak seri Queen, Stones, Genesis series.. tapi saya sampe sekarang belom pernah liat.. Om Gunawan bilang dulu dia pernah punya.. tapi dah lama dijual..

  7. kukuh tawanggono Says:

    Mas Nelwin sedulurku lanang

    Saya sebagai orang yg tinggal di Malang,membaca tulisan njenengan ini ngakak(tertawa)sampai perut menjadi mules.Ternyata” ranjau-ranjau” para kartel yg dulu sering memakan korban para kolektor kaset yg ndak hati-hati,dijadikan sebagai bahan inspirasi………………….ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha (saya dulu juga pernah jadi korbannya).
    Tulisan njenengan ini, misalkan ditunjukkan pada mereka pasti kita akan dapat jawaban:”Ooo lek iku ayas gak tau sam,ndak kipa iku”(ooo kalo itu saya ndak tahu mas,ndak baik itu).
    Sebenarnya” ranjau” karya temen-temen ya bukan cuma itu saja.Album indonesia lawas juga sering dijadikan bahan.Tapi prosesnya ndak secanggih njenengan(justru karena hal inilah yg membuat banyak memakan korban)yg hasilnya terlalu mengkilat sehingga bisa menimbulkan kecurigaan.
    Kalo album-album metal dulu seingat saya,yg sering ngebom itu Y.Tapi sekarang sudah ndak aktif lagi orangnya.

    • andria h8 Says:

      maaf OOT pak Nelwin๐Ÿ™‚
      mas Kukuh, saya pernah hampir beli kaset seken Yngwie Malmsteen -No Parole for Rock ‘n Roll di Sidoarjo. setelah saya teliti, sdh nelpon ahli rockline saya saat itu tak lain tak bukan adalah mas Hardi Dokken, ternyata terlalu mulus & ada reliefnya dicetakan hurufnya. apakah itu hasil karya anak2 Ngalam juga?

    • kukuh tawanggono Says:

      Ha ha ha ha ha ha ha ……………..mas Andria hampir menginjak ranjau njih, saya sependapat dengan mas Hardi(beliau itu kan ahlinya rekaman rockline)memang 70% saya ragukan keasliannya.
      Kalo kaset yg njenegan tawar itu made in Malang,kemungkinan memang ya.Seingat saya dulu itu yg dijadikan ranjau itu njih SAS,AKA,album dangdutnya Albar”Zakia”,Duo Kribo,Guruh Gypsi(kalo ini garapannya amat halus,jadi banyak yg kena).
      Genre metal itu biasanya karya” Y”seingat saya albumme Canibal Corps”Butchered at Birth”,”Tom of The Mutilated”,Deicide,Suffocation,Death Angel,Napalm Death,ini yg masih saya ingat.Kalo” Y “ini kasetnya mulus seperti beli di toko,barangnya mengambil style kaset rekaman yess(sampul album di print menyamai kaset-kaset rilisan legal di toko juga kertas-kertasnya sama,judul lagu,kadang-kadang nama musisi,tanpa disertai teks lagu),bahkan dibuatkan cover yg membungkus kotak kaset(seingat saya ini albumme Deicide”The Stence of Redemtion”).

      • danangsuryono2112 Says:

        rasanya kalo rilisan Team ini termasuk yang gampang menggilingnya, karena tekhnologi percetakan memungkinkan.
        Rilisan YESS awal dan Contessa awal, rasanya agak susah… apakah sekarang masih bisa nemu percetakan yang bisa cetak dengan huruf dekok kayak cover kaset YESS…

      • kukuh tawanggono Says:

        Njih setuju mas DananG.Tapi saya juga pernah mendengar dari salah seorang kartel,kaset rekaman yess dulu katanya juga ada yg dijadikan ranjau.Menurut orang itu kalau yg palsu itu garis tepinya lebih tebal dari pada rilisan kaset Yess yg asli.
        Kalo yg garapannya halus(rilisan album indonesia jadul),biasanya mereka mencari cover album asli yg ndak ada kasetnya.Ketika cover album sudah didapat,baru mereka mengerjakan kasetnya dengan merekam melalui tape rumahan.

      • danangsuryono2112 Says:

        Iya mas Kukuh, tingginya demmand membuat beberapa orang menangkap peluang ini dengan berbagai macam trick.

    • Nelwin Aldriansyah Says:

      Mas Kukuh,
      Sorry baru reply..๐Ÿ™‚
      Ternyata kera ngalam pada kreatif ya mensiasati dan menangkap peluang bisnis kaset2 langka..๐Ÿ˜€

      Bagusnya di Jakarta para pedagang kaset sebagian besar jujur, ngasih tau kalo barang itu asli atau tembakan.. Yang punya duit banyak silakan hunting aslinya dengan harga ghoib.. Yang budget pas-pasan silakan puas dengan barang tembakan..

      Yang jadi masalah kalo barang tembakan di klaim sebagai asli, udah nggak etis lagi itu sih.. Ada satu dua pedagang yg seperti itu di Jakarta.. Buyer beware..๐Ÿ˜‰

  8. Apec Says:

    Mas Nelwin, ke depannya, produk Rockline versi sampeyan ini akan jadi colector’s item lho…tinggal diperbanyak saja..tapi cukup sebanyak anggota blog edan ini saja

    • Nelwin Aldriansyah Says:

      Mas Apec,
      Print covernya sih gampang..
      Yang susah nyari kaset Maxell model lama, satu set aja butuh 15 kaset.. Kalo peminatnya ada 5 orang aja butuh 75 kaset maxell bekas..๐Ÿ˜›

  9. hippienov Says:

    Uedyan…hampir nafsu pas pertama liat mahakarya Bro Nelwin ini sampai aku perhatikan ada album “hot in the shade”, lah kok iso? Album ini kan dirilis setelah kaset bajakan di banned? Baru kemudian aku baca keseluruhan tulisan Bro Nelwin dan senyum-senyum sendiri di meja kantorku. Tuobz buanget bro! Aku mau seri komplit “Kiss-Rocklnie” nya, dijual berapa? ^_^

  10. Bentar Lukman Says:

    Hehe keren mas.. kalo yg saya tau sih, teknologi printing sekarang malah lebih bagus hasilnya dibanding yg asli rockline (dari sisi kualitas gambar, cuma ga tau kalo dari sisi daya tahannya) Saya pernah nyoba tapi nyerah di sesi recordingnya, kudu punya tape perekam yg bagus nih๐Ÿ™‚

  11. danangsuryono2112 Says:

    Jangan lupa, ngrekamnya kudu pakai pita maxell ya, ingat maxell jangan yang lain mas Nelwin…..:)
    Mas Nelwin ini juga kreator batik KISS limited edition, yang sudah go international di KISS Cruisse…

Leave a Reply

