Menanti “Jakarta Prog Festival”

Budi Putra

image

Seperti Hammersonic, Java Rock in Land, serta sejumlah konser/festival rock-metal lainnya, baik yang dilaksanakan ditingkat lokal maupun nasional seolah menunjukkan kembali kebangkitan industri musik rock-metal di tanah air. Untuk itu kita patut berbangga dan bersuka-cita bahwa ternyata musik rock terus bergema walau di tengah-tengah kelesuan-kebangkrutan industri musik rekaman.

Tidak tanggung-tanggung bukan hanya band lokal yang ditampilkan juga band skala internasional pun turut meramaikan perhelatan tersebut. Seperti Hammersonic yang menampilkan band thrash metal era 80an Kreator, Morbid Angel, serta band lokal berkelas lainnya yang tengah digemari seperti Burgerkill, Seringai, Siksakubur, dll. Perhelatan ini menjadi bukti juga ajang berkerumunnya pasukan metalhead yang tidak hanya datang dari Jakarta tetapi juga dari kota-kota lainnya, turut memadati lapangan Istora Senayan. Sebelumnya, di Kalimantan juga digelar Kukar Rockin Festival yang tidak hanya diramaikan band gaek asal Surabaya, Power Metal. Namun kali ini dedengkot thrash metal jebolan Bay Area Testament, turut memanaskan festival musik tingkat lokal tersebut. Bahkan di kota Solo, Jawa Tengah sudah memiliki agenda musik metal tahunan. Persis seperti Hammersonic atau Kukar Rockin, dalam perhelatan ini panitia juga mendatangkan band skala global seperti Death Angel, Lamb of God, dll. Nampaknya geliat rock-metal tidak hanya mencuat di tingkat nasional tapi sudah merambah ke lingkup kota-kota lainnya di Indonesia. Tentu saja hal ini merupakan perkembangan yang positif bagi musik rock-metal kedepannya. Karena penyebarannya/perkembangannya bukan hanya didominasi oleh kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, tapi juga Solo serta Kalimantan dan mungkin kota-kota lainnya.

Tak bisa dipungkiri perhelatan rock utamanya metal kini berada di puncak kejayaannya. Di mana-mana gemuruh musik inilah yang mampu mendatangkan ribuan massa seperti pada konser Metallica di GBK beberapa waktu yang lalu. Jubelan massa/penonton seperti ini hanya bisa disamakan rekornya dengan sepak bola ketika Timnas main di GBK pada ajang AFF atau Sea Games tahun-tahun lalu (padahal kalah) atau kampanye parpol papan atas—itu juga kalo angpaunya lancar…hehehe. Memang ada sejumlah konser dari jenis musik lainnya seperti Jakjazz, Jakblues, atau konser-konser band indies, tapi tentu tak seheboh perhelatan metal yang tengah naik daun pada saat ini, bukan? Yang lainnya sepertinya adem-adem aja tuh…hehehe. Sori bro, itu menurut informasi dan pendapat pribadi saya aja. Dan memang musik metal selalu mendatangkan kegairahan dan semangat yang tidak bisa disamakan dengan jenis musik lainnya sesuai dengan pakemnya masing-masing—musik klasik yang tenang, jazz yang cukup menggoyangkan kaki dan sesekali tepuk tangan, blues yang menyayat hati, pop yang bikin kita tersedu-sedu, atau dangdut yang cukup goyang jempol sudah asik…tapi metal semua bergerak bro, dari kepala (headbanger), tangan (kibas kiri kanan) hingga kaki (nendang kiri dan kanan hingga jump)…apalagi bila moshing pit!

Namun bagi pecinta musik rock progresif atau lebih tepatnya progrock mungkin perlu bersabar diri (atau mungkin sekedar impian) agar bisa menyaksikan deretan band-band prog ternama seperti Yes, Marillion, IQ, dll, bisa tampil bersama dalam sebuah konser. Saya ngebayanginnya konser itu bertema “Jakarta Prog Festival” (untuk awalan di Jakarta dulu ya) atau memakai tajuk seperti yang tertera di pada poster itu…”Cruise to the Edge” diganti “Jakarta to the Edge”…keren gak? Atau ada usul tema lainnya?

Biar adil kan perlu juga di fasilitasi bagi para pecinta prog dengan konser sejenis dan kenapa harus kalah dengan metal? Hehehe…Siapa tahu dari sini ada promotor gemblung yang mau menggagas acara tersebut. Gak usah ikut-ikutan di kapal pesiar cukup di Ancol atau Istora Senayan…bagaimana, ok gak?

15 Responses to “Menanti “Jakarta Prog Festival””

  1. Wahyu Says:

    Sangat ok Pak Budi..

  2. kukuh tawanggono Says:

    Mas Budi sedulurku lanang

    Ha ha ha ha ha ha ha……..saya ini sempat kaget dengan poster karya njenengan itu.Kok ada nama gembong-gembonge prog,saya kira memang mau ada gelaran prog rock di Jakarta(soalle untuk info ini kok saya belum dapat)…………….elah dalah lha kok itu harapane njenengan.
    Memang mas,saya sendiri kok kepingin itu terwujud njih.Tapi untuk menuju kesana itu,diperlukan jalan yg amat panjang untuk dilalui.Tidak mustahil ini pasti terjadi,toh di prog ini ada orang-orang berpengaruh yg sanggup mewujudkan semua ini bisa terjadi.(Semacam mas Gatot,mas DananG,njenengan,mas Khalil,mas Apec,mas Hippie,mas Andria,dan sedulur-sedulur yg lain).
    Semoga saja cepat terwujud njih………Aaamiiin Aaamiiin Aaamiiin ya Rob

  3. Budi Putra Says:

    Hahaha…ini sekedar pengharapan mas Kukuh siapa tau dlm kdpnnya bisa terwujud…btw, ngomong2 semalam bersama nona A, piye?

    • Budi Putra Says:

      Wah, sdh di bhs di Machine Head…yg penting skrg bgm nyiapin utk malam mingguan…njih mas Kukuh?

      • kukuh tawanggono Says:

        Mas Budi, sebenarnya ada yg menjadikan saya heran.Kenapa rekaman musik prog(terutama generasi baru)kok sulit dicari(kalo di Batavia memang mudah mas,tapi kalo didaerah rata-rata sulit),padahal pencintanya saya kira kok lebih banyak genre prog daripada jazz.Itu lho yg mungkin gelaran-gelaran prog yg ingin digelar,menjadi agak ragu.Dikiranya penikmat musik prog sedikit,padahal banyak sekali.

      • Budi Putra Says:

        Mungkin sj publikasi prog tdk sedahsyat musik metal…coba aja lihat media2 mainstream jarang sekali mengulas ttg prog…pdhl ini musik mendidik dan berkelas. Atau mungkin sj penggemar prog msh blm teridentifikasi spt penggemar metal. Tpyg saya salut agenda di kapal pesiar tsb yg menawarkan prog line dg band prog lawas jg yg baru…hebat!

      • kukuh tawanggono Says:

        Mas Budi,melihat list musisi yg njenengan buat itu saya jadi mikir.Kira-kira berapa harga karcisnya kala kita melihat acara tersebut.Lha wong pengisi acaranya itu,jajaran elit dalam musik prog niku(itu)………………..he he he

      • Budi Putra Says:

        Kalo soal tiket mas Gatot yg lbh paham mas Kukuh…kalo Hammersonic kmrn 300 ribuan.

    • kukuh tawanggono Says:

      Alhamdulillah melebihi target,saking donga pangestune(berkat doa restu) njenengan dan sedulur-sedulur disini.
      Malam mingguan ndak lah mas,mulai sekarang saya ajak siang hari saja(toh sekarang sudah jadian, tinggal santai-santai saja)takut nanti kalo ada setan”Berbahaya Sekali”mas.

  4. Edi Apple Santoso Says:

    saya juga sangat menanti mas budi …. jakarta progfest ….

    • Budi Putra Says:

      Iya mas Edi, kalo metal bisa mengapa prog enggak ya…bahkan Jakjazz malah jd agenda rutin ya mas…haduh kalo bisa seneng sekali.

  5. hippienov Says:

    Dulu sempat event “prog” digelar di Jakarta beberapa kali, tapi event nya kayaknya gak masif malah cenderung seperti konser “underground” hanya saja ini main theme nya prog-rock. Tapi sekarang event tersebut seperti vakum atau mati suri, gone are the songs of yesterday. Padahal penikmat dan penggemar musik prog gak bisa dibilang sedikit, hanya mungkin faktor sponsorship nya yang kurang bersahabat.
    Aku malah suka membayangkan sebuah festival musik prog, seperti dulu pernah ada festival musik indie lokal yang ada cd kompilasinya “L.A Lights Indie Fest.” kalo gak salah judul kompilasinya. Andai ada kompiliasi “L.A Light Prog-rock Fest.” waduh luar biasa banget…

    • kukuh tawanggono Says:

      Ha ha ha ha ha ha ha …………….semoga bisa terlaksana mas Hippie(sedulurku yg satu ini memang jeli,sampai dalam mengamati sebuah eventpun ditelusuri dengan amat detil).

  6. danangsuryono2112 Says:

    Rasanya memang berat untuk menggelar acara semacam progfest di Indonesia. Secara peminat musik inipun antara ada dan tiada. Dibilang gak ada wong di FB banyak sosok yang super duper penggemar musik prog, namun untuk menonton konser nanti dulu….itu soal lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: