Nicky Astria

Wahyu Triantono

Nicky Astria - Suka, Kau (1998)

Mumpung masih di bulan April yang kurang beberapa hari lagi habis dimana bulan April bagi Bangsa Indonesia diperingati sebagai hari Ibu Kartini yang dikenal sebagai seorang wanita yang memperjuangkan hak hak seorang wanita untuk bisa sejajar dengan kaum pria..dan untuk itu di blog gemblung ini tidak afdol rasanya kalo tidak melihat sepak terjang kaum wanita Indonesia yang mempunyai profesi sebagai penyanyi atau vokalis rock.
Di era tahun 70 an kita mengenal sosok Euis Darliah dan Silvia Sartje sebagai lady rocker yang sangat terkenal dengan suaranya yang serak mirip janis joplin. saya disini tidak membahas ke 2 lady rocker tersebut karena saya sendiri kurang tahu persis dikarenakan saya pada waktu itu masih kecil dan tahu cerita mereka dari foto maupun artikel yang ditulis di majalah aktuil.
Ketika saya duduk di SMA kelas 2 munculah seorang yang bernama Nicky Astria dengan albumnya jarum neraka (1985), mendengar Nicky saya sangat kagum dengan beliau ini suaranya sangat tinggi dan bening pokoke ciamik..apalagi di aransemen oleh Ian Antono..pada pertengahan tahun 80 an di Indonesia lagu rock lagi booming2 nya sehingga Nicky Astria langsung dinobatkan sebagai lady rocker..Dari 14 album? (kalau salah mohon maaf) saya paling suka dengan album Gersang karena Nicky Astria menunjukkan kualitasnya sebagai seorang lady rocker..lagu Gersang, Karenamu, Kangen dan Jerit Anak Manusia yang sangat power full dan seorang Nicky mampu menyanyikan lagu tersebut dengan nada nada tinggi sesekali berteriak tapi enak di dengar..Ndilalah sekitar awal tahun 90 an Nicky Astria mengadakan konser di Malang di Venue yang paling sangat amat historis Gedung Pulosari..dengan semangat 45 saya menyiapkan diri untuk melihat seorang yang didengung dengungkan sebagai lady rocker dan..setelah melihat sendiri saya benar benar takjub karena seorang Nicky memang benar benar garang di panggung seorang Gito Rollies (kalau ga salah selain Nicky ada Gito Rollies, Ikang Fawzi yang manggung) pun kalah pamor sama Nicky..staminanya cukup bagus bagi seorang wanita dengan lagu lagu keras..Seorang Nicky pun mampu membuat enak lagu lagu yang didaur ulang seperti uang dan panggung sandirwara..bahkan hingga saat ini aransemen panggung sandiwara nya Nicky paling sering dibawain penyanyi lain..
Dan menurut saya sampai detik ini Nicky Astria adalah Lady Rocker terbaik di Indonesia..

3 Responses to “Nicky Astria”

  1. andria Says:

    saya juga mengakui kl nicky suaranya punya power, bukan asal menjerit. Bias Sinar contohnya. dulu yg beli kaset kakak saya.

  2. Wahyu Says:

    Mas Andria Setau saya sejak tahun 2013 Nicky sdh aktif lagi dengan bandnya..tapi minim pemberitaan..karena yg lagi populer sekarang band2 pop yang ga jelas yang umumnya pendek umurnya..bandingkan dengan musik rock yang punya jargon ROCK NEVER DIE..

  3. darwan shanda Says:

    sangat setuju mas,malah saya sudah mengagumi sejak pertama Nicky muncul.( A LBUM SEMUA DARI CINTA )saya koleksi Album nicky dr 1 sampai terahir ada semua.cuma sayang skrng sudah ada bbrpa kaset yg hilang,JUGA BNAR di albuum gersang dan tangan tangan setan,itu benar benar vokal nikcy full power.pokoknya Nicky of the best Almays…sampai sekarang satupun tak ada vokal penyanyi sepertia Nicky Astria.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: