CD Kompilasi Toto

Hippienov

toto2

Hari ini serasa sangat membosankan, dari pagi gak banyak pekerjaan yang bisa aku handle. Beberapa rencana “dinas keluar kantor” untuk pembelian beberapa barang yang aku ajukan ditangguhkan oleh atasan, jadilah hari ini makin membosankan.. Pikir-pikir daripada ngelamun, ngantuk dan ketiduran di kantor yang bisa berabe lebih baik kirim tulisan untuk blog, lebih asik menulis walau tulisannya ngalor-ngidul, hehehe…

Kompilasi ini sudah cukup lama aku buat, awal ceritanya saat suatu hari aku lewat dan mampir ke sebuah lapak dvd bajakan di daerah rumahku. Rencana awalnya mau hunting film, who knows ada film yang menarik minatku. Lah dalah ternyata si abang juga menyediakan sedikit kompilasi mp3 dari artis lokal dan manca negara. Akhirnya perhatianku pun beralih dari hunting dvd ke hunting mp3 dan setelah “seek & destroy” aku menemukan kompilasi mp3 Toto yang merupakan satu-satunya koleksi si abang yang lumayan menarik hatiku. Karena sudah cukup lama di lapak si abang akhirnya mp3 Toto itu aku bungkus dan bawa pulang.
Sepanjang jalan pulang aku sudah punya niat untuk membuat kompilasi cd audio berisi lagu-lagu Toto yang aku kenal dan suka, kebetulan di rumah masih ada stock cd-r kosong yang biasanya selalu aku siapkan untuk hobby nge-burn ku.

Agak sulit juga memilih lagu-lagu Toto karena memang gak banyak karya mereka yang aku tahu. Dan setelah proses panjang bongkar pasang lagu-lagu yang akan aku burn akhirnya terpilih juga 16 lagu Toto yang diambil dari album-album mereka era awal sampai akhir 80an/awal 90an. Dalam proses pemilihan lagu ini aku tentukan “direction” untuk mengambil lagu-lagu yang aku kenal, “ear catching” alias enak menurutku, mewakili semua/sebagian album Toto, dan kalau mungkin yang ada unsur prog nya, hehehe… semuanya dipaksa nge-prog. Kalau gak diberi arahan bisa makin lama milah-milih lagunya karena boundary nya abstrak.
Kompilasi ini aku beri judul “THE STORY OF TOTO”, biar netral… Gak pede kalo dikasih judul “the best of Toto” karena belum tentu kompilasi ini berisi semua lagu “best” atau “hits” nya Toto. And final songlist nya adalah sebagai berikut:

1. I’ll be over you;
2. Lea;
3. I won’t hold you back;
4. Out of love;
5. Georgy porgy;
6. Africa;
7. 99;
8. Rosanna;
9. Hold the line;
10. Goodbye Eleanore;
11. I’ll supply the love;
12. St. George and the dragon;
13. Pamela;
14. Love has the power;
15. Stop loving you;
16. Stranger in town.

4 lagu pembuka sengaja aku taruh nomor-nomor balada/slow Toto, biar terkesan album ini “love songs” buat menarik minat istriku mendengarkan, hehehe… Baru di lagu ke-5 dan seterusnya aku tempatkan lagu-lagu bertempo rancak walau temanya masih seputaran “love” juga sih.
Menurutku hasil akhirnya standar sekali menyerupai kompilasi resmi Toto, mungkin hanya stranger in town/ st. george and the dragon/ goodbye eleanore dan i’ll supply the love yang kayaknya jarang muncul.

Demikian celotehan singkatku yang sangat ringan kali ini, kiranya berkenan dan bisa sedikit menghibur rekan-rekan semua. Selalu, matursuwun sanget buat Mas G atas waktu dan kesempatan yang diberikan dan untuk rekan-rekan blog semua.



Love has the power…
hippienov

8 Responses to “CD Kompilasi Toto”

  1. kukuh tawanggono Says:

    Mas Hippie sedulurku lanang

    Ini lho salah satu hal,yg saya sukai dari njenengan.Dalam setiap penyusunan lagu,njenengan berhasil membangun sebentuk emosi agar dapat dinikmati oleh penikmat karya-karya njenengan.Ini tidak sembarang orang bisa melakukan lho mas.Sebuah kemampuan yg unik sekali.

  2. Budi Putra Says:

    Pemilihan lagu2 yg tepat dan akurat, mulai dr lg pembuka hingga lagu penutup mendengar ini sdh puas sepuasnya…keren hbs mas Hippie!

  3. andria h8 Says:

    cd Toto IV itu (yg jadi cover) pernah saya dapat sekennya di pasar Bringharjo di bagian dalam. beruntung blm kesaut pak Priyo karena harganya cuma 10.000 sedang di lapak seken depan pasar sudah 25 ribuan saat itu. saya paling suka lagu Africa krn refrainnya yang bisa dinyanyikan dgn gegap gempita
    “I bless the rains down in Africa
    Gonna take some time to do the things we never had”

  4. hippienov Says:

    Mas Kukuh, walah biasa aja mas.. Aku cuma berusaha membuat urutan lagu sedemikian rupa supaya merata cukup asik didengar dari awal sampai penutup. Seringkali aku temukan pada kompilasi resmi “the best” atau “greatest hits” lagu-lagu yang menarik dikumpulkan di bagian atas dan di bawah-bawahnya tersisa lagu-lagu yang kurang menarik. Ini yang coba aku hindari mas.

  5. hippienov Says:

    Mas Budi, walau dalam pengurutan lagu-lagu aku berusaha sehati-hati mungkin tapi masih kerasa “random” nya juga kok mas. Kadang aku sengaja menempatkan lagu-lagu yang pada kompilasi resmi biasanya ditaruh di posisi atas malah di versi ada pada bagian bawah atau penutup kompilasi, hehehe…dasar gemblung aku ini…

  6. hippienov Says:

    Mas Andria, lagu africa kuwi dan rosanna yang pertama kali membuatku tahu dan kenal Toto, sayang sekali aku gak pernah serius menggali karya-karya Toto lainnya, jadinya pengetahuanku tentang mereka terbilang dangkal sekali mas.

  7. Budi Putra Says:

    Mas Hippie, sy biasanya nyetel Toto stlh jam makan siang, menurut teman sekantor, lagu2 Toto membuat efek positif bagi otot2 yg kaku stlh dr pagi di depan komputer dan juga melancarkan pencernaan stlh makan. Biasanya sy akan mulai dg lagu “Africa”….dan sy rasakan mmg benar ada efeknya….

  8. hippienov Says:

    Nah ini informasi baru untuk aku, lagu-lagu Toto bisa untuk refleksi, jadi gak usah repot-repot ke panti pijit ya mas, hehehe…

Leave a Reply

